Hari Ini Dalam Sejarah: 28 Juni 1919, Perang Dunia I Selesai
Delegasi Jerman dalam penandatanganan Perjanjian Versailles di Istana Versailles, Prancis, 28 Juni 1919. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Secara keseluruhan, Perang Dunia I dinyatakan berakhir setelah Perjanjian Versailles ditandatangani pihak Jerman dan Sekutu di Istana Versailles, Prancis pada 28 Juni 1919.

Berakhirnya Perang Dunia I menjadi salah satu peristiwa bersejarah pada 28 Juni.

Selain Perang Dunia I yang berakhir, masih banyak peristiwa bersejarah pada 28 Juni yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 28 Juni, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1919

Perjanjian Versailles ditandatangani pihak Jerman dan Sekutu di Istana Versailles, Prancis. Perjanjian itu mengakhiri Perang Dunia I yang berlangsung sejak 1914. Dalam Perang Dunia I, pihak Sekutu dinyatakan sebagai pemenangnya.

1940

Menyusul kemenangan Jerman di Prancis, jenderal militer Prancis Charles de Gaulle mendirikan markas di Inggris. Pendirian markas itu sebagai upaya untuk membebaskan Prancis dari cengkeraman Jerman.

1940

Pasukan Uni Soviet mulai menginvasi Kota Bessarabia—kini Moldova—di Hungaria. Dari invasi tersebut, pasukan Uni Soviet berhasil merebut Kota Bessarabia dari kekuasaan Hungaria.

1942

Tentara Jerman memulai Operasi Peti Biru. Operasi Peti Biru adalah upaya tentara Jerman menduduki beberapa wilayah kekuasaan Uni Soviet. Operasi tersebut merupakan kelanjutan dari Operasi Barbarossa pada tahun sebelumnya. Operasi Peti Biru berlangsung hingga 24 November. Dari operasi tersebut, tentara Jerman gagal menguasai beberapa wilayah Uni Soviet sebagaimana direncanakan awalnya.

1944

Pasukan Sekutu berhasil membebaskan Kota Cherbourg di Prancis dari pendudukan Jerman. Pembebasan Kota Cherbourg itu adalah langkah awal untuk membebaskan seluruh wilayah Prancis dari Jerman.

1957

British Medical Research Council mempublikasikan hasil penelitian yang menghubung-hubungkan merokok dan risiko langsung kanker paru-paru. Jurnal ilmiah itu selanjutnya dijadikan dasar Pemerintah Inggris menggencarkan kampanye bahaya merokok. Temuan tersebut sempat ditentang banyak perusahaan produsen rokok.

1972

Presiden Amerika Serikat (AS) Richard Nixon mengumumkan bahwa tak akan ada lagi wajib militer yang dikirim ke medan perang di Vietnam. Meski demikian, para sukarelawan masih diizinkan jika ingin pergi ke Vietnam untuk berperang. Hal itu menyebabkan penurunan jumlah tentara AS yang berperang di Vietnam.

1950

Pasukan Korea Utara (Korut) menyerang Kota Seoul di Korea Selatan (Korsel). Peristiwa itu lantas dikenang dengan sebutan Pertempuran Seoul Pertama. Dari pertempuran itu, pasukan Korut berhasil menduduki Kota Seoul.

1950

Sebanyak 100.000 hingga 200.000 orang yang diduga simpatisan komunis di tanah Korea dibantai polisi dan tentara Korea Selatan (Korsel). Kebanyakan korban pembantaian tersebut adalah warga sipil. Peristiwa tragis itu kini dikenang dengan sebutan Pembantaian Bodo League.

1997

Petinju Mike Tyson, didiskualifikasi saat bertanding melawan Evander Holyfield. Hal itu karena Tyson mengigit telinga Holyfield di ronde ke-3. World Boxing Association (WBA) atau Asosiasi Tinju Dunia lantas melarang Tyson bertinju selama 1 tahun.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho