Tutup Iklan -->
Hari Ini Dalam Sejarah: 2 April 1979, Antraks Mulai Serang Manusia
Foto Mikro bakteri Bacillus anthracis yang menyebabkan antraks. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Peristiwa ber-sejarah, yakni saat wabah antraks pertama ditemukan menyerang manusia terjadi di Ekaterinburg, Rusia pada 2 April 1979.

Antraks yang mulai menyerang manusia itu merupakan salah satu peristiwa ber-sejarah pada 2 April.

Selain antrak menyerang manusia, masih banyak peristiwa ber-sejarah pada 2 April yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 2 April, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1513

Seorang penjelajah asal Spanyol, Juan Ponce de Leon, tiba di wilayah yang kini dikenal dengan nama Florida, di Amerika Serikat (AS). Wilayah tersebut memang menjadi tujuan utama Juan Ponce de Leon.

Ilustrasi perjalanan Cornelis de Houtman. (Historiek.net)
Ilustrasi perjalanan Cornelis de Houtman. (Historiek.net)

1595

Tim ekspedisi dari Belanda yang dipimpin Cornelis de Houtman berangkat menuju kawasan Hindia. Dari perjalanan itu, Cornelis de Houtman berhasil menemukan wilayah Indonesia sebagai sumber rempah-rempah yang lantas membuat Belanda mulai menguasai Indonesia.

1801

Dua belas kapal perang Inggris yang dikomandani oleh Horatio Nelson terlibat pertempuran dengan kapal perang milik Denmark di perairan dekat Kopenhagen, Denmark. Bentrokan antara dua angkatan laut tersebut dikenang dengan nama Pertempuran Kopenhagen.

1917

Presiden Amerika Serikat (AS) Woodrow Wilson menginginkan Kongres AS segera menyutujui untuk segera mendeklarasikan keterlibatan AS dalam Perang Dunia I untuk melawan Jerman. Wilson berdalih keikutsertaan AS dalam Perang Dunia I akan mempercepat terciptanya kedamaian di dunia.

1974

Presiden Prancis Georges Pompidou meninggal dunia karena penyakit waldenstrom macroglobulinemia. Georges Pompidou menjabat sebagai Presiden Prancis sejak 1969. Ia meninggal saat masa jabatannya belum berakhir.

1979

Wabah antraks untuk kali pertama ditemukan menyerang manusia Ekaterinburg, Rusia. Sebanyak 62 orang yang tinggal di kawasan tersebut tewas setelah terkena wabah antraks.

1982

Pasukan Argentina menginvasi Kepulauan Falkland di sebelah timur negara tersebut. Argentina berusaha merebut kepulauan tersebut dari tangan Inggris karena wilayahnya yang sangat dekat dengan Argentina. Namun perjuangan itu sia-sia setelah Inggris berhasil mengusir pasukan Argentina dari kepulauan Falkland.

Mikhail Gorbachev. (Reuters)
Mikhail Gorbachev. (Reuters)

1989

Pemimpin Uni Soviet Mikhail Gorbachev mengunjungi Kuba untuk bertemu dengan Fidel Castro. Dalam pertemuan itu, Gorbachev menyatakan sudah tak mampu memberikan bantuan kepada Kuba dalam bidang ekonomi karena Uni Soviet sedang mengalami krisis.

2005

Karol Jozef Wojtyla atau yang lebih dikenal dengan nama Paus Yohanes Paulus II meninggal dunia pada usia 85 tahun. Ia diangkat menjadi paus pada 1978 saat berusia 58 tahun. Setelah wafat, ia digantikan Joseph Alois Ratzinger yang lantas menyandang nama Paus Benediktus XVI.

2008

Hari Keprihatinan Autisme Sedunia untuk kali pertama diperingati. Majelis Umum PBB menetapkan Tanggal 2 April sebagai Hari Keprihatinan Autisme Sedunia pada pada 18 Desember 2007. Melalui Hari Peduli Autisme Sedunia, PBB mengimbau semua negara anggotanya untuk mengambil langkah yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap autisme di kalangan masyarakat.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho