Hari Ini Dalam Sejarah: 23 Maret 1946, Bandung Lautan Api Terjadi
Monumen Bandung Lautan Api. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 23 Maret 1946, sekitar 200.000 penduduk Bandung membakar tempat tinggal mereka. Peristiwa itu dikenal sebagai Bandung Lautan Api.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-82—hari ke-83 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 23 Maret.

Selain Bandung Lautan Api, banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 23 Maret.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, selain Bandung Lautan Apio, pada 23 Maret yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 23 Maret:

1801

Kaisar atau Tsar Rusia, Paul I, dibunuh di kamar tidurnya di Istana Saint Michael. Banyak sejarawan menduga putra Paul I, Alexander, terlibat dalam kasus pembunuhan tersebut. Sehari setelah meninggal, jabatan Paul I sebagai Kaisar atau Tsar Rusia resmi digantikan Alexander.

Emilio Aguinaldo. (Wikipedia.org)
Emilio Aguinaldo. (Wikipedia.org)

1901

Republik Filipina Pertama yang didirikan sejak 1897 dibubarkan setelah presidennya, Emilio Aguinaldo, ditangkap oleh tentara Amerika Serikat (AS) pimpinan Frederick Funston. Pihak AS memang tak ingin Filipina merdeka. Namun pada 1946, AS mengakui Filipina sebagai negara merdeka.

1918

Dalam Perang Dunia I, Jerman berhasil mengalahkan 10 batalion tentara Inggris di sebelah utara Prancis. Banyak tetara Inggris yang tewas dan menjadi tahanan perang dalam kemenangan Jerman tersebut.

1939

Angkatan Udara Hungaria menyerang markas Angkatan Udara Slovakia di Spisska Nova Ves. Akibat serangan tersebut, 13 orang tewas. Serangan itu juga menjadi pemicu meletusnya Perang Hungaria-Slovakia.

1946

Dalam kurun waktu tujuh jam, sekitar 200.000 penduduk Bandung membakar tempat tinggal mereka dan meninggalkan kota menuju pegunungan di daerah selatan Bandung. Hal ini dilakukan demi mencegah tentara Sekutu dan tentara NICA Belanda untuk dapat menggunakan Kota Bandung sebagai markas. Peristiwa itu dikenal dengan sebagai Bandung Lautan Api.

1956

Sistem pemerintahan pakistan secara resmi berubah menjadi republik dan nama negaranya menjadi Republik Islam Pakistan. Kini, negara tersebut memiliki jumlah penduduk terbanyak keenam di dunia.

1987

Tentara Rerpublik Irlandia menyerang pangkalan militer Inggris di Rheindahlen, Jerman Barat menggunakan bom berdaya ledak tinggi. Sebanyak 30 orang terluka dalam serangan tersebut.

1994

Pesawat Airbus A310-304 dari maskapai penerbangan Aeroflot dengan nomor penerbangan 593 yang lepas landas dari Bandara Internasional Sheremetyevo, Moskow, Rusia menabrak lereng bukit di Oblast Kemerovo, Rusia. Kecelakaan itu disebabkan anak sang pilot yang masih berumur 15 tahun, Eldar Kudrinsky, duduk di kokpit dan secara tak sengaja mematikan fitur autopilot atau pilot otomatis. Kecelakaan itu menewaskan seluruh penumpang dan kru pesawat sejumlah 75 orang.

2007

Angkatan Laut Iran menangkap 15 personel Angkatan Laut Inggris yang sedang berpatroli di perairan Irak. Iran menuduh kelima belas tentara Inggris tersebut telah memasuki kawasan Iran tanpa izin.

Lee Kuan Yew. (Reuters)
Lee Kuan Yew. (Reuters)

2015

Perdana Menteri pertama Singapura, Lee Kuan Yew, meninggal dunia pada usianya yang ke-91 tahun. Lee Kuan Yew menjabat sebagai perdana menteri Singapura sejak 1959 hingga 1990.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho