SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi didampingi Menkes Terawan mengumumkan kasus pertama Covid-19 di Indonesia, pada 2 Maret 2020 (Antara)

Solopos.com, SOLO — Tepat setahun yang lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Kesehatan (Menkes) saat itu, Terawan Agus Putranto di Istana Kepresidenan mengumumkan kasus pertama Covid-19 di Indonesia, pada 2 Maret 2020.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-61—hari ke-62 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 2 Maret.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 1 Maret yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 1 Maret:

1836

Texas meraih kemerdekaan penuh dari Meksiko. Wilayah Texas menjadi negara berdaulat yang berdiri sendiri dengan nama Republik Texas. Pada 1846, Texas resmi menjadi salah satu negara bagian di Amerika Serikat (AS).

1855

Aleksandr II dari Rusia dikenal juga sebagai Aleksandr sang Pembebas.Lahir di Moskwa, ia adalah anak tertua dari Nikolai I dan Charlotte dari Prusia, putri Frederick William III dari Prusia dan Louise dari Mecklenburg-Strelitz.

Aleksandr II adalah Kaisar Rusia yang berkuasa dari 2 Maret 1855 hingga pembunuhannya pada tahun 1881. Ia juga adalah Raja Polandia dan Pangeran Agung Finlandia.

1917

Kasiar Rusia atau Tsar, Nicholas II, dipaksa turun tahta oleh rakyatnya karena telah memerintah para penjaga untuk menembak mati para demonstran yang berunjuk rasa di depan Istana. Turunnya Tsar Nicholas II ini sekaligus mengakhiri kekuasaan Dinasti Romanov di Rusia yang telah berlangsung selama 300 tahun.

1931

Mikhail Gorbachev lahir di Stavropol, Rusia dengan nama lengkap Mikhail Sergeyevich Gorbachev pada 2 Maret. Ia lantas dikenal luas sebagai pemimpin Uni Soviet periode 1985 hingga 1991. Pada masa pemerintahannya, Gorbachev melakukan perubahan besar-besaran dalam sistem perekonomian dan politik yang secara langsung maupun tidak langsung memicu bubarnya Uni Soviet.

1939

Eugenio Maria Giuseppe Giovanni Pacelli resmi dilantik menjadi pemimpin Gereja Katolik Roma atau paus dan menyandang nama Paus Pius XII menggantikan paus sebelumnya, Paus Pius XI. Paus Pius XII memimpin Gereja Katolik Roma hingga akhir hayatnya pada 9 Oktober 1958 dan digantikan Paus Yohanes XXIII.

Nguyen Sinh Cung alias Ho Chi Minh. (Wikipedia.org)
Nguyen Sinh Cung alias Ho Chi Minh. (Wikipedia.org)

1946

Nguyen Sinh Cung atau yang dikenal dengan nama Ho Chi Minh dilantik sebagai Presiden Vietnam Utara pada 2 Maret. Ia berjasa dalam penggabungan Vietnam Utara dan Vietnam Selatan. Ho Chi Minh memimpin serangan ke Vietnam Selatan yang kala itu diduduki Amerika Serikat (AS). Serangan ke Vietnam Selatan itu dikenal dengan sebutan Viet Cong. Ibu Kota Vietnam, Saigon, diubah namanya menjadi Kota Ho Chi Minh untuk mengenang jasa-jasanya.

1949

Lampu penerangan jalan otomatis pertama di Amerika Serikat (AS) dipasang di Kota New Milford, Negara Bagian Connecticut. Sebelum itu, semua lampu penerangan jalan di AS dinyalakan dan dimatikan secara manual.

KH Zainuddin MZ (Suara.com)
KH Zainuddin MZ (Suara.com)

1951

K.H. Zainuddin Hamidi atau dikenal sebagai K.H. Zainuddin MZ lahir di Jakarta, 2 Maret 1952. Ia adalah pemuka agama Islam yang populer melalui ceramah-ceramahnya . Julukannya adalah "Dai Sejuta Umat" karena dakwahnya menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Zainuddin MZ meninggal di Jakarta, 5 Juli 2011.

1958

Bandara Internasional Beijing, Tiongkok resmi dibuka. Kini, Bandara yang terletak di ibu kota Tiongkok itu menjadi bandara tersibuk ke-2 di dunia.

1969

Pesawat supersonik hasil kerja sama antara Inggris dan Prancis yang dinamai Concrode melakukan penerbangan pertamanya dan berhasil menembus kecepatan 300 mil per jam. Tujuh tahun kemudian, Concrode memulai penerbangan komersial pertama untuk menyeberangi Samudra Atlantik.

Kapal Uni Soviet dengan meriam air melawan nelayan China di Sungai Ussuri, 6 Mei 1969. (Wikipedia.org)
Kapal Uni Soviet dengan meriam air melawan nelayan China di Sungai Ussuri, 6 Mei 1969. (Wikipedia.org)

1969

Pertempuran yang melibatkan dua kekuatan komunis terkuat di dunia, Uni Soviet dan Tiongkok, meletus di Sungai Ussuri, sebelah timur Uni Soviet. Pertempuran itu disebabkan masalah perbatasan antara kedua negara.

2020

Tepat setahun yang lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Kesehatan (Menkes) saat itu, Terawan Agus Putranto di Istana Kepresidenan mengumumkan kasus pertama Covid-19 di Indonesia, pada 2 Maret 2020.



Dua pasien pertama Covid-19 di Indonesia diketahui sebagai seorang ibu, 64 dan anak perempuannya, 31, mereka warga Depok, Jawa Barat. Anak perempuannya sempat berdansa di Jakarta dengan warga negara Jepang. Belakangan warga negara Jepang tersebut terkonfirmasi positif Covid-19

2006

Presiden Amerika Serikat (AS) Geroge W. Bush dan Presiden India Manmohan Singh menandatangani kerja sama dalam bidang nuklir di New Delhi, India. Kedua negara sepakat untuk saling terbuka dan memberikan informasi serta fasilitas dalam usaha pengembangan nuklir.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya