Hari Ini Dalam Sejarah: 20 Februari 1992, Liga Premier Inggris Dibentuk
Logo Liga Premier Inggris saat ini. (Liputan6.com)

Solopos.com, SOLO — Konsep baru kompetisi di Inggris, yakni Liga Premier Inggris, dibentuk, 20 Februari 1992.

Peristiwa itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 20 Februari. Selain itu, masih banyak peristiwa bersejarah pada 20 Februari yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 20 Februari, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 20 Februari.

1547
Edward VI secara resmi dinobatkan sebagai pemimpin Kerajaan Inggris pada usianya yang baru menginjak sembilan tahun. Edward VI menggantikan ayahnya, Henry VIII, yang meninggal dunia pada 28 Januari 1547. Edward VI adalah raja ketiga dari Dinasti Tudor dan pemimpin Inggris pertama yang beragama Kristen Protestan.

Manuel Belgrano. (Wikipedia.org)
Manuel Belgrano. (Wikipedia.org)

1813
Pasukan pejuang kemerdekaan Argentina yang dipimpin Manuel Belgrano berhasil mengalahkan pasukan Peru pimpinan Juan Pio de Tristan dalam Pertempuran Salta. Juan Pio de Tristan adalah pangeran Spanyol yang pada saat itu menguasai Peru bagian selatan.

1865
Perang Uruguay antara Partai Blanco yang menguasai pemerintahan di Uruguay dan Parta Kolorado yang ingin menjatuhkan partai penguasa pemerintahan berakhir. Perang tersebut berlangsung selama lebih dari enam bulan dan berakhir dengan kemenangan Partai Kolorado yang dibantu Kekaisaran Brasil dan Argentina.

1933
Pemimpin Jerman Adolf Hitler melakukan pertemuan rahasia dengan para industrialis di Berlin, Jerman. Tujuan pertemuan rahasia itu adalah untuk mengumpulkan dana sebagai dana kampanye untuk memenangkan Partai Nazi pada pemilihan umum di Jerman.

1944
Pasukan Sekutu memulai penyerangan terhadap beberapa pusat industri pesawat di Jerman. Penyerangan yang disebut dengan Big Week itu berlangsung selama enam hari. Sekutu melancarkan serangan ke pusat-pusat industri pesawat di Jerman demi melumpuhkan Angkatan Udara Jerman dan berharap mampu memenangi Perang Dunia II dengan lebih cepat.

1944
Pasukan Amerika Serikat (AS) berhasil merebut Atol Enewetak di Samudera Pasifik dari cengkeraman Jepang. Kekuasaan AS di Atol Enewetak berlangsung sampai 1986 sebelum akhirnya atol tersebut menjadi wilayah kekuasaan Kepulauan Marshall.

Kurt Donald Cobain. (Liputan6.com)
Kurt Donald Cobain. (Liputan6.com)

1967
Kurt Donald Cobain lahir di Aberdeen, Washington, Amerika Serikat (AS). Namanya kemudian dikenal sebagai vokalis, gitaris, dan penulis lagu dalam grup band beraliran grunge, Nirvana. Cobain meninggal dunia saat ia sedang berada di puncak kariernya dan pada usia yang masih muda, yakni 27 tahun.

1988
Robyn Rihanna Fenty dilahirkan di Saint Michael, Barbados. Kini, namanya terkenal sebagai penyanyi, penulis lagu, aktris, model, sekaligus produser musik dengan nama panggung Rihanna dan berkarier di Amerika Serikat (AS). Wanita yang dikenal dengan suara khasnya itu merupakan salah satu penyanyi AS terkaya dengan harta mencapai US$230 juta.

1991
Patung mantan diktator Albania, Enver Hoxha, yang berukuran sangat besar dan terletak di ibu kota Albania, Tirana, dihancurkan oleh para demonstran. Enver Hoxha adalah pemimpin Albania yang menjabat dari 1941 hingga akhir hayatnya pada 1985.

1992
Football Association (FA) atau Asosiasi Sepak Bola Inggris membentuk format baru untuk kompetisi sepak bola kasta teratas di Inggris dengan nama FA Premier League—yang sekarang dikenal dengan nama English Premier League atau Liga Premier Inggis—dengan jumlah anggota sebanyak 22 klub. Sebelumnya, kompetisi sepak bola kasta teratas di Inggris bernama Liga Sepak Bola Divisi Pertama dan memiliki sistem berbeda dengan yang digunakan sejak 1992 hingga kini.

Sumber: Wikipedia.org, Thepeoplehistory.com, Brainyhistory.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho