Hari Ini Dalam Sejarah: 25 Juni 1950, Perang Korea Dimulai
Pasukan AS yang terlibat dalam Perang Korea. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Perang Korea yang melibatkan kubu Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) meletus di Semenanjung Korea pada 25 Juni 1950. Perang Korea setelah pasukan Korut melakukan serangan terhadap pasukan Korsel.

Meletusnya Perang Korea menjadi salah satu peristiwa bersejarah pada 25 Juni.

Selain Perang Korea yang dimulai, masih banyak peristiwa bersejarah pada 25 Juni yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 25 Juni, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1689

Kapal Portugis di bawah pimpinan Kapten Cotingo memasuki sungai di Kalimantan yang kini menjadi wilayah Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Kedatangan Portugis itu bertujuan untuk menjalin hubungan dengan orang Dayak Ngaju demi menghadapi pasukan Kesultanan Banjar.

1928

Komunitas orang Yahudi di Amerika Serikat (AS) menyatakan tekad mereka untuk mengumpulkan dana US$3 juta dalam kurun waktu lima tahun. Pengumpulan dana itu dilakukan orang Yahudi untuk kembali ke Palestina dan membangun permukiman Yahudi di Palestina.

Presiden ke-3 B.J. Habibie menyerahkan potongan tumpeng kepada Presiden Jokowi, Sabtu (25/6/2016). (Detikcom)

1936

Bacharuddin Jusuf Habibie lahir di Parepare, Sulawesi Selatan, Hindia Belanda atau kini Indonesia. Habibie lantas dikenal luas sebagai presiden ke-3 Indonesia, menggantikan Soeharto yang mengundurkan diri pada 21 Mei 1998. Sebelum menjadi presiden, Habibie adalah seorang wakil presiden yang menjabat sejak 14 Maret 1998 dalam Kabinet Pembangunan VII di bawah Presiden Soeharto.

1944

Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) dan Inggris membombardir Kota Cherbourg, Prancis untuk membantu pasukan Angkatan Darat AS yang berusaha mengalahkan pasukan Jerman dalam Pertempuran Cherbourg. Salah satu pertempuran dalam Invasi Normandia itu telah berlangsung sejak 6 Juni. Pada 30 Juni, pasukan Sekutu baru berhasil mengusir tentara Jerman dari Kota Cherbourg.

1948

Tentara Amerika Serikat (AS) dan Inggris mulai melakukan patroli di perbatasan antara Berlin Barat di Jerman Barat dan Berlin Timur di Jerman Timur. Patroli itu menyusul ketegangan antara pihak AS-Inggris yang menguasai Jerman Barat dan Uni Soviet yang menguasai Jerman Timur. Sebelumnya, Uni Soviet telah menghentikan suplai bahan bakar dan listrik ke Jerman Barat. Sebagai balasannya, pihak AS dan Inggris menghentikan semua ekspor ke Berlin Timur.

1950

Perang Korea yang melibatkan kubu Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) meletus di Semenanjung Korea setelah pasukan Korut melakukan serangan terhadap pasukan Korsel. Perang tersebut berlangsung selama kurang lebih tiga tahun hingga gencatan senjata pada 1953. Namun karena tak ada perjanjian damai antara dua negara tersebut, secara teknis konflik Korsel dan Korut masih berlanjut sampai sekarang.

1951

Acara televisi berwarna komersial pertama ditayangkan melalui saluran Columbia Broadcasting System (CBS) di Amerika Serikat (AS). Diperkirakan sekitar 40.000 orang melihat program televisi berwarna pertama itu.

1967

The Beatles merekam lagu All You Need Is Love dan ditayangkan secara langsung di televisi. Perekaman lagu itu ditayangkan di saluran televisi BBC dan disiarkan di 26 negara.

1975

Mozambik memperoleh kemerdekaannya dari Portugal dan mendeklarasikan sebuah negara dengan nama resmi Republik Rakyat Mozambik. Setelah merdeka, rezim komunis menguasai Mozambik hingga akhir 1990.

Michael Jackson. (Dailypost.ng)
Michael Jackson. (Dailypost.ng)

2009

Michael Joseph Jackson atau yang lebih dikenal dengan nama Michael Jackson meninggal dunia di usia 50 tahun. Michael Jackson meninggal karena serangan jantung yang disebabkan keracunan propofol dan benzodiazepin. Semasa hidupnya, ia dikenal sebagai seorang penyanyi dan penulis lagu yang memiliki julukan King of Pop atau Raja Musik Pop.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho