SOLOPOS.COM - Bendera Mesir. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Pada 28 Februari 1922, Mesir meraih kemerdekaan dari Inggris. Sebelumnya, Inggris telah mengontrol Mesir selama 50 tahun.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-59 sesuai sistem Kelender Gregorian, 28 Februari.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 28 Februari yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 28 Februari:

202
Liu Bang dinobatkan sebagai kaisar di Tiongkok dan mendapat julukan Kaisar Gaozu. Pengukuhan Liu Bang itu sekaligus menjadi awal Dinasti Han mengusai Tiongkok selama lebih dari 400 tahun.

1710
Pasukan Denmark pimpinan Jorgen Rantzau yang menginvasi Swedia berhasil dikalahkan dan diusir pasukan Swedia pimpinan Magnus Stenbock dalam Pertempuran Helsingborg. Peristiwa ini merupakan kali terakhir tentara Swedia dan Denmark bertempur di tanah Swedia.

USS Princeton. (Wikipedia.org)
USS Princeton. (Wikipedia.org)

1844
Meriam di kapal perang milik Amerika Serikat (AS), USS Princeton, meledak saat berlayar di Sungai Potomac, AS. Insiden itu menewaskan dua menteri AS yang sedang menumpangi kapal tersebut.

1867
Hubungan diplomatik Vatikan-Amerika Serikat (AS) yang telah terjalin selama 70 tahun terputus setelah Kongres AS menyetop pendanaan untuk misi diplomatik ke Vatikan. Hubungan antara Vatikan dan AS baru dipulihkan kembali pada 1984.

1922
Mesir meraih kemerdekaan dari Inggris yang telah mengontrol negara tersebut selama 50 tahun. Pemerintah Inggris memberikan kemerdekaan kepada Mesir setelah didesak oleh sejumlah gerakan nasionalis di Mesir.

1968
Petinggi militer Amerika Serikat (AS), Jenderal Earl Wheeler, meminta kepada Presiden AS kala itu, Lyndon B. Johnson, untuk mengirim lebih banyak pasukan ke Ibu Kota Vietnam, Saigon. Permintaan tersebut adalah upaya militer AS untuk segera menaklukkan wilayah Saigon. Saigon kini dikenal dengan nama Kota Ho Chi Minh.

1987
Pemerintah Amerika Serikat (AS) dan Uni Soviet menandatangani perjanjian untuk menarik semua senjata nuklir yang mereka tempatkan di sejumlah negara di Eropa. Perjanjian itu diusulkan Pemimpin Uni Soviet kala itu, Mikhail Gorbachev.

1991
Perang Teluk benar-benar berakhir setelah Irak menerima resolusi yang dibuat PBB. Total korban tewas dari Perang Teluk yakni 50.000 tentara Irak, 148 tentara Amerika Serikat (AS), dan 16 tentara Inggris.

Bendera Kosovo. (Freepik.com)
Bendera Kosovo. (Freepik.com)

2008
Jerman menjadi negara pertama yang mengakui Kosovo sebagai negara berdaulat yang merdeka dengan mendirikaan kantor kedutaan besar di Ibu Kota Kosovo, Pristina. Beberapa hari kemudian, Jerman menunjuk duta besarnya untuk Kosovo.

2014
Ukraina menuduh Rusia telah mengirim pasukan militer untuk menduduki Kota Crimea di Ukraina. Bukan hanya itu, Ukraina juga menyebut Rusia telah menduduki Bandara Sevastopol untuk memprovokasi Ukraina ke dalam konflik bersenjata. Ini adalah awal invasi Rusia ke Ukraina yang sedang dilanda krisis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya