Tutup Iklan
Hari Ini Dalam Sejarah: 25 Februari 1932, Adolf Hitler Jadi Orang Jerman
Pemimpin Jerman Adolf Hitler (hormat fasis) menghadiri parade kemenangan Jerman atas Polandia di Warsawa, Polandia, 5 Oktober 1939. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 25 Februari 1932, Pemimpin Partai Nazi Adolf Hitler berhasil memperoleh kewarganegaraan Jerman. Sebelumnya, Hitler merupakan pria berkewarganegaraan Austria.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-56 sesuai sistem Kelender Gregorian, 25 Februari.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 25 Februari yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 25 Februari:

138
Kaisar Romawi Publius Aelius Traianus Hadrianus mengadopsi Antoninus Pius dan menempatkannya sebagai putra mahkota. Saat Hadrianus meninggal dunia pada 10 Juli 138, Antoninus Pius sebagai putra mahkota kemudian dinobatkan sebagai kaisar Romawi.

1336
Pasukan Teutonik berhasil mengalahkan pasukan pertahanan Lituania di Pilenai. Sekitar 4.000 tentara pertahanan Lituania di Pilenai kemudian lebih memilih bunuh diri dibanding ditangkap pasukan Teutonik.

Lukisan yang menggambarkan Paus Pius V. (Wikipedia.org)
Lukisan yang menggambarkan Paus Pius V. (Wikipedia.org)

1570
Pemimpin Gereja Katolik Paus Pius V menyatakan ekskomunikasi bagi Ratu Elizabeth I dan para pengikutnya dari Gereja Inggris. Ratu Elizabeth I dan para pengikutnya dianggap telah melakukan pelanggaran berat menurut Gereja Katolik. Dalam Gereja Katolik, istilah ekskomunikasi adalah hukuman terberat yang dijatuhkan gereja kepada seseorang yang melakukan dosa tertentu yang sangat berat.

1821
Petinggi militer Yunani, Alexander Ypsilantis, mengumumkan kemerdekaan Yunani dari Kesultanan Ottoman di Iasi, Rumania. Selain itu, ia mengklaim telah mendapatkan bantuan dari kekuatan besar untuk melawan Kesultanan Ottoman dalam Perang Kemerdekaan Yunani. Bantuan besar yang ia maksud adalah negara yang dianggap memiliki kekuatan militer hebat seperti Kekaisaran Rusia.

1916
Pasukan Jerman berhasil merebut wilayah Douaumont dari Prancis di tengah berlangsungnya Pertempuran Verdun. Namun demikian, kekuasaan Jerman di wilayah Douaumont tak bertahan lama setelah kalah dari Prancis dalam Pertempuran Verdun yang berakhir pada 18 Desember 1916.

1921
Pasukan Rusia berhasil menguasai Ibu Kota Georgia di Tbilisi dalam usahanya menguasai sejumlah negara di Eropa Timur yang kelak menjadi Uni Soviet. Sekitar setahun kemudian, Georgia secara resmi menjadi salah satu negara anggota Uni Soviet.

1932
Pemimpin Partai Nazi Adolf Hitler berhasil memperoleh kewarganegaraan Jerman. Sebelumnya Hitler merupakan pria berkewarganegaraan Austria. Kewarganegaraan Jerman yang diperoleh Hitler itu kemudian memuluskan usahanya untuk menjadi pemimpin Jerman.

1933
Kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) pertama yang dirancang untuk mengangkut pesawat atau yang disebut dengan kapal induk diluncurkan. Kapal induk pertama milik AS itu diberi nama USS Ranger.

George Harrison. (Youtube.com)
George Harrison. (Youtube.com)

1943
George Harrison lahir di Wavertree, Liverpool, Inggris. Namanya kemudian dikenal sebagai gitaris dari band legendaris asal Liverpool, The Beatles, sejak awal terbentuk pada 1960 hingga bubar pada 1970. George meninggal pada 2001 karena kanker tenggorokan dan kanker paru-paru.

1945
Turki mendeklarasikan perang terhadap Jerman dalam Perang Dunia II. Padahal sebelumnya, Turki merupakan negara netral dalam Perang Dunia II. Dengan deklarasi perang itu, secara otomatis Turki menjadi anggota Sekutu meski Perang Dunia II sedah mendekati akhir.

Sumber: Wikipedia.org, Thepeoplehistory.com, Brainyhistory.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho