Hari Ini Dalam Sejarah: 27 September 1940, Blok Poros Dibentuk
Bendera Jerman, Jepang, dan Italia dikibarkan berurutan di Kedubes Jepang di Berlin, Jerman, September 1940. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Jerman, Jepang, dan Italia membentuk Blok Poros untuk melawan Sekutu dalam Perang Dunia II dengan menandatangani Pakta Tripartit di Berlin, Jerman pada 27 September 1940.

Pembentukan Blok Poros merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 27 September.

Selain dibentuknya Blok Poros, masih banyak peristiwa bersejarah pada 27 September yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 27 September yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1066

Adipati Normandia William II bersama pasukannya berangkat ke tanah Inggris melalui Sungai Somme di Prancis untuk menaklukkan Inggris. Pada 25 Desember di tahun yang sama, William berhasil merebut kekuasaan di Inggris dari Harold Godwinson dan secara resmi dinobatkan sebagai raja Inggris.

1529

Pasukan Kesultanan Ottoman pimpinan Suleiman I menyerang wilayah Wina demi merebutnya dari Kekaisaran Romawi Suci. Pengepungan Wina lantas berlangsung selama lebih dari dua pekan. Meski melakukan pengepungan yang cukup lama, pasukan Kesultanan Ottoman gagal menguasai Wina.

1669

Pengepungan Candia yang dilakukan pasukan Kesultanan Ottoman di Candia, Pulau Kreta berakhir setelah Republik Venesia yang menguasai wilayah tersebut menyerah. Pengepungan itu berlangsung lebih dari 20 tahun. Pulau Kreta yang sebelumnya dikuasai Republik Venesia lantas menjadi kekuasaan Kesultanan Ottoman.

1821

Perang Kemerdekaan Meksiko antara pasukan Spanyol dan pasukan pemberontak di Meksiko berakhir. Perang yang berlangsung selama lebih dari 11 tahun itu dipicu deklarasi kemerdekaan Meksiko dari Spanyol. Setelah perang berakhir, dibentuklah Kekaisaran Meksiko Pertama.

1939

Polandia secara resmi menyerah kepada Jerman. Sedikitnya 140.000 tentara Polandia ditahan pihak Jerman. Selain itu, Jerman juga berhasil menguasai wilayah Polandia setelah bertempur melawan pasukan Polandia selama 26 hari.

1940

Jerman, Jepang, dan Italia menandatangani Pakta Tripartit di Berlin, Jerman. Berdasarkan pakta ini, ketiga negara tersebut secara resmi membentuk aliansi militer bernama Blok Poros untuk melawan Sekutu dalam Perang Dunia II.

1962

Setelah Raja Yaman Muhammad Al-Badr diturunkan dari takhtanya, pemimpin kelompok revolusi di Yaman Abdullah As-Sallal mendeklarasikan pendirian negara Republik Yaman Utara. Abdullah As-Sallal lantas dinobatkan sebagai pemimpin negara tersebut. Republik Yaman Utara kemudian baru bergabung dengan Republik Yaman pada 1990.

1976

Francesco Totti lahir di Roma, Italia. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela klub besar di Italia. yakni AS Roma. Totti membela AS Roma selama 25 tahun, yakni dari 1999 hingga dirinya pensiun pada 2017.

1984

Avril Ramona Lavigne lahir di Belleville, Ontario, Kanada. Kini, namanya dikenal luas sebagai penyanyi, penulis lagu, sekaligus aktris. Avril memulai kariernya di dunia tarik suara sejak 1999 silam. Hingga kini, Avril telah melahirkan lima album musik.

1986

Bassis Metallica, Clifford Lee Burton atau yang akrab disapa Cliff Burton, tewas setelah bus yang ia tumpangi bersama anggota lain group band Metallica mengalami kecelakaan di Ljungby, Swedia. Sejak bergabung pada 1982, Burton telah menorehkan tiga album bersama Metallica. Pada 2009 lalu, Burton yang sudah meninggal selama 23 tahun, mendapatkan penghargaan Rock and Roll Hall of Fame.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom