Hari Ini Dalam Sejarah: 25 Oktober 1945, Sekutu Mendarat di Surabaya
Mobil Buick Brigadir Jenderal AWS Mallaby yang meledak di dekat Gedung Internatio dan Jembatan Merah Surabaya, 1945. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 25 Oktober 1945, Sekutu mendaratkan sekitar 6.000 tentaranya yang dipimpin Brigadier Aubertin Walter Sothern Mallaby di Surabaya untuk melucuti tentara Jepang.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-298—hari ke-299 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 25 Oktober.

Selain Sekutu yang tiba di Surabaya, masih banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 25 Oktober.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, selain Sekutu yang datang lagi ke Surabaya, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 25 Oktober:

1147

Pasukan Kesultanan Seljuk berhasil mengalahkan pasukan Kekaisaran Romawi Suci di Dorylaeum, Turki. Dalam salah satu pertempuran di masa Perang Salib II itu, pasukan Kekaisaran Romawi Suci harus kehilangan 18.000 tentara dari 20.000 tentara yang dkerahkan.

1147

Tentara Salib bersama pasukan Portugal merebut Kota Lisbon dari kekuasaan Kerajaan Taifa. Keberhasilan itu diraih setelah pasukan Portugal dan Tentara Salib melakukan pengepungan selama hampir empat bulan.

1822

Pasukan Revolusioner Yunani mulai mengepung Kota Missolonghi di Yunani demi merebutnya dari pasukan Kesultanan Ottoman. Setelah melakukan pengepungan lebih dari dua bulan, pasukan Revolusioner Yunani berhasil menguasai kota tersebut.

1945

Sekutu mendaratkan sekitar 6.000 tentaranya yang dipimpin Brigadier Aubertin Walter Sothern Mallaby di Surabaya untuk melucuti tentara Jepang. Sekutu juga menuntut penyerahan senjata-senjata yang telah dirampas pihak Indonesia. Tindakan Sekutu itu justru menimbulkan konflik dengan pihak Indonesia dan memicu baku tembak pada 30 Oktober. Mallaby lantas tewas dalam pertempuran itu.

1945

Tiongkok mengambil alih kekuasaan di Taiwan setelah Jepang menyerah kepada Sekutu. Sebelumnya, Jepang telah menguasai Taiwan sejak berhasil mengalahkan Dinasti Qing pada 1895.

1973

Perang Yom Kipur yang melibatkan Israel melawan Mesir, Libya, Suriah, Yordania, dan Irak berkahir dengan gencatan senjata. Mesir, Libya, Suriah, Yordania, dan Irak gagal mencapai tujuan mereka lantaran Israel menolak mengembalikan wilayah yang direbut dari Suriah dan Mesir selama Perang Enam Hari pada 1967.

1981

Shaun Cameron Wright-Phillips lahir di Greenwich, Inggris. Namanya lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela dua klub besar di Inggris, yakni Chelsea dan Manchester City.

1984

Katheryn Elizabeth Hudson lahir di Santa Barbara, California, Amerika Serikat (AS). Kini, ia dikenal sebagai penyanyi ternama dengan nama panggung Katy Perry. Katy memulai kariernya sebagai penyanyi sejak 2001 silam. Hingga kini, ia sudah mengeluarkan total lima album.

2009

Serangan bom bunuh diri mendera kawasan kompleks Kementrian Hakim dan Dewan Provinsi Baghdad, Irak. Serangan itu menewaskan 155 orang dan melukai lebih dari 700 orang yang semuanya merupakan warga sipil. Perdana Menteri Irak Nouri Maliki menuding kelompol Al-Qaeda sebagai pihak yang bertanggung jawab atas serangan tersebut.

2010

Gempa bumi berkekuatan 7,7 sR mengguncang perairan dekat Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat dan memicu tsunami. Akibatnya, 286 orang tewas, sekitar 200 orang luka-luka, dan 252 orang dinyatakan hilang.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom