SOLOPOS.COM - Adolf Hitler. (Reuters)

Solopos.com, SOLO — Pada 22 April 1945, Pemimpin Jerman Adolf Hitler mengakui kekalahannya dalam Perang Dunia II setelah pasukan Sekutu berhasil membombardir Jerman.

Adolf Hitler yang mengakui kekalahan di Perang Dunia II merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-112—hari ke-113—dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 22 April.

Promosi Kisah Agen Mitra UMi di Karawang: Penghasilan Bertambah dan Bantu Ekonomi Warga

Selain Hitler yang mengaku kalah dalam Perang Dunia II, banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 22 April.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, selain Adof Hitler yang kalah dalam Perang Dunia II, pada 22 April yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 22 April:

1529

Perjanjian Saragosa ditandatangani Spanyol dan Portugal. Perjanjian tersebut membagi belahan timur Bumi antara Spanyol dan Portugal dengan batas yang berada di sebelah timur Kepulauan Maluku. Sesuai perjanjian itu, Spanyol diharuskan meninggalkan Maluku.

Vladimir Lenin. (Wikipedia.org)
Vladimir Lenin. (Wikipedia.org)

1870

Vladimir Lenin lahir dengan nama lengkap Vladimir Ilyich Ulyanov di Simbirsk, Kekaisaran Rusia. Ia lantas dikenal sebagai revolusioner komunis, politikus, dan penggagas teori politik. Nama Lenin sebenarnya adalah nama samaran yang diambil dari nama Sungai Lena di Siberia. Lenin berhaluan politik Marxis dan telah ikut menyumbangkan gagasan politiknya dalam pemikiran Marxis yang disebut sebagai Leninisme. Gagasannya itu kerap digabungkan dengan teori ekonomi Marx yang kemudian dikenal dengan sebutan Marxisme–Leninisme.

1915

Jerman untuk kali pertama menggunakan gas beracun dalam Perang Dunia I demi mengalahkan lawannya. Kota Ypres di Belgia adalah kawasan yang menjadi sasaran Jerman dalam penggunaan gas beracun untuk kali pertama itu.

1945

Pemimpin Jerman Adolf Hitler mengakui kekalahannya dalam Perang Dunia II setelah pasukan Sekutu berhasil membombardir Jerman. Ia diyakini melakukan bunuh diri di sebuah tempat bernama Fuhrerbunker di Kota Berlin. Namun, beberapa kalangan masih meragukan bahwa Hitler tewas bunuh diri di Fuhrerbunker.

1952

Untuk kali pertama, pengujian bom atom yang dilakukan Amerika Serikat (AS) ditayangkan secara langsung melalui siaran televisi. Pengujian bom atom itu dilakukan di Yucca Flat, Nevada. Bom atom yang diuji lebih besar dibanding yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki pada Perang Dunia II.

Vladimir Lenin. (Wikipedia.org)
Vladimir Lenin. (Wikipedia.org)

1961

Pemimpin Uni Soviet Nikita Khrushchev mengecam Invasi Teluk Babi yang dilakukan para pemberontak untuk menggulingkan Fidel Castro sebagai presiden Kuba. Khrushchev juga secara terang-terangan menyatakan pihak Amerika Serikat (AS) sebagai pihak yang bertanggung jawab atas pemberontakan di Kuba itu.

1970

Hari Bumi untuk kali pertama diperingati di Amerika Serikat (AS). Beberapa tahun kemudian, beberapa negara lain juga memperingati Hari Bumi pada 22 April. Pada 1990, tercatat ada 141 negara yang memperingati Hari Bumi pada 22 April. Kini, Hari Bumi diperingati di lebih dari 175 negara dan dikoordinasi secara global oleh Earth Day Network atau Jaringan Hari Bumi.

1982

Ricardo Izecson dos Santos Leite lahir di Gama, Brasil. Ia kini lebih akrab disapa Kaka dan dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah merumput bersama dua klub besar di Eropa, yakni AC Milan dan Real Madrid. Ia kini bermain untuk klub sepak bola di Amerika Serikat (AS), yakni Orlando City.

1983

Majalah Jerman Barat, Stern, menerbitkan buku yang diklaim sebagai buku harian milik Adolf Hitler. Namun beberapa ahli menyatakan bahwa isi buku yang ditebitkan itu bukanlah catatan harian milik Adolf Hitler.

1994

Presiden ke-37 Amerika Serikat (AS) Richard Nixon meninggal dunia pada usia 81 tahun. Jasadnya dimakamkan di samping istrinya, Pat Nixon, di halaman Perpustakaan Kepresidenan Richard Nixon di Yorba Linda, California.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya