Hari Ini Dalam Sejarah: 24 Maret 1882, Bakteri TBC Ditemukan
Robert Koch yang mengungkap penemuan ber-sejarah, bakteri penyebab TBC. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Robert Koch mengumumkan penemuan ber-sejarah, yakni bakteri yang menyebabkan penyakit Tuberculosis (TBC) atau Tuberkulosis pada 24 Maret 1882.

Penemuan bakteri TBC itu merupakan salah satu peristiwa ber-sejarah pada 24 Maret.

Selain penemuan bakteri TBC, masih banyak peristiwa ber-sejarah pada 24 Maret yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 24 Maret, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1874

Erik Weisz lahir di Budapest, Hungaria. Ia kemudian dikenal sebagai seniman sulap terkemuka dengan nama Harry Houdini. Houdini meninggal dunia pada 31 Oktober 1926 akibat peritonitis atau peradangan pada selaput rongga perut.

1882

Robert Koch mengumumkan penemuan ber-sejarah, yakni bakteri yang menyebabkan penyakit Tuberculosis (TBC) atau Tuberkulosis. Atas penemuan itu, Koch menerima Hadiah Nobel bidang fisiologi atau kedokteran pada 1905.

1944

Tentara Jerman mengeksekusi mati 335 orang di dekat Roma Italia. Para korban salah satu pembantaian yang dilakukan Jerman di masa Perang Dunia II itu terdiri atas tahanan politik, orang Yahudi, dan warga sipil lainnya.

1948

Presiden Amerika Serikat (AS) Harry S. Truman mengucurkan bantuan senilai US$16 juta kepada para pengungsi Palestina yang kelaparan. Kelaparan para pengungsi itu merupakan buntut dari Perang Kemerdekaan Israel.

Elvis Presley. (Reuters)
Elvis Presley. (Reuters)

1958

Penyanyi rock n roll Elvis Presley dilantik menjadi anggota Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) di Fort Chaffee, Arkansas. Pelantikan itu dilaksanakan setelah Elvis menyelesaikan pelatihan dasar militer di Fort Hood, Texas. Elvis yang kala itu berusia 23 tahun ditugaskan di Friedberg, Jerman.

1982

Vino Giovani Bastian dilahirkan di Jakarta, Indonesia. Kini, putra bungsu dari penulis Bastian Tito itu dikenal luas sebagai aktor yang sudah membintangi sejumlah film layar lebar maupun film televisi. Sejak 2003 lalu, Vino sudah membintangi tak kurang dari 30 film layar lebar.

Ramires Santos do Nascimento. (Okezone.com)
Ramires Santos do Nascimento. (Okezone.com)

1987

Ramires Santos do Nascimento dilahirkan di Barra do Pirai, Rio de Janeiro, Brasil. Namanya lantas menjadi terkenal setelah menjadi pemain sepak bola dan membela salah satu klub besar di Inggris, Chelsea, sejak 2010 hingga 2016. Kini, ia membela salah satu klub di Brasil, Palmeiras.

2008

Pemerintah Pakistan mulai memblokir akses ke Youtube untuk seluruh wilayah Pakistan. Pemblokiran itu dipicu beredarnya video kartun yang menggambarkan Nabi Muhammad dan dianggap melecehkan umat Islam di situs berbagi video tersebut.

2008

Sebuah bom meledak di tepi jalan di Irak membunuh empat tentara AS. Peristiwa itu menambah daftar korban tewas tentara AS menjadi 4.000 sejak AS menginvasi Irak lebih dari lima tahun sebelumnya.

2014

Di masa konflik Rusia-Krimea, pasukan Rusia berhasil menduduki pangkalan Angkatan Laut Krimea. Pemerintah Ukraina menyatakan sempat terjadi baku tembak beberapa hari sebelumnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom