Hari Ini Dalam Sejarah: 30 Juni 1977, Pakta Pertahanan Asia Tenggara Bubar
Bendera Southeast Asia Treaty Organisation (SEATO) atau Pakta Pertahanan Asia Tenggara. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 30 Juni 1977, Southeast Asia Treaty Organisation (SEATO) atau Pakta Pertahanan Asia Tenggara resmi dibubarkan.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-181—hari ke-182 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 30 Juni.

Selain Pakta Pertahanan Asia Tenggara bubar, masih banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 30 Juni.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, selain Pakta Pertahanan Asia Tenggara yang bubar, pada 30 Juni yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 30 Juni:

1905

Albert Einstein menerbitkan makalah berjudul Tentang Elektrodinamika Bagian-Bagian Berjalan. Dari makalah itu, Einstein mengenalkan teori relativitas khusus. Teori tersebut dianggap telah mematahkan pendapat Newton tentang ruang dan waktu. Teori itu disebut khusus karena berlaku terhadap prinsip relativitas pada kasus tertentu atau khusus di mana efek gravitasi dapat diabaikan. Sepuluh tahun kemudian, Einstein baru menerbitkan teori relativitas umum yang memasukan unsur gravitasi.

1934

Sekitar 90 orang di Jerman tewas dibunuh atas perintah pemimpin Jerman Adolf Hitler. Kebanyakan orang yang terbunuh itu adalah musuh politik Hitler yang dianggap membahayakan kekuasaannya. Peristiwa itu lantas dikenang dengan nama Malam Pisau Panjang.

1937

Pemimpin Jerman Adolf Hitler melakukan pertemuan dengan sejumlah pengusaha asal Amerika Serikat (AS) di Kota Berlin, Jerman. Dalam pertemuan itu, Hitler berjanji kepada para pengusaha AS bahwa tak akan ada perang di Jerman. Namun selang dua tahun setelah itu, Jerman justru terlibat langsung dalam Perang Dunia II.

1937

Untuk kali pertama di dunia, nomor telepon darurat diperkenalkan dan diperuntukkan bagi warga yang sedang dalam situasi bahaya. Nomor telepon itu diperkenalkan di London, Inggris, dengan nomor 999. Kini, nomor darurat tersebut bukan hanya dapat dihubungi masyarakat yang berada di Inggris, namun juga yang ada di Bahrain, Bangladesh, Botswana, Ghana, Hong Kong, Kenya, Macau, Malaysia, Mauritius, Qatar, Irlandia, Polandia, Arab Saudi, Singapur, Swiss, Trinidad-Tobago, Uni Emirat Arab, dan Zimbabwe.

1944

Pertempuran Cherbourg di Kota Cherbourg, Prancis yang melibatkan pasukan Sekutu dan Jerman resmi berakhir setelah pasukan Jerman mundur. Pasukan Sekutu lantas melanjutkan pertempuran di kawasan lainnya di Normandia untuk mengusir semua tentara Jerman.

1950

Pihak Amerika Serikat (AS) meminta Uni Soviet menjadi mediator untuk mendamaikan Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) yang sedang berperang. Namun Uni Soviet menolaknya dan justru menyalahkan Korsel sebagai penyebab Perang Korea.

1950

Presiden Amerika Serikat (AS) Harry S. Truman memerintahkan tentara AS untuk segera membantu pihak Korea Selatan (Korsel) mempertahankan wilayahnya dari serangan Korea Utara (Korut) dalam Perang Korea. Selain mendapatkan bantuan dari AS, banyak negara yang turut membantu Korsel, antara lain Inggris, Kanada, Turki, Australia, Filipina, Selandia Baru, Thailand, Etiopia, Yunani, Prancis, Kolombia, Belgia, Afrika Selatan, Belanda, dan Luksemburg. Sedangkan Korut dibantu Tiongkok dan Uni Soviet.

1960

Kongo-Kinshasa meraih kemerdekaan penuh dari Belgia yang sudah menguasainya sejak 1908. Empat tahun berselang, nama Kongo-Kinshasa berubah menjadi Republik Demokratik Kongo.

1966

Michael Gerard Tyson lahir Brooklyn, New York City, New York, Amerika Serikat (AS). Ia lantas dikenal sebagai petinju profesional di kelas berat dan lebih dikenal dengan nama Mike Tyson. Sepanjang kariernya, Tyson meraih kemenangan sebanyak 50 kali dan hanya kalah enam kali.

1977

Southeast Asia Treaty Organisation (SEATO) atau Pakta Pertahanan Asia Tenggara resmi dibubarkan. Organisasi ini didirikan pada Februari 1955 untuk memblokir berkembangnya komunisme di Asia Tenggara. Anggota SEATO antara lain Australia, Prancis, Selandia Baru, Thailand, Pakistan (termasuk Pakistan Timur, sekarang Bangladesh), Filipina, Inggris, dan Amerika Serikat (AS).


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho