Hari Ini Dalam Sejarah: 30 Maret 1867, Amerika Serikat Membeli Alaska
Cek US$7,2 juta yang digunakan untuk Amerika Serikat membeli Alaska dari Rusia. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Amerika Serikat membeli Alaska dari Rusia dengan harga US$7,2 juta pada 30 Maret 1867.

Amerika Serikat yang membeli wilayah Alaska itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 30 Maret.

Selain Amerika Serikat membeli Alaska, masih banyak peristiwa ber-sejarah pada 30 Maret yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 30 Maret, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1842

Obat bius untuk kali pertama digunakan dalam sebuah operasi. kala itu, Crawford Long, seorang dokter di Negara Bagian Georgia, Amerika Serikat (AS), menggunakan obat bius dalam sebuah operasi pengangkatan tumor di leher seorang pasien bernama James M. Venable. Operasi tersebut berhasil dan obat bius yang digunakan bekerja dengan baik.

1885

Pasukan Kekaisaran Rusia menyerang pasukan Inggris di wilayah Panjdeh, Afganistan saat berlomba-lomba menguasai wilayah Afganistan. Inggris kehilangan 600 tentaranya karena serangan yang dilakukan pasukan Rusia. Insiden itu hampir membuat kedua negara tersebut berperang. Peristiwa tersebut kini dikenang dengan sebutan Insiden Panjdeh.

1867

Pemerintah Amerika Serikat (AS) melalui Sekretaris Negara William H. Seward mengakuisisi wilayah Alaska dari Kekaisaran Rusia dengan membayar uang senilai US$7,2 juta kepada Kekaisaran Rusia atau hanya sekitar US$4,1 per kilometer persegi. Kekaisaran Rusia ingin menjual wilayah Alaska karena sedang berada dalam krisis ekonomi dan khawatir akan kehilangan wilayah itu tanpa mendapatkan kompensasi jika perang Rusia dan Inggris pecah.

Sultan Abd Al-Hafid dari Maroko. (Wikipedia.org)
Sultan Abd Al-Hafid dari Maroko. (Wikipedia.org)

1912

Sultan Abd Al-Hafid dari Maroko menandatangani Perjanjian Fez untuk menyerahkan Maroko kepada Prancis. Perjanjian tersebut dianggap sebagai pengkhianatan oleh kaum nasionalis Maroko sehingga menjadi pemicu meletusnya Perang Rif.

1944

Pasukan Sekutu membombardir Kota Sofia di Bulgaria. Serangan itu termasuk yang terbesar yang pernah dilancarkan pasukan Sekutu.

1945

Uni Soviet berhasil merebut Kota Wina di Austria dari pasukan Nazi Jerman. Selain itu, Uni Soviet juga membebaskan Kota Danzig di Polandia dari cengkeraman Nazi Jerman.

1945

Pasukan Vietnam Utara menyeberang ke zona demiliterisasi di Vietnam Selatan untuk melakukan sebuah serangan. Serangan itu kini dikenang dengan sebutan Serangan Paskah karena bertepatan dengan Hari Paskah.

Ronald Reagan. (Reuters)
Ronald Reagan. (Reuters)

1981

Hanya 69 hari setelah menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat (AS), Ronald Reagan ditembak oleh seorang bernama John Hinckley Junior ketika meninggalkan Hotel Washington Hilton di Washington D.C. Beruntung, Raegan berhasil selamat meskipun peluru sempat bersarang di dadanya. John Hinckley Junior yang berupaya membunuh Raegan adalah anak dari seorang pengusaha minyak di AS. Ia bebas dari jerat hukum karena dinyatakan telah mengalami gangguan jiwa.

1999

Pengadilan di Portland, Oregon, Amerika Serikat (AS) mengahruskan perusahaan produsen rokok ternama asal AS, Philip Morris, membayar uang senilai US$81 juta kepada keluarga dari seseorang yang meninggal karena kanker paru-paru. Hal itu disebabkan karena seorang yang meninggal karena kanker paru-paru tersebut telah 40 tahun mengonsumsi rokok yang diproduksi Philip Morris.

2013

Korea Utara (Korut) menyatakan akan segera memasuki masa perang dengan Korea Selatan (Korsel). Ketegangan Korut dan Korsel itu menyusul uji coba nuklir yang dilakukan Korut.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho