SOLOPOS.COM - Lukisan berjudul Lord Clive meeting with Mir Jafar after the Battle of Plassey karya Francis Hayman menggambarkan kemenangan Inggris di Benggala. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pasukan Inggris mengalahkan pasukan Benggala yang dibantu pasukan Prancis dalam Pertempuran Plassey di sebelah utara Kalkuta, India.pada 23 Juni 1757. Atas kemenangan itu, Inggris menguasai wilayah Benggala.

Inggris yang menguasai Benggala merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 23 Juni.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain Inggris yang menguasai Benggala, masih banyak peristiwa bersejarah pada 23 Juni yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 23 Juni, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1180

Pertempuran Uji yang melibatkan Klan Minamoto dan Klan Taiara meletus di dekat Kyoto, Jepang. Dalam pertempuran itu, Pangeran Mochihito dari Klan Minamoto sebagai pewaris takhta Kekaisaran Jepang terbunuh. Peristiwa itu memicu Perang Genpei yang berlangsung kurang lebih lima tahun.

Ekspedisi Mudik 2024

1305

Raja Prancis, Philip IV, dan Raja Flanders, Robert III, menandatangani Perjanjian Athis-sur-Orge di Athis-sur-Orge atau kini Athis-Mons, Prancis. Perjanjian tersebut adalah perjanjian damai untuk mengakhiri Perang Franco-Flemish atau Perang Prancis-Flanders yang berlangsung sejak 1297. Berdasarkan perjanjian tersebut, Robert III harus menyerahkan wilayah Walloon Flanders—kini Kota Lille, Douai, dan Orchies, di Prancis—kepada pihak Prancis. Sebagai gantinya, Philip IV memberikan kemerdekaan bagi Kerajaan Flanders meski kalah dalam perang.

1565

Komandan Angkatan Laut Kekaisaran Ottoman, Dragut, tewas dalam Pengepungan Malta. Pengepungan Malta adalah upaya Kekaisaran Ottoman untuk mengusai Malta. Namun upaya yang dilakukan selama kurang lebih empat bulan itu gagal setelah pasukan Kekaisaran Ottoman dikalahkan gerilyawan Malta yang dibantu Pasukan Kekaisaran Spanyol serta Ksatria Hospitaller.

1757

Pasukan Inggris yang berjumlah 3.000 tentara berhasil mengalahkan pasukan Benggala yang dibantu pasukan Prancis dengan total kekuatan sebanyak 50.000 dalam Pertempuran Plassey di sebelah utara Kalkuta, India. Atas kekalahan itu, wilayah Benggala—kini terpecah menjadi bagian dari India dan Bangladesh—menjadi wilayah kekuasaan Inggris.

1758

Pertempuran Krefeld terjadi di Krefeld—kini Nordrhein-Westfalen di Jerman—malibatkan pasukan aliansi Prusia-Inggris-Hanover dan pasukan Prancis. Salah satu pertempuran yang terjadi pada masa Perang Tujuh Tahun itu berhasil dimenangi pasukan aliansi.

1913

Pasukan Yunani berhasil mengalahkan pasukan Bulgaria dalam Pertempuran Doiran di dekat Danau Doiran, Makedonia. Pertempuran tersebut terjadi pada masa Perang Balkan Kedua. Meski pasukan Yunani menang dalam Pertempuran Doiran, Bulagria yang sendirian berperang melawan pasukan Serbia, Romania, Ottoman, Yunani dan Montenegro baru menyerah pada 10 Agustus di tahun yang sama.

1940

Setelah pasukannya berhasil menduduki Prancis, pemimpin Jerman Adolf Hitler memutuskan mengunjungi Paris. Dalam kunjungannya itu, Hitler menyambangi tempat-tempat wisata dan bersejarah di Paris.

1941

Menyusul hengkangnya pemerintahan Uni Soviet dari Lituania, Front Aktivis Lituania secara resmi mendeklarasikan kemerdekaan Lituania. Meski demikian, Lituania justru diduduki pasukan Jerman beberapa pekan kemudian.

1972

Zinedine Yazid Zidane lahir di Marseille, Prancis. Ia lantas dikenal sebagai pemain sepak bola yang pernah membela klub Juventus dan Real Madrid. Kini, pria yang genap berusia 45 tahun ini menjadi pelatih di klub yang pernah ia bela, yakni Real Madrid. Pada 2017 ini, Zidane berhasil mengantarkan Real Madrid meraih gelar juara Liga Champions UEFA.

1977

Jason Thomas Mraz lahir Mechanicsville, Virginia, Amerika Serikat (AS). Kini, ia dikenal luas sebagai musisi yang telah menorehkan banyak karya. Sejak 2001, Mraz sudah meluncurkan 10 album.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya