Hari Ini Dalam Sejarah: 27 Februari 1991, Perang Teluk I Berakhir
Pesawat tempur AS melintasi kilang minyak yang terbakar di Kuwait pada masa Perang Teluk I. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Perang Teluk I yang berlangsung sejak 2 Agustus 1990 berakhir setelah Irak menerima resolusi yang dibuat PBB, 27 Februari 1991.

Peristiwa itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 27 Februari. Berikut rangkuman Hari Ini Dalam Sejarah, 27 Februari, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

Liu Bang. (Wikipedia.org)
Liu Bang. (Wikipedia.org)

202 SM
Pesta penobatan Liu Bang sebagai Kaisar Gaozu dari Dinasti Han berlangsung. Liu Bang merupakan kaisar pertama dari Dinasti Han yang memimpin wilayah Tiongkok. Dinasti Han berkuasa di tanah Tiongkok hingga 220 Masehi dengan Cao Pi sebagai kaisar terakhirnya.

1246
Pengepungan Kota Jaen yang dilancarkan pasukan Kerajaan Kastilia berakhir. Kerajaan Kastilia lantas mengambil alih kekuasaan di kota tersebut dari Keamiran Jaen.

1710
Pasukan Denmark pimpinan Jorgen Rantzau yang menginvasi Swedia dikalahkan pasukan Swedia yang dipimpin Magnus Stenbock dalam pertempuran di Helsingborg. Peristiwa tersebut merupakan pertempuran terakhir antara Swedia dan Denmark di tanah Swedia.

1847
Pertempuran antara pasukan Amerika Serikat (AS) dan Meksiko meletus di dekat Sungai Sacramento, sekitar 50 mil di utara Cihuahua, Meksiko. Pertempuran tersebut dimenangi pasukan AS yang kemudian menguasai wilayah Cihuahua.

1867
Kongres Amerika Serikat (AS) mengeluarkan larangan tentang pendanaan federal terhadap misi diplomatik ke Vatikan. Larangan itu lantas memutus hubungan diplomatik kedua negara yang sudah terjalin selama 70 tahun. Hubungan diplomatik antara AS dan Vatikan baru dipulihkan pada 10 Januari 1984.

1900
Pengepungan wilayah Ladysmith di Natal, Afrika Selatan (Afsel) yang dilancarkan pasukan Inggris sejak 2 November 1899 berakhir. Pasukan Inggris kemudian merebut wilayah tersebut dari Afsel.

1922
Mesir meraih kemerdekaan dari Inggris yang telah mengontrol negara tersebut selama 50 tahun. Pemerintah Inggris memberikan kemerdekaan kepada Mesir setelah didesak oleh sejumlah gerakan nasionalis di Mesir.

Plakat di Rockingham Naval Memorial Park, Rockingham, Australia Barat sebagau peringatan tenggelamnya HMAS Perth dan USS Houston dalam Pertempuran Selat Sunda. (Wikimedia.org)
Plakat di Rockingham Naval Memorial Park, Rockingham, Australia Barat sebagau peringatan tenggelamnya HMAS Perth dan USS Houston dalam Pertempuran Selat Sunda. (Wikimedia.org)

1942
Pertempuran antara pasukan Jepang dan pasukan Sekutu meletus di Selat Sunda, Indonesia. Pertempuran yang kemudian dikenal dengan nama Pertempuran Selat Sunda itu berlangsung selama dua hari dan berakhir dengan kemenangan Jepang. Dalam peristiwa tersebut, dua kapal perusak milik Sekutu, yakni USS Houston bersama 693 awaknya dan HMAS Perth dengan 375 awaknya tenggelam.

1987
Pemerintah Amerika Serikat (AS) dan Uni Soviet menandatangani perjanjian untuk menarik semua senjata nuklir yang mereka tempatkan di sejumlah negara di Eropa. Perjanjian tersebut merupakan usulan dari Pemimpin Uni Soviet Mikhail Gorbachev.

1991
Perang Teluk I yang berlangsung sejak 2 Agustus 1990 berakhir setelah Irak menerima resolusi yang dibuat PBB. Total korban tewas dari Perang Teluk yakni 50.000 tentara Irak, 148 tentara Amerika Serikat (AS), dan 16 tentara Inggris.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho