SOLOPOS.COM - Sir James Brooke, Raja pertama di Sarawak setelah dikuasai Inggris. (Wikimedia.org)Sir James Brooke, Raja pertama di Sarawak setelah dikuasai Inggris. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Kesultanan Brunei menyerahkan wilayah kekuasaannya di Sarawak kepada Inggris pada 24 September 1841.

Penyerahan Sarawak kepada Inggris merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 24 September.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain Inggris yang menguasai Sarawak, masih banyak peristiwa bersejarah pada 24 September yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 24 September yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1664

Belanda menyerahkan kekuasaannya di tanah Amerika yang bernama Nieuw Amsterdam kepada Inggris yang lantas mengubah namanya menjadi New York. Nieuw Amsterdam merupakan permukiman kolonial Belanda terbesar di Amerika bagian utara. Meski demikian, Belanda merebutnya kembali pada 1673 dan menamakannya Nieuw Oranje. Namun Inggris berhasil merampas kekuasaan Belanda di wilayah tersebut untuk kali kedua pada 1674. Nama New York untuk wilayah tersebut digunakan hingga kini.

1841

Kesultanan Brunei menyerahkan wilayah kekuasaannya di Sarawak kepada Inggris. Inggris lantas membentuk membentuk Kerajaan Sarawak yang dipimpin James Brooke. Kini, wilayah Sarawak menjadi bagian dari Malaysia.

1852

Kapal udara yang menggunakan tenaga uap pertama di dunia melakukan penerbangan pertamanya. Kapal udara yang dinamai Balon Giffard rancangan Insinyur asal Prancis, Henri Giffard, itu lepas landas untuk kali pertama dari Paris ke Trappes, Prancis. Balon Giffard menempuh perjalanan sepanjang 27 kilometer dalam waktu kurang lebih tiga jam.

1853

Pasukan Angkatan Laut Prancis di bawah pimpinan Laksamana Auguste Febvrier-Despointes berhasil menaklukkan wilayah Kaledonia Baru. Laksamana Auguste Febvrier-Despointes lantas menghklaim Kaledonia Baru sebagai wilayah kekuasaan Prancis. Hingga kini, Kaledonia masih menjadi wilayah koloni Prancis.

1877

Pasukan Kekaisaran Jepang berhasil mengalahkan pasukan pemberontak dalam Pertempuran Shiroyama di Kagoshima, Jepang. Kemenangan Jepang itu sekaligus mengakhiri Pemberontakan Satsuma yang berlangsung selama kurang lebih sembilan bulan.

1914

Pasukan Rusia tiba di wilayah Przemysl, Austria-Hungaria dan mulai mengepung wilayah tersebut. Pengepungan itu berlangsung hingga 22 Maret 1915 dan berakhir dengan dikuiasainya wilayah Przemysl oleh tentara Rusia.

1948

Soichiro Honda mendirikan perusahaan produsen kendaraan bermotor yang ia namai dengan nama belakangnya. Kini, Honda menjadi salah satu perusahaan produsen kendaraan bermotor terbesar di dunia. Kini, Honda merupakan produsen sepeda motor terbesar di dunia dan produsen mobil terbesar keenam di dunia.

1980

John Arne Semundseth Riise lahir Alesund, Norwegia. Namanya menjadi terkenal sebagai pemain sepak bola setelah dirinya bergabung ke salah satu klub besar di Inggris, yakni Liverpool, pada 2001 silam. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri itu membela Liverpool selama tujuh tahun dan telah mencetak 31 gol dari 234 penampilannya bersama Liverpool di Liga Inggris. Kini, Riise membela salah satu klub di Siprus, Apoel.

2013

Gempa bumi berkekuatan 7,7 sR mengguncang wilayah barat daya Pakistan. Bencana alam tersebut menewaskan sedikitnya 825 orang dan melukai 700 lainnya. Gempa susulan terjadi empat hari kemudian dengan kekuatan 6,8 skala Richter yang menewaskan 22 orang.

2015

Sedikitnya 769 orang tewas dan 934 lainnya luka-luka ketika jemaah haji yang jumlahnya jutaan orang berdesakan dalam perjalanan menuju jembatan Jamarat di Mina, Arab Saudi untuk melempar jamrah sebagai rangkaian ibadah haji. Menurut Kementrian Dalam Negeri Arab Saudi, insiden itu dipicu dua kelompok besar jemaah yang berlawanan arah bertemu pada jalan yang sama. Insiden tersebut merupakan yang terbesar kedua setelah insiden sama terjadi pada 1990 yang menelan korban 1.426 jiwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya