Hari Ini Dalam Sejarah: 29 Maret 1849, Inggris Merebut Punjab di India
Gambaran pertemuan orang Inggris dengan pribumi Punjab di India. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 29 Maret 1849, Inggris berhasil merebut kekuasaan di wilayah Punjab, yang kini menjadi bagian dari India, dari Kekaisaran Sikh.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-88—hari ke-89 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 29 Maret.

Selain Inggris yang merebut wilayah Punjab di India, banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 29 Maret.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, selain Inggris merebut Punjab di India, pada 29 Maret yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 26 Maret

1430

Pasukan Kesultanan Ottoman di bawah pimpinan Murad II berhasil merebut Kota Tesalonika dari Republik Venesia. Kini, Kota Tesalonika menjadi bagian dari Yunani dan menjadi kota terbesar kedua di Yunani.

1632

Inggris dan Prancis menandatangani Perjanjian Saint-Germain di Saint-Germain-en-Laye, Prancis. Dari perjanjian itu Inggris diwajibkan mengembalikan wilayah Quebec kepada Prancis. Sebelumnya, Inggris telah menguasai Quebec sejak 1629.

1849

Inggris berhasil mengambil alih kekuasaan di wilayah Punjab—kini menjadi bagian dari India—dari Kekaisaran Sikh. Sebelumnya, wilayah tersebut telah dikuasai Kekaisaran Sikh sejak 1801.

Mangal Pandey. (Wikipedia.org)
Mangal Pandey. (Wikipedia.org)

1857

Pasukan militer India pimpinan Mangal Pandey di bawah kontrol pemerintah Inggris memberontak dan menolak perintah dari pemerintah Inggris. Atas pemberontakan tersebut, Mangal Pandey dijatuhi hukuman mati.

1879

Tentara Kerajaan Zulu menyerang perkemahan tentara Inggris di Kambula, wilayah yang kini menjadi bagian dari Afrika Selatan (Afsel). Serangan itu kemudian memicu pertempuran yang berhasil dimenangi Inggris. Peristiwa itu merupakan titik balik yang membawa Inggris memenangi Perang Inggris-Zulu atas Kerajaan Zulu.

1942

Pasukan Angkatan Udara Inggris membombardir Kota Lubeck di Jerman. Peristiwa itu merupakan serangan besar pertama Inggris ke Jerman yang terhitung berhasil selama Perang Dunia II.

1945

Pasukan Jerman melancarkan serangan V-1 ke wilayah Inggris untuk kali terakhir. V-1 adalah peluru kendali (rudal) yang digunakan Jerman untuk menyerang Inggris sejak 13 Juni 1944.

Rui Manuel Cesar Costa. (Acmilan.com)
Rui Manuel Cesar Costa. (Acmilan.com)

1972

Rui Manuel Cesar Costa dilahirkan di Amadora, Portugal. Namanya kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela klub besar di Italia, yakni Fiorentina dari 1994 hingga 2001 dan AC Milan sejak 2001 sampai 2016. Ia juga dipercaya sebagai bagian dari Tim Nasional Portugal sejak 1993 sampai 2004.

1991

Fabio Borini dilahirkan di Bentivoglio, Italia. Kini, ia dikenal sebagai pemain sepak bola yang membela salah satu klub di Italia, Verona. Sebelumnya, Borini pernah memperkuat beberapa klub besar, yakni Chelsea, AS Roma, dan Liverpool.

2010

Serangan bom bunuh diri yang dilakukan dua wanita mendera dua stasiun metro berbeda di Moskow, Rusia. Pihak berwenang mengaitkan serangan tersebut dengan kelompok separatis Chechnya. Akibat serangan tersebut, 40 orang tewas dan sekitar 100 orang lainnya luka-luka.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho