Hari Ini Dalam Sejarah: 22 Maret 2004, Pemimpin Hamas Tewas di Tangan Israel
Yuan Shikai. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pemimpin Gerakan Hamas Ahmed Yassin dan dua pengawalnya tewas di tangan tentara Israel di Jalur Gaza, 22 Maret 2004.

Selain tewasnya pemimpin Hamas di tangan Israel, masih banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada 22 Maret.

Berikut rangkuman Hari Ini Dalam Sejarah, 22 Maret, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1829

Inggris, Rusia, dan Prancis menandatangani perjanjian yang disebut The London Protocol. Perjanjian tersebut mewajibkan ketiga negara itu untuk melindungi Yunani dari Kekaisaran Ottoman yang terus berusaha mencaploknya.

1916

Kaisar Tiongkok Yuan Shikai turun tahta setelah Kekaisaran Tiongkok berubah menjadi republik. Meski demikian, di hari yang sama, Yuan Shikai dinobatkan sebagai presiden hingga akhir hayatnya.

Yuan Shikai. (Wikipedia.org)
Yuan Shikai. (Wikipedia.org)

1920

Tentara Azerbaijan yang dibantu pasukan Turki membantai penduduk sipil di Kota Shusha di Nagorno-Karabakh, Armenia. Peristiwa tersebut terjadi karena Azerbaijan ingin mencaplok kawasan Shusha dari Armenia. Pembantaian tersebut kini dikenang dengan sebutan Pembantaian Shusha.

1922

Kepala Kantor Pos Amerika Serikat (AS) mewajibkan semua rumah di AS memiliki kotak surat. Hal itu dianggap dapat memudahkan para pengantar surat.

1933

Friedrich Wilheim von Pritwitz dan Gaffron dipecat dari jabatannya sebagai duta besar Jerman untuk Amerika Serikat (AS) dan digantikan Hanz Luther. Kedua orang tersebut dipecat karena memiliki pandangan politik yang berbeda dengan pemimpin Jerman Adolf Hitler.

1939

Jerman berhasil merebut kawasan Memel di timur Kerajaan Prusia dari tangan Lithuania. Namun kekuasaan Jerman di Memel tak bertahan lama. Jerman lantas mengembalikan kawasan tersebut kepada Kerajaan Prusia.

1970

Para anggota House of Representatives atau DPR di negara bagian South Carolina, Amerika Serikat (AS) menyuarakan perlawanan terhadap praktik diskriminasi di AS. Upaya ini dilakukan untuk membantu memberikan keadilan untuk orang-orang Yahudi dan kaum minoritas lainnya di AS.

1972

Para pejabat negara dari Inggris dan Irlandia melakukan pertemuan untuk menghentikan perang di Irlandia Utara antara dua negara tersebut.

2004

Pemimpin Gerakan Hamas Ahmed Yassin dan dua pengawalnya tewas di tangan tentara Israel di Jalur Gaza. Ahmed Yassin tewas setelah terkena rudal milik Angkatan Udara Israel.

Kota Prizren yang pernah menjadi ibu kota Serbia. (Wikipedia.org)
Kota Prizren yang pernah menjadi ibu kota Serbia. (Wikipedia.org)

2008

Ajudan dari Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan Rusia siap berperang untuk menjadikan Kosovo yang merdeka kembali menjadi milik Serbia. Pernyataan tersebut disambut gembira para pejabat Serbia.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho