Hari Ini Dalam Sejarah: 27 November 1095, Perang Salib I Meletus
Lukisan yang menggambarkan Yerusalem direbut orang Kristen dalam Perang Salib Pertama. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 27 November 1095, Perang Salib I meletus setelah orang Kristen berupaya merebut sejumlah wilayah dari orang Islam.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-331—hari ke-332 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 27 November

Selain itu, masih banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 27 November.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, selain meletusnya Perang Salib I, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 27 November:

1095

Untuk kali pertama, Paus Urbanus II mengungkapkan seruannya untuk menggerakkan orang Kristen berperang merebut tanah suci—yang secara kasar meliputi wilayah Israel, Palestina, dan sebagian Yordania dan Lebanon—dari orang-orang Islam. Pidato pada Konsili Clermont di Clermont, Prancis tersebut diyakini sebagai titik awal meletusnya Perang Salib I yang berlangsung dari 1096 sampai 1099.

1912

Spanyol mendeklarasikan pendirian proktetorat di wilayah utara Maroko. Pada saat itu, wilayah Maroko telah menjadi proktetorat Prancis dan Spanyol. Maroko baru merdeka dari Prancis dan Spanyol pada 7 April 1956.

1940

Lee Jun Fan dilahirkan di San Francisco, California, Amerika Serikat (AS). Ia kemudian menjadi aktor yang dikenal dengan nama Bruce Lee. Ia juga dikenal sebagai salah seorang yang memopulerkan film-film kungfu ke seluruh dunia. Bruce Lee meninggal dunia di Hong Kong pada 1973 dan dimakamkan di Seattle, Washington, AS.

1940

Pertempuran yang melibatkan pasukan angkatan laut dari Amerika Serikat (AS) dan dari Italia meletus di Laut Tengah, dekat Sardinia, Italia. Salah satu pertempuran dalam Perang Dunia II itu berkahir imbang. Kedua negara mengalami kerugian yang sama dengan masing-masing kehilangan satu kapal perang. Pertempuran itu kini dikenang dengan sebutan Pertempuran Tanjung Spartivento.

1942

James Marshall Hendrix lahir di Seattle, Washington, Amerika Serikat (AS). Namanya lantas dikenal luas sebagai musisi, penyanyi, penulis lagu, gitaris sekaligus tokoh budaya dengan nama beken Jimi Hendrix. Selain itu, Hendrix juga sering disebut sebagai salah satu pemain gitar elektrik paling berpengaruh dalam sejarah musik rok. Hendrix meninggal di usia yang masih muda, yakni 27 tahun.

1944

Kota Tokyo di Jepang dibombardir pesawat pengebom milik Amerika Serikat (AS), Boeing B-29. Selain Kota Tokyo, pasukan Angkatan Udara AS juga menghancurkan beberapa kapal milik Jepang di perairan dekat Tokyo.

1964

Roberto Mancini lahir di Jesi, Italia. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela klub besar di Italia, seperti Sampdoria dan Lazio. Setelah pensiun sebagai pemain sepak bola pada 2001, Mancini kemudian terjun di dunia kepelatihan dan pernah menjadi arsitek di beberapa klub besar di Eropa, yakni Fiorentina, Lazio, Inter Milan, dan Manchester City. Sejak awal musim 2017, Mancini resmi menangani salah satu klub besar di Rusia, yakni Zenit Saint Petersburg.

1971

Mars 2, satelit buatan milik Uni Soviet yang diluncurkan pada 19 Mei 1971, diklaim telah mendarat di Mars. Sebelum mendarat, Mars 2 sempat mengitari Mars dan mengirimkan bebrapa gambar dan data.

1983

Pesawat Boeing 747-283B milik maskapai penerbangan Avianca mengalami kecelakaan di dekat Bandara Barajas, Madrid, Spanyol. Pesawat yang membawa 173 penumpang dan 19 kru dari Frankurt, Jerman dan sempat transit di Bandara Charles de Gaulle, Paris, Prancis itu mengalami kecelakaan karena kesalahan pilot. Akibatnya, 181 orang tewas dalam kecelakaan tersebut.

1997

Untuk kali kedua dalam setahun, pembantaian terjadi di Souhane, Aljazair. Pembantaian tersebut menewaskan 25 orang. Kelompok-kelompok Islam disalahkan atas pembantaian tersebut, seperti Kelompok Islam Bersenjata Aljazair.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom