Hari Ini Dalam Sejarah: 25 November 1975, Suriname Merdeka
Bendera Suriname. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Suriname merdeka dari penjajahan Belanda pada 25 November 1975. Suriname dijajah Belanda sejak abad ke-15.

Suriname yang merdeka menjadi salah satu peristiwa bersejarah pada 25 November.

Selain Suriname merdeka, masih banyak peristiwa bersejarah pada 25 November yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 25 November, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1034

Raja Skotlandia, Mael Coluim mac Cinaeda atau Malcolm II, meninggal dunia. Cucunya, Donnchad mac Crinain yang dikenal dengan Duncan I kemudian menempati singgasana.

1667

Gempa bumi dahsyat mengguncang wilayah Shamakhi, Azerbaijan dan merenggut lebih dari 80.000 korban jiwa.

1758

Pasukan Inggris mengambil alih Fort Duquesne dari Prancis. Benteng yang didirikan Prancis di wilayah yang kini menjadi bagian dari Kota Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat itu kemudian dihancurkan.

1839

Badai hebat menerjang India, menghancurkan pelabuhan Kota Coringa. Badai juga menghantam 20.000 kapal. Korban tewas dalam bencana itu diperkirakan mencapai 300.000 orang.

1926

Perdana Menteri Italia, Benito Mussolini, membentuk sebuah pengadilan khusus untuk menangani kejahatan politik. Ia pada saat itu juga menerapkan kembali hukuman mati yang dilarang di negara tersebut sejak 1889.

1940

Film kartun Woody Woodpecker tayang perdana. Film ini diproduksi oleh Walter Lantz dan didistribusikan oleh Universal Pictures.

1963

Jenazah Presiden John F. Kennedy dikuburkan di pemakaman nasional Arlington, Virginia, Amerika Serikat. Tak hanya pemimpin dari sejumlah negara, ratusan ribuan warga Amerika Serikat turut mengantarkan jenazah sang presiden ke tempat peristirahatan terakhir. Setidaknya ada 800.000 warga yang berdiri di sepanjang jalanan Kota Washington, Amerika Serikat, untuk memberikan penghormatan terakhir kepada sang presiden.

1975

Suriname merdeka dari penjajahan Belanda. Penjajahan Belanda di wilayah ini terjadi sejak abad ke-15. Pada 1530 Belanda mendirikan pusat perdagangan pertama di wilayah tersebut.

2009

Banjir bandang melanda Kota Jeddah, Arab Saudi. Banjir yang terjadi pada musim haji itu merendam sekitar 3.000 mobil dan merenggut 122 nyawa. Arus deras dari banjir itu juga menyebabkan 350 orang hanyut dan hilang.

2010

Sebuah fosil spesies baru buaya ditemukan di Thailand. Spesies buaya purba itu diidentifikasi dengan nama Khoratosuchus Jintasakuli.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom