SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pertempuran Dabiq antara Ottoman dan Mamluk, 24 Agustus 1516. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Kesultanan Ottoman berhasil menguasai Suriah setelah mengalahkan Kesultanan Mamluk pada 24 Agustus 1516.

Ottoman yang menguasai Suriah merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 24 Agustus.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain Ottoman yang menguasai Suriah, masih banyak peristiwa bersejarah pada 24 Agustus yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 24 Agustus, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

79

Gunung Vesuvius di Italia meletus dan mengubur seluruh wilayah Kota Pompeii dan sebagian wilayah Herculaneum, dan Stabiae dengan abu vulkanis. Akibat letusan tersebut, hampir seluruh penduduk Kota Pompeii tewas tersapu awan panas dan Kota Pompeii hilang selama 1.600 tahun karena timbunan abu vulkanis.

1185

Pasukan Kerajaan Sisilia berhasil mengalahkan pasukan Kekaisaran Bizantium sekaligus membumihangsukan Kota Thessaloniki di Yunani. Sebelumnya, pasukan Kerajaan Sisilia telah mengepung kota tersebut selama 25 hari.

1516

Pasukan Kesultanan Ottoman berhasil mengalahkan pasukan Kesultanan Mamluk dalam Pertempuran Dabiq di Dabiq, dekat Alepo, Kesultanan Mamluk atau kini Suriah. Atas kemenangan itu, Kesultanan Ottoman berhak menguasai seluruh wilayah Suriah.

1814

Pasukan Inggris membakar dan mengancurkan gedung-gedung yang berdiri di ibu kota Amerika Serikat (AS), Washington D.C. Peristiwa itu terjadi pada masa Perang 1812 Inggris-AS. Dalam peristiwa tersebut, pasukan Inggris juga membakar istana presiden AS atau yang dikenal sebagai Gedung Putih.

1903

Mohammad Yamin lahir di Sawahlunto, Sumatera Barat, Hindia-Belanda atau kini Indonesia. Ia lantas dikenal luas sastrawan, sejarawan, budayawan, politikus, dan ahli hukum. Kini, namanya dikenang sebagai pahlawan nasional Indonesia. Selain itu, Mohammad Yamin juga merupakan salah satu pelopor Sumpah Pemuda.

1914

Pertempuran Cer yang berlangsung di Gunung Cer, Kerajaan Serbia dan melibatkan pasukan Austria-Hungaria dan pasukan Serbia berakhir. Pertempuran yang berlangsung selama sembilan hari itu berakhir dengan kemenangan Serbia. Kemenangan itu adalah kemenangan besar pertama pihak Sekutu atas Blok Sentral selama Perang Dunia I.

1936

Australia mengumumkan klaimnya atas sebagian wilayah Antartika. Wilayah yang diklaim Australia diperkirakan mencapai 5.896.500 km persegi. Kini, wilayah itu dihuni oleh petugas stasiun penelitian.

1941

Pemimpin Jerman secara resmi Adolf Hitler memerintahkan untuk mengghentikan program T4. T4 adalah program pemerintah Nazi Jerman untuk melakukan pembunuhan terhadap penduduk yang menyandang kelainan genetika. Diperkirakan sekitar 200.000 orang dibunuh dalam program tersebut.

1942

Pertempuran atara pasukan Sekutu dan pasukan Jepang meletus di bagian timur Kepulauan Solomon. Pertempuran tersebut berlangsung selama dua hari dan berakhir dengan kemenangan Sekutu. Pertempuran itu dipicu perebutan wilayah di kawsan Samudera Pasifik antara Sekutu dan Jepang. Beberapa hari sebelumnya, pasukan Sekutu telah berhasil mengalahkan pasukan Jepang di Pulau Guadalkanal.

1981

Mark David Chapman, pria yang membunuh penyanyi legenderis sekaligus vokalis The Beatles John Lennon, dijatuhi hukuman 20 tahun penjara. Chapman membunuh Lennon dengan menembak sebanyak empat kali pada 8 Desember 1980 di New York, Amerika Serikat (AS).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya