Kategori: Internasional

Hari Ini Dalam Sejarah: 25 Januari 2010 Ethopian Airlines Kecelakaan


Solopos.com/Arif Fajar Setiadi-Tim Solopos

Solopos.com, SOLO — Ethiopian Airlines Penerbangan 409 jatuh di perairan Laut Mediterania pada 25 Januari 2010. Seluruh penumpang dan awak yang berjumlah 90 tewas. Pesawat tersebut menghilang dari radar 5 menit setelah lepas landas.

Peristiwa itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 25 Januari. Berikut rangkuman Hari Ini Dalam Sejarah, 25 Januari, yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

750

Pasukan Pemberontak Abbasiyah pimpinan As-Saffah berhasil mengalahkan pasukan Umayyah yang dipimpin Marwan II dalam pertempuran di Zab Raya, wilayah antara Turki dan Irak. Pertempuran itu merupakan yang terakhir di masa Pemberontakan Abbasiyah yang mengakibatkan runtuhnya Kekhalifahan Umayyah yang berdiri sejak 661. Kemudian Kekhalifahan Ummayah digantikan Kekhalifahan Abbasiyah yang berdiri hingga 1517.

Kota Sao Paulo (Wikimedia.org)

1554

Kota Sao Paulo, Brasil didirikan pada 25 Januari. Bahkan Sao Paulo dianggap sebagai "ibu kota finansial Brasil". Karena banyak perusahaan terkemuka, bank, dan institusi keuangan lainnya di Brasil menjadikan kota ini sebagai markas mereka.

1879

Bank Nasional Bulgaria secara resmi didirikan di Sofia, Bulgaria. Bank tersebut merupakan bank sentral tertua ke-13 di dunia. Meski secara resmi didirkan pada 25 Januari 1879, Bank Nasional Bulgaria baru beroperasi 6 Juni di tahun yang sama.

Thomas Alva Edison (kiri) dan Alexander Graham Bell (kanan). (Solopos-Dok.)

1881

Thomas Alva Edison dan Alexander Graham Bell mendirikan perusahaan telepon bernama Oriental Telephone Company. Selanjutnya perusahaan tersebut memegang izin untuk menjual produknya di Yunani, Turki, Afrika Selatan, India, Jepang, Tiongkok, dan beberapa negara lain di Asia.

1890

Nellie Bly menyelesaikan perjalanan keliling dunianya dalam 72 hari. Untuk diketahui, Nellie Bly adalah nama samaran dari Elizabeth Jane Cochran salah satu investigative journalist pertama. Di melakukan perjalanan keliling dunia di mulai dari New York pada 14 November 1889 dan kembali pada 25 Januari 1890.

1918

Ukraina memproklamasikan kemerdekaannya dari Rusia. Namun, kemerdekaan Ukraina itu tak berlangsung lama setelah menjadi bagian Uni Soviet pada 1922. Ukraina baru merdeka dari Uni Soviet pada 1991.

1932

Pertempuran antara pasukan Jepang dan pasukan Tiongkok meletus di Harbin, Manchuria, Tiongkok pada 25 Januari. Salah satu pertempuran di masa Invasi Jepang ke Manchuria itu berlangsung selama 11 hari dan berakhir dengan kemenangan Jepang. Kemudian Tiongkok yang kalah harus rela kehilangan sekitar 1.800 tentaranya yang tewas.

1942

Thailand secara resmi mendeklarasikan perang terhadap Sekutu dalam Perang Dunia II. Deklarasi perang itu dipicu serangan udara yang dilancarkan Sekutu ke ibu kota Thailand, Bangkok, sehari sebelumnya.

1945

Pertempuran Bulge antara pasukan Jerman dan Sekutu di Belgia, Luksemburg, dan Jerman resmi berakhir dengan kemenangan Sekutu. Atas kemenangan di pertempuran yang berlangsung hampir sebulan itu, kesempatan Sekutu merebut wilayah kekuasaan Jerman di masa Perang Dunia II semakin besar. Hasil pertempuran itu juga menjadi tanda-tanda kemunduran Jerman dalam Perang Dunia II.

1971

Idi Amin memimpin sebuah kudeta yang menjatuhkan Milton Obote dan menjadi presiden Uganda pada 25 Januari. Dia adalah seorang perwira militer di Uganda dan dikenal dengan julukan "Pembantai Uganda".

1980

Xavier Hernandez Creus lahir di Terrassa, Spanyol. Kemudian namanya menjadi terkenal saat mulai menjadi pemain sepak bola yang membela salah satu klub raksasa di Liga Spanyol, Barcelona. Gelandang tengah yang akrab disapa Xavi itu membela Barcelona sejak 1998 hingga 2015 dan sudah mencetak 58 gol dari 505 penampilannya di Liga Spanyol. Sejak 2015 hingga kini, Xavi membela salah satu klub di Qatar, Al Sadd SC.

Alicia Augello alias Alicia Keys. (Liputan6.com)

 

1981

Alicia Augello Cook dilahirkan di Manhattan, New York, Amerika Serikat (AS). Kemudian namanya dikenal luas sebagai penyanyi, penulis lagi, aktris, sekaligus produser rekaman dengan nama panggung Alicia Keys. Berkairer di dunia hiburan sejak 1996 silam, Alicia Keys sudah menorehkan enam album studio dan membintangi sejumlah judul serial televisi.

2010

Ethiopian Airlines Penerbangan 409 jatuh di perairan Laut Mediterania pada 25 Januari 2010. Seluruh penumpang dan awak yang berjumlah 90 tewas. Pesawat tersebut menghilang dari radar 5 menit setelah lepas landas.

Menurut sumber tersebut, pesawat naas itu lepas landas sekitar pukul 03.10 waktu setempat. Namun, warga sekitar pantai melihat sebuah pesawat yang terbakar jatuh ke laut. Penyebab kecelakaan ini diduga karena cuaca buruk.

 

 

Share
Dipublikasikan oleh
Arif Fajar Setiadi