Hari Ini Dalam Sejarah: 3 April 1922, Josef Stalin Pimpin Uni Soviet
Josef Stalin. (Reuters)

Solopos.com, SOLO — Josef Stalin ditetapkan menjadi orang pertama yang memimpin Uni Soviet pada 3 April 1922.

Diangkatnya Josef Stalin sebagai pemimpin Uni Soviet itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 3 April.

Selain soal Josef Stalin, masih banyak peristiwa bersejarah pada 3 April yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 3 April, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1801

Pasukan Kerajaan Franka di bawah pimpinan Raja Ludwig berhasil merebut Barcelona dari tangan orang-orang Moor. Orang-orang Moor adalah sebutan bagi orang beragama Islam yang tinggal di kawasan Andalusia, Maroko, dan Afrika bagian barat.

1922

Josef Stalin ditetapkan menjadi orang pertama yang memimpin Uni Soviet. Ia memangku tanggung jawab sebagai pemimpin Uni Soviet hingga akhir hayatnya pada 1953.

1933

Untuk kali pertama, pesawat terbang melintas di atas Gunung Everest. Penerbangan itu dilakukan oleh sebuah tim ekspedisi dari Inggris yang dipimpin Douglas Hamilton.

Pasukan Jepang di masa Pertempuran Bataan. (Wikipedia.org)
Pasukan Jepang di masa Pertempuran Bataan. (Wikipedia.org)

1942

Pasukan Jepang menyerang pasukan Filipina dan Amerika Serikat (AS), di Semenanjung Bataan, Filipina dengan mengerahkan 100 pesawat tempur dan 300 artileri. Pertempuran yang lantas dikenang dengan nama Pertempuran Bataan itu dimenangi pihak Jepang.

1955

Sebuah kereta cepat tergelincir dan jatuh ke jurang di dekat Guadalajara, Meksiko. Peristiwa tragis itu menyebabkan sedikitnya 300 penumpang tewas.

1972

Militer Amerika Serikat (AS) menempatkan ratusan pesawat tempurnya di Vietnam Selatan. Hal itu bertujuan untuk mempertahankan wilayah Vietnam Selatan dari serangan udara yang dilancarkan Vietnam Utara.

1996

Teroris yang melakukan sejumlah serangan di Amerika Serikat (AS), Ted Kaczynski, ditangkap di Montana, AS. Ted telah melakukan sejumlah serangan bom dari 1978 hingga 1995. Serangkaian serangan yang ia lakukan telah menelan tiga korban jiwa dan 23 korban luka.

2004

Sejumlah teroris yang terlibat dalam pengeboman empat komuter di Madrid, Spanyol, melakukan bunuh diri di sebuah apartemen di Leganes, sebelah utara Madrid. Mereka melakukan bunuh diri bersama karena sudah merasa terpojok setelah dikepung polisi.

2011

Penelope Cruz menjadi aktris pertama berkebangsaan Spanyol yang menerima bintang di Walk of Fame Hollywood, California, Amerika Serikat (AS). Bintang milik Cruz ditempatkan di depan El Capitan Theatre.

2016

Legenda sepak bola Italia, Cesare Maldini, meninggal dunia pada usia 84 tahun. Ia memiliki putra yang juga pernah menjadi bintang sepak bola di klub yang pernah ia bela, AC Milan, yakni Paolo Maldini.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho