Hari Ini Dalam Sejarah: 29 Oktober 1923, Republik Turki Berdiri
Bendera Turki. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Pendirian Republik Turki secara resmi dideklarasikan di Ankara, Turki pada 29 Oktober 1923.

Deklarasi pendirian Repuiblik Turki merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 29 Oktober.

Selain berdirinya Turki, masih banyak peristiwa bersejarah pada 29 Oktober yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 29 Oktober, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1618

Seorang petualang, penulis, dan penyair asal Inggris, Walter Raleigh, dihukum mati dengan dipenggal kepalanya atas tuduhan konspirasi melawan Raja Inggris James I. Semasa hidupnya, Raleigh juga dikenal sebagai perintis jalan bagi kolonisasi Britania Raya di kawasan Amerika bagian utara.

1922

Raja Italia Victor Emmanuel III secara resmi menetapkan Benito Mussolini sebagai perdana menteri. Ia lantas memangku jabatan tersebut hingga 28 Juli 1943 sebelum akhirnya dipaksa mundur dan lantas menjadi pemimpin negara boneka bentukan Jerman, Republik Sosialis Italia. Setelah kalah di Perang Dunia II, Mussolini dieksekusi mati di Como, Italia.

1923

Pendirian Republik Turki secara resmi dideklarasikan di Ankara, Turki. Republik Turki secara resmi berdiri menyusul runtuhnya Kesultanan Ottoman yang telah berkuasa selama 623 tahun.

1941

Sekitar 10.000 orang Yahudi di penampungan di Kovno, Lituania tewas dibantai pasukan Jerman. Persitiwa tragis itu kini dikenang dengan sebutan Aksi Luar Biasa.

1944

Pasukan Polandia berhasil membebaskan Kota Breda di Belanda dari cengkeraman Jerman. Kini, hari pembebasan itu diperingati dari tahun ke tahun dan perwakilan dari Polandia selalu datang untuk menghormati jasa para tentaranya yang gugur dalam upaya pembebasan kota tersebut.

1948

Pasukan Pertahanan Israel berhasil merebut Desa Safsaf, di wilayah Galilee yang berada di sebelah utara Israel dari Tentara Pembebasan Arab. Setelah itu, pasukan Israel membantai sekitar 52 hingga 64 warga sipil Desa Safsaf.

1956

Pasukan Israel menginvasi Semenanjung Sinai, Mesir dan berusaha mengusir tentara Mesir dari Terusan Suez. Peristiwa itu lantas memicu Krisis Suez antara Israel dan Mesir selama sembilan hari. Setelah krisis itu, Semenanjung Sinai dikuasai Israel hingga Maret 1957.

1973

Robert Emanuel Pires lahir di Reims, Prancis. Ia lantas dikenal sebagai pemain sepak bola ternama yang pernah membela beberapa klub besar di Eropa, yakni Marseille, Arsenal, Villarreal, dan Aston Villa. Pires juga merupakan salah satu pemain yang mempersembahkan gelar juara Piala Dunia 1998 dan gelar juara Euro 2000 untuk Prancis.

1994

Francisco Martin Duran, pria asal Albuquerque, New Mexico, Amerika Serikat (AS) memberondong Gedung Putih dengan lebih dari 24 tembakan. Tak ada korban tewas dan luka dalam peristiwa itu. Namun, atas perbuatan itu, Duran dijatuhi hukuman 40 tahun kurungan penjara atas tuduhan percobaan pembunuhan Presiden Bill Clinton. Belakangan diketahui Duran memang membenci pemerintahan Bill Clinton.

2005

Tiga kali serangan bom melanda New Delhi, India dalam sehari. Akibatnya, 59 orang tewas dan sekitar 200 lainnya luka-luka. Kelompok Islamic Inquilab Mahaz mengaku bertanggung jawab atas serangan yang terjadi dua hari sebelum Festival Diwali digelar.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom