Tutup Iklan
Hari Ini Dalam Sejarah: 2 Juli 1976, Vietnam Utara Klaim Kuasai Vietnam Selatan
Perayaan hari penyatan Vietnam. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Vietnam Utara menyatakan telah menguasai Vietnam Selatan sepenuhnya pada 2 Juli 1976.

Klaim Vietnam Utara atas Vietnam Selatan merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 2 Juli

Selain klaim Vietnam Utara atas Vietnam Selatan, masih banyak peristiwa bersejarah pada 2 Juli yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 2 Juli, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1555

Laksamana Angkatan Laut Kesultanan Ottoman, Dragut, memimpin pasukannya untuk menyerang Kota Paola di bagian selatan Italia. Kesultanan Ottoman kemudian berhasil menguasai kota tersebut melalui serangan yang dipimpin Dragut itu.

1561

Pasukan Etiopia pimpinan Raja Menas berhasil mengalahkan pasukan pemberontak yang dipimpin Tazkaro di Emfras, Etiopia bagian utara. Tazkaro lantas ditangkap dan dijatuhi hukuman mati dengan cara dilempari batu hingga tewas.

1853

Pasukan Kekaisaran Rusia melintas Sungai Pruth untuk menuju wilayah Kerajaan Moldavia dan Wallachia. Tujuan pasukan Kekaisaran ke dua kerajaan tersebut adalah memberikan provokasi-provokasi yang memicu meletusnya Perang Krimea.

1934

Beberapa orang anggota Partai Nazi yang dianggap telah mengkhianati Adolf Hitler dijatuhi hukuman mati. Sebelumnya, beberapa orang itu hanya menjalani persidangan selama tiga menit dan langsung dieksekusi mati.

1945

Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) menjatuhkan lebih dari 1.000 ton bahan peledak di empat wilayah di Jepang. Hampir 600 unit pesawat pengebom B-29 Superfortresses dilibatkan dalam serangan yang dimulai saat pagi buta itu. Wilayah yang dibombardir antara lain Pangkalan Angkatan Laut di Kure, Pelabuhan Shimonoseki, Kota Ube, dan Kota Kumamato.

1966

Tiga kapal torpedo milik tentara Vietnam Utara tenggelam setelah diserang pesawat tempur milik Amerika Serikat (AS). Sebelumya, tiga kapal torpedo milik Vietnam Utara itu sejatinya hendak menyerang kapal perusak milik AS.

1961

Ernest Miller Hemingway tewas bunuh diri dengan menembakkan senapan ke kepalanya saat usianya sudah 61 tahun. Semasa hidupnya, Ernest dikenal luas sebagai seorang novelis ternama sekaligus jurnalis di Amerika Serikat (AS). Ia pernah memperoleh Penghargaan Nobel dalam Sastra pada 1954.

1976

Vietnam Utara menyatakan telah menguasai Vietnam Selatan sepenuhnya. Pihak Vietnam utara juga mendeklrasikan penyatuan Vietnam Utara dan Vietnam Selatan dengan nama Republik Sosialis Vietnam.

2001

Film The Fast and The Furious resmi dirilis di Amerika Serikat (AS). Film tersebut langsung menempati peringkat pertama di pekan pertamanya. Film ini terhitung sukses, terbukti dengan masih terus berlanjutnya film tersebut dalam berbagai seri dan masih digandrungi penggemar film hingga kini.

2013

Gempa bumi berkekuatan 6,1 skala richter mengguncang Aceh, Indonesia. Gempa itu menewaskan 39 orang dan melukai lebih dari 400 orang. Lebih dari 3.000 rumah hancur karena guncangan tersebut.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho