Hari Ini Dalam Sejarah : 2 Desember 1915 Albert Einstein dan Teori Relativitas Umum
Albert Einstein mempublikasikan teori relativitas umum. (wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO – Albert Einstein mempublikasikan teorinya mengenai relativitas umum pada 2 Desember 1915. Fisikawan teoretis kelahiran Jerman ini mengembangkan teori relativitas, satu dari dua pilar utama fisika modern. Karya-karyanya juga dikenal karena berpengaruh terhadap filsafat ilmu.

Albert Einstein dan teorinya merupakan salah satu peristiwa pada hari ke 336 - ke-337 dalam tahun kabisat dalam kalender Gregorian dengan 29 hari menjelang akhir tahun.

Selain Albert Einstein ada juga Napoleon Bonaparte, serta sejumlah peristiwa bersejarah lainnya, seperti dikutip Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, Hari Ini Dalam Sejarah, 2 Desember.

1547

Hernán Cortés petualang dan penjajah dari Spanyol meninggal dunia pada 2 Desember. Lahir dalam keluarga bangsawan kecil pada tahun 1485 di Medellin, Spanyol, Cortès menuntut ilmu selama dua tahun di Universitas Salamanca. Pada usia 19 tahun meninggalkan Spanyol demi mencari keuntungan di benua sebelah barat yang baru saja diketemukan. Pada tahun 1504 ia tiba di Hispaniola lalu menjadi seorang kolonis di sana. Tahun 1511 dia ikut serta dalam penaklukan Spanyol terhadap Kuba.

1804

Napoleon Bonaparte secara resmi menobatkan dirinya sendiri sebagai Kaisar Prancis. Ian lantas memimpin Prancis hingga 1814 sebelum kemudian diasingkan. Setelah kembali dari pengasingan, Napoleon sempat kembali mempin Prancis pada 1815 selama tiga bulan.

1915

Albert Einstein mempublikasikan teorinya mengenai relativitas umum pada 2 Desember 1915. Albert Einstein adalah fisikawan teoretis kelahiran Jerman yang mengembangkan teori relativitas, satu dari dua pilar utama fisika modern. Karya-karyanya juga dikenal karena berpengaruh terhadap filsafat ilmu.

1942

Sebuah tim menghasilkan reaksi berantai nuklir mandiri buatan pertama dengan reaktor eksperimental Chicago Pile-1 (CP-1) di lapangan raket di bawah bangku lapangan Stagg di Universitas Chicago . Eksperimen di Universitas Chicago adalah bagian dari Laboratorium Metalurgi Proyek Manhattanyang kemudian berganti nama menjadi Laboratorium Nasional Argonne , dan bertugas melakukan penelitian dalam memanfaatkan fisi untuk energi nuklir.

Percobaan Nuklir Pertama Amerika Serikat (wikipedia.org)

1971

Uni Emirat Arab (UEA) adalah sebuah negara federasi dari tujuh emirat yang kaya akan minyak bumi. Pada awal terbentuk, 2 Desember 1971 ada enam dari negara yang bergabung, yakni Abu Dhabi, Ajman, Fujairah, Sharjah, Dubai, dan Umm al-Qaiwain - bergabung untuk mendirikan Uni Emirat Arab. Kemudian 1972, Ras al-Khaimah ikut bergabung di UEA.

1973

Monica Seles petenis dunia lahir di Novi Sad, Serbia (dulu Yugoslavia) dari orang tua berketurunan Hongaria. Ia kemudian menjadi warga negara Amerika Serikat pada tahun 1994. Dia menjadi juara termuda Prancis Terbuka 1990 pada usia 16 tahun. Dia menjadi pemain yang dominan pada tahun 1991 dan 1992.

1981

Britney Jean Spears lahir di Mc Comb, Mississippi, Amerika Serikat (AS) pada 2 Desember 1981. Namanya lantas dikenal luas sebagai penyanyi pop kondang di dunia hiburan internasional. Britney memulai kariernya sebagai penyanyi pada 1992 dan mulai melucurkan single pada 1999.

Penyanyi Britney Spears (wikipedia.org)

1988

Benazir Bhutto dilantik sebagai perdana menteri di Pakistan dan dengan ini sebagai perdana menteri wanita pertama di sebuah negara Islam. tetapi 20 bulan kemudian ia digulingkan oleh presiden negara itu yang didukung militer, Ghulam Ishaq Khan.

2010

Penentuan tuan rumah Piala Dunia melalui hasil voting. Pada putaran kedua, Rusia mendulang 13 suara, diikuti Portugal dengan 7 suara dan Belgia/Belanda yang kehilangan 2 suara di putaran pertama, menjadi hanya memperoleh 2 suara. Dengan suara lebih dari 50 persen, maka Presiden FIFA, Sepp Blatter, mengumumkan Rusia sebagai tuan rumah pada 2 Desember 2010.

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom