SOLOPOS.COM - Makam Darius bersama kaisar-kaisar Akhemeniyah lainnya di Naqsh-e Rustam. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Darius naik takhta menjadi raja Persia pada 29 September 522. Darius berhasil menguasai Persia setelah membunuh raja sebelumnya, Gaumata.

Darius yang menguasai Persia merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 29 September.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain Darius yang menguasai Persia, masih banyak peristiwa bersejarah pada 29 September yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 29 September, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

522 SM

Darius naik takhta menjadi raja Persia setelah dirinya berhasil membunuh raja sebelumnya, Gaumata. Di tangan Darius, Kerajaan Persia dibawa ke puncak kejayaannya. Wilayah kekuasaan Persia pun cukup luas saat di bawah kepemimpinan Darius. Wilayah yang dikuasai Kerajaan Persia pimpinan Darius antara lain sebagian besar Asia bagian barat, sebagian Balkan, sebagian besar Laut Hitam, Kaukasus Utara, Asia Tengah, dan juga Afrika bagian timur laut.

1364

Pertempuran antara pasukan Inggris dan Prancis meletus di Auray, Prancis. Salah satu pertempuran di masa Perang Seratus Tahun itu berakhir dengan kemenangan mutlak pihak Inggris. Pasukan Prancis harus kehilangan lebih dari 1.000 tentaranya dalam pertempuran tersebut.

1578

Orang-orang Spanyol mendirikan permukiman yang dinamai Tegucigalpa. Kawasan tersebut lantas berkembang menjadi kota dan ditetapkan sebagai ibu kota Honduras pada 1821. Kini, 29 September diperingati sebagai hari ulang tahun ibu kota Honduras tersebut.

1848

Pertempuran antara pasukan Hungaria dan pasukan Kroasia meletus di Pakozd, Sukoro, dan Patka di Fejerm, Kerajaan Hungaria. Pertempuran pertama di masa Revolusi Hungaria 1848 itu hanya berlangsung sehari dan berakhir dengan kemenangan pasukan Hungaria.

1864

Pertempuran antara pasukan Union dan pasuka Konfederasi meletus di Henrico, Virginia, Amerika Serikat (AS). Dalam salah satu pertempuran di masa Perang Saudara AS itu, pasukan Union harus kehilangan lebih dari 1.000 tentaranya sedangkan pasukan Konfederasi hanya kehilangan sekitar 750 prajuritnya. Meski kehilangan tentara lebih banyak, pasukan Union dinyatakan menang dalam pertempuran yang disebut dengan Pertempuran Kebun Chaffin itu lantaran berhasil menguasai wilayah Henrico.

1911

Italia mendeklarasikan perang terhadap Kesultanan Ottoman demi merebut wilayah Tripolitania, Cyrenaica, Fezzan, dan Kepulauan Dodecanese. Deklarasi itu lantas memicu Perang Italia-Turki yang berlangsung selama lebih dari setahun. Italia berhasil memenangi pertempuran tersebut dan berhasil menguasai wilayah Tripolitania, Cyrenaica, Fezzan, dan Kepulauan Dodecanese.

1941

Pasukan Jerman mulai membantai orang-orang Yahudi di sebuah jurang bernama Babi Yar di Kiev, Ukraina. Pembantaian itu berlangsung selama dua hari dan menewaskan sedikitnya 33.771 orang Yahudi. Peristiwa tragis itu kini dikenang dengan nama Pembantaian Babi Yar.

1955

Pemungutan suara untuk memilih anggota DPR pada pemilu pertama di Indonesia diselenggarakan. Pemilu pertama itu diikuti 29 partai politik dan individu. Ada lima partai yang memperoleh suara paling banyak, yakni Partai Nasional Indonesia, Masyumi, Nahdlatul Ulama, Partai Komunis Indonesia, dan Partai Syarikat Islam Indonesia.

1976

Andriy Mykolayovych Shevchenko lahir di Dvirkivschyna, RSS Ukraina, Uni Soviet. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yan pernah membela dua klub besar di Eropa, yakni AC Milan dari 1999 hingga 2006 dan Chelsea mulai 2006 sampai 2009. Sebelum gantung sepatu pada 2012 silam, Shevchenko membela salah satu klub di Ukraina, yakni Dynamo Kyiv.

1985

Daniel Pedrosa Ramal lahir di Sabadell, Spanyol. Kini, namanya terkenal seantero dunia sebagai pembalap yang mengikuti ajang Moto GP. Pada 2019, Pedrosa bergabung ke Red Bull KTM Factory Racing sebagai test rider.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya