SOLOPOS.COM - Eva Braun (kiri) dan Adolf Hitler (kanan), Juni 1942. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Setelah mengaku kalah dalam Perang Dunia II, pemimpin Jerman Adolf Hitler menikah dengan Eva Braun di Furherbunker, Berlin, Jerman pada 29 April 1945. Banyak kalangan meyakini Hitler dan Braun bunuh diri pada keesokan harinya di Furherbunker.

Adolf Hitler yang menikah di tengah situasi genting menjadi salah satu peristiwa bersejarah pada 29 April.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain Adolf Hitler yang menikah, masih banyak peristiwa bersejarah pada 29 April yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 29 April, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1091

Pertempuran antara Kekaisaran Bizantium dan Bangsa Pecheneg pecah di Levounion, Romawi Timur. Dalam pertempuran yang disebut dengan istilah Pertempuran Levounion itu, pasukan Bizantium yang berjumlah sekitar 60.000 tentara berhasil mengalahkan 80.000 tentara Bangsa Pecheneg.

jeane
Lukisan tahun 1485 yang menggambarkan sosok Jeanne D’Arc. (Wikipedia.org)

1429

Pasukan Prancis pimpinan Jeanne D’Arc berhasil menglahkan pasukan Inggris dalam Pertempuran Orleans di Orleans, Prancis. Kemenangan itu merupakan kemenangan pertama yang diraih Prancis dalam Perang Seratus Tahun.

1587

Pasukan Angkatan Laut Inggris yang dipimpin Francis Drake menyerang kapal-kapal berbendera Spanyol yang berlayar di wilayah Teluk Cadis, sebelah selatan Spanyol. Dalam serangan itu, sebanyak 23 kapal milik Spanyol tenggelam.

1672

Sekitar 90.000 tentara Prancis yang dipimpin Louis XIV mulai menginvasi Belanda. Hal itu mengawali serangan Prancis di Belanda di masa Perang Prancis-Belanda. Perang tersebut berlangsung selama lebih dari enam tahun dan berakhir dengan perjanjian damai.

1941

Pasukan Jerman berhasil menduduki seluruh kawasan di Balkan. Selain itu, tentara Jerman juga berhasil mengalahkan pasukan Inggris, Australia, dan Selandia Baru yang berusaha mencegah Jerman menduduki Balkan.

1945

Tentara Amerika Serikat (AS) berhasil membebaskan semua orang yang ditahan militer Jerman di penampungan di Dachau, dekat Munchen, Jerman. Sebelumnya, penampungan tersebut juga dijadikan sebagai tempat pembantaian orang-orang Yahudi yang dikenal sebagai Holocaust.

1945

Setelah mengaku kalah dalam Perang Dunia II, pemimpin Jerman Adolf Hitler menikahi Eva Braun di Furherbunker, Berlin, Jerman. Hitler lantas menunjuk Laksamana Karl Donitz untuk menggantikannya dalam memimpin Jerman. Banyak kalangan meyakini Hitler dan Braun bunuh diri pada keesokan harinya di Furherbunker.

1970

Pasukan Amerika Serikat (AS) mulai menginvasi Kamboja dengan alasan memburu tentara komunis Viet Chong. Invasi itu dilakukan atas perintah langsung dari Presiden AS Richard Nixon.

anggun
Anggun C Sasmi. (Instagram-@anggun_cipta)

1974

Anggun Cipta Sasmi dilahirkan di Jakarta sebagai putri dari Darto Singo, seorang seniman berdarah Jawa, dan Dien Herdina, seorang perempuan yang masih kerabat Keraton Yogyakarta. Kini, namanya dikenal luas sebagai penyanyi, pencipta lagu, sekaligus produser rekaman. Nama Anggun disebut-sebut sebagai penyanyi pertama dari Indonesia yang berhasil menembus industri musik internasional.

2011

Putra Pangeran Charles sekaligus cucu dari Ratu Inggris Elizabeth II, Pangeran William, resmi menikah dengan Catherine Middleton di Westminster Abbey, London, Inggris. Dalam pernikahan itu, status Middleton sebagai orang biasa yang bukan berasal dari kalangan aristokrat menjadi sorotan bagi sebagian kalangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya