Hari Ini Dalam Sejarah: 29 Juni 185, Museum Yogya Kembali Dibangun
Museum Monumen Yogya Kembali. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Museum Monumen Yogya Kembali mulai dibangun di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada 29 Juni 1985.

Dibangunnya Musem Monumen Yogya Kembali merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 29 Juni.

Selain Musem Monumen Yogya Kembali yang dibangun, masih banyak peristiwa bersejarah pada 29 Juni yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 29 Juni, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1941

Setelah berhasil merebut Kota Bialystok di Polandia dari Uni Soviet dua hari sebelumnya, pasukan Jerman melakukan serangan mendadak di Kota Leningard atau kini Kota Saint Petersburg dan Kota Moskow di Rusia serta Kota Kiev di Ukraina. Serangan tersebut adalah bagian dari Operasi Barbarossa yang dilakukan pasukan Jerman dengan tujuan merebut beberapa wilayah kekuasaan Uni Soviet.

1957

Menara Tokyo mulai dibangun di Taman Shiba, Tokyo, Jepang. Pembangunan awal menara tersebut menghabiskan dana US$8,4 juta. Menara Tokyo memiliki tinggi 332,6 meter dan menjadikannya sebagai bangunan menara baja tertinggi di dunia yang tegak sendiri di permukaan tanah. Menara Tokyo lebih dikenal luas sebagai simbol Kota Tokyo dan objek wisata daripada fungsinya sebagai menara antena pemancar TV analog (UHF/VHF), TV lokal digital, dan radio FM.

1958

Brasil berhasil menjadi juara untuk kali pertama dalam ajang Piala Dunia Sepakbola. Kini, Brasil menjadi tim tersukses dalam ajang tersebut setelah tiga kali memenangi kejuaraan sehingga berhak menjadi pemilik piala Jules Rimet. Hingga kejuaraan sepak bola dunia itu berlanjut dengan Piala Dunia FIFA, Brasil mencatatkan lima kali gelar juara. Terakhir, Brasil menjadi juara Piala Dunia FIFA pada 2002 silam.

1974

Isabel Peron menjadi wanita pertama yang menjabat sebagai Presiden Argentina. Ia adalah istri ketiga dari presiden sebelumnya, Juan Peron. Isabel menjabat sebagai presiden menggantikan suaminya yang meninggal dunia. Pada masa kepemimpinannya, Argentina mengalami krisis ekonomi parah. Isabel lantas mengundurkan diri dari jabatannya pada 1976 karena kudeta yang dilakukan pihak militer. Ia lantas dipenjara atas tuduhan penyalahgunaan kekuasaan dan baru dibebaskan pada 1981.

1976

Seychelles memperoleh kemerdekaan dari Inggris. Seychelles adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri atas 115 pulau di Samudera Hindia, sekitar 1.600 km sebelah timur daratan Afrika, dan sebelah timur laut Madagaskar. Sebelumnya, Inggris memiliki kontrol penuh atas Seychelles sejak 1903.

1985

Museum Monumen Yogya Kembali mulai dibangun di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Monumen tersebut dibangun untuk memperingati mundurnya pasukan Belanda dari Kota Yogyakarta yang kala itu menjadi ibu kota Indonesia.

1995

Pesawat ulang-alik milik Amerika Serikat (AS) mendarat di stasiun luar angkasa milik Rusia. Hal itu adalah kali pertama dalam sejarah pesawat ulang-alik milik AS melakukan pendaratan di stasiun luar angkasa milik Rusia. Maklum saja, kedua negara tersebut saling bersaing dan tak mau bekerja sama dalam bidang antariksa selama Perang Dingin.

2007

Perusahaan teknologi, Apple, untuk kali pertama merilis produk berupa ponsel yang diberi nama Iphone. Hingga kini, Apple telah merilis beragam jenis produk Iphone. Produk Iphone yang terbaru adalah Iphone 11 dengan sejumlah varian.

2008

Untuk kali pertama, Spanyol berhasil menjadi juara dalam Kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA. Spanyol berhak memperoleh gelar juara setelah mengalahkan Jerman dalam laga final dengan skor 1-0 di Stadion Ernst Happel, Wina, Austria. Satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut dicetak Fernando Torres.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho