Hari Ini Dalam Sejarah: 24 Juni 1987, Lionel Messi Lahir
Lionel Messi saat membela Barcelona melawan Real Mallorca di Liga Spanyol. (Twitter/@FCBarcelona)

Solopos.com, SOLO — Pada 24 Juni Lionel Andres Messi lahir di Rosario, Argentina. Kini, ia dikenal sebagai pemain sepak bola yang membela klub raksasa di Spanyol, Barcelona.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-175—hari ke-176 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 24 Juni.

Selain Lionel Messi yang lahir, masih banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pda 24 Juni.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, selain Lionel Messi yang lahir, pada 24 Juni yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 24 Juni:

217 SM

Pasukan Romawi yang dipimpin Gaius Flaminius dikalahkan pasukan Carthage pimpinan Hannibal dalam Pertempuran Trasimene di dekat Danau Trasimene, Italia. Pasukan Romawi harus kehilangan 30.000 tentaranya, sedangkan pasukan Carthage hanya kehilangan 4.000 tentaranya.

1497

Seorang penjelajah asal Italia, John Cabot, bersama awak kapalnya, berhasil mendarat di kawasan Amerika bagian utara. Banyak yang berpendapat John Cabot mendarat di kawasan yang kini disebut dengan nama Newfoundland. John Cabot bersama awak kapalnya menjadi kelompok kedua dari Eropa yang berhasil mencapai daratan Amerika bagian utara setelah Bangsa Viking.

1509

Henry VIII dinobatkan sebagai raja Inggris dan Irlandia. Ia adalah Raja Inggris pertama yang menguasai Irlandia. Henry VIII juga melanjutkan kekuasaan para penguasa Inggris atas Kerajaan Prancis. Henry VIII adalah raja kedua dari Wangsa Tudor yang menggantikan ayahnya, Henry VII. Ia memerintah hingga akhir hayatnya pada 1547.

1571

Penjelajah asal Spanyol, Miguel Lopez de Legazpi, menetapkan Manila sebagai ibu kota Hindia Timur kekuasaan Spanyol. Miguel Lopez de Legazpi adalah penjelajah pertama yang mendirikan permukiman orang Spanyol di kawasan Hindia Timur atau kini dikenal sebagai kawasan Asia Tenggara.

1779

Pasukan Prancis dan Spanyol memulai Pengepungan Gibraltar untuk mengambil alih kekuasaan di Selat Gibraltar dari Inggris. Pengepungan itu berlangsung hingga 7 Februari 1783. Pada akhirnya, Prancis dan Spanyol yang telah melakukan pengepungan selama hampir empat tahun itu gagal merebut kekuasaan Inggris di Selat Gibraltar.

1913

Yunani dan Serbia membatalkan persekutuan mereka dengan Bulgaria. Keputusan tersebut lantas memicu terjadinya Perang Balkan Kedua.

1943

Pertempuran Bamber Bridge meletus di Bamber Bridge, Lancashire, Inggris. Pertempuran tersebut dipicu penangkapan tentara Inggris berkulit hitam yang dianggap memberontak oleh polisi militer Amerika Serikat (AS). Pertempuran Bamber Bridge baru mereda sehari kemudian setelah polisi militer AS datang dalam jumlah yang lebih banyak dengan membawa senapan mesin.

1987

Lionel Andres Messi lahir di Rosario, Argentina. Kini, ia dikenal sebagai pemain sepak bola yang membela klub raksasa di Spanyol, Barcelona. Messi juga dikenal sebagai pemain yang telah meraih trofi Ballon D'Or terbanyak saat ini, yakni enam trofi.

2005

Baku tembak antara polisi dan kelompok pemberontak Maois terjadi di Bihar, India. Baku tembak itu terjadi setelah sekitar seratus pemberontak menyerang sebuah kantor polisi dan dua bank. Dari kejadian itu, dua warga sipil, dua polisi, dan 16 anggota kelompok pemberontak tersebut tewas.

2013

Mantan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi dinyatakan bersalah karena telah menyalahgunakan kekuasaannya untuk berhubungan seks dengan seorang pelacur di bawah umur. Ia lantas dijatuhi hukuman tujuh tahun kurungan penjara.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho