Hari Ini Dalam Sejarah: 27 Juni 1596, Belanda Tiba di Banten
Cornelis de Houtman. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 27 Juni 1596, armada kapal Belanda yang dipimpin Cornelis de Houtman tiba di Banten.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-178—hari ke-179 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 27 Juni.

Selain Bangsa Belanda yang tiba di Banten, masih banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 27 Juni.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, selain Bangsa Belanda yang tiba di Banten, pada 27 Juni yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 27 Juni:

1596

Armada kapal Belanda yang dipimpin Cornelis de Houtman tiba di Banten. Pada awalnya, penduduk Banten memberikan sambutan hangat atas kedatangan Bangsa Belanda. Namun karena tabiat buruk yang ditunjukkan awak kapal, Kesultanan Banten bersama orang-orang Portugal di Banten mengusir Cornelis de Houtman beserta seluruh awak kapalnya.

1871

Pemerintah Keshogunan Tokugawa menetapkan Yen sebagai mata uang Jepang. Ada beberapa penjelasan tentang asal usul penggunaan aksara kanji ¥ yang berarti lingkaran digunakan sebagai lambang mata uang Jepang. Salah satunya adalah tradisi orang Jepang melambangkan uang dengan lingkaran yang dibentuk dari jari telunjuk dan ibu jari.

1940

Pemerintah Jerman mulai menggunakan mesin penyandi, Enigma, untuk mengirimkan pesan kepada tentaranya semasa Perang Dunia II. Mesin itu digunakan agar musuh tak mengetahui arti dan tujuan pesan yang dikirim.

1941

Pasukan Jerman berhasil merebut Kota Bialystok di Polandia dari Uni Soviet dalam Operasi Barbarossa. Operasi Barbarossa adalah upaya Jerman menginvasi kawasan Uni Soviet dan sekitarnya.

1941

Pemerintah Rumania mulai melaksanakan program pembantaian terhadap orang-orang Yahudi yang disebut Pogrom Jassy. Sebanyak 13,266 orang Yahudi tewas dalam pembantaian yang diperintahkan Pemerintah Rumania itu.

1954

Pertandingan perempatfinal Piala Dunia FIFA 1954 antara Hungaria dan Brasil digelar di Swiss. Pertandingan yang diperkirakan akan berlangsung menarik itu justru berubah menjadi sebuah kerusuhan antarpemain. Pertandingan sempat terhenti dan kembali dilanjutkan setelah tiga pemain dikeluarkan.

1976

Virus Ebola kali pertama diketahui mewabah di Sudan. Setelah wabah dinyatakan berakhir, sekitar 284 orang dinyatakan terjangkit Ebola dan puluhan di antara mereka meninggal dunia. Orang yang terjangkit Ebola biasanya ditandai dengan gejala demam, sakit tenggorokan, nyeri otot, dan sakit kepala. Gejala ini biasanya diikuti dengan mual, muntah, diare, serta menurunnya fungsi liver dan ginjal. Pada kondisi tersebut, orang yang terpapar virus Ebola mulai mengalami masalah pendarahan.

1977

Prancis memberikan kemerdekaan penuh kepada Djibouti. Kini, Djibouti menjadi negara berbentuk republik. Sebelumnya, Djibouti menjadi wilayah kekuasaan Prancis sejak 1896.

1985

Nico Erik Rosberg lahir di Wiesbaden, Jerman barat. Ia lantas dikenal luas sebagai juara balap Formula 1 musim 2016. Lima hari setelah berhasil menjadi juara, Rosberg menyatakan pensiun dari dunia balap Formula 1.

2013

NASA mengaku meluncurkan satelit Interface Region Imaging Spectrograph. Satelit tersebut diluncurkan untuk menyelidiki kondisi fisik Matahari.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho