Hari Ini Dalam Sejarah: 19 Maret 2003, Amerika Serikat Umumkan Operasi Kebebasan Irak
Pasukan Amerika Serikat menggiring tahanan perang selama Operasi Kebebasa Irak, 21 Maret 2003. (Wikipedia)

Solopos.com, SOLO — Presiden Amerika Serikat George W Bush mengumumkan telah mengirim pasukan militernya ke Irak untuk menjalankan Operation Iraqi Freedom atau Operasi Kebebasan Irak, 19 Maret 2003.

Selain pengumuman Amerika Serikat terkait Operasi Kebebasan Irak, masih banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada 19 Maret.

Berikut rangkuman Hari Ini Dalam Sejarah, 19 Maret, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1916

Amerika Serikat (AS) untuk kali pertama menggunakan pesawat tempur dalam sebuah pertempuran. Delapan pesawat tempur dikerahkan AS untuk melindungi 7.000 tentaranya yang menginvasi Meksiko dengan alasan mencari seorang revolusioner Meksiko bernama Pancho VIlla.

1921

Salah satu pertempuran terbesar dalam Perang Kemerdekaan Irlandia meletus di Crossbarry, Provinsi Cork. Lebih dari 1.300 tentara Inggris mengepung kota tersebut untuk mengalahkan pasukan Irish Republican Army (IRA) atau Tentara Republik Irlandia yang hanya berjumlah ratusan tentara.

Sydney Harbour Bridge. (Reuters)
Sydney Harbour Bridge. (Reuters)

1932

Jembatan Sydney Harbour Bridge di Sidney, Australia resmi dibuka. Kala itu, Sydney Harbour Bridge menjadi jembatan terpanjang keempat di dunia.

1945

Tentara Jepang menyerang kapal induk milik Amerika Serikat (AS), USS Franklin, yang berada di Samudera Pasifik dekat Jepang menggunakan pesawat tempur. Sekitar 714 awak kapal tewas dalam serangan tersebut.

1953

Academy Awards atau Piala Oscars untuk kali pertama ditayangkan di televisi dan dipandu Bob Hope. Sebelumnya, Piala Oscars hanya disiarkan melalui radio.

1970

Para petinggi negara Jerman Timur dan Jerman Barat untuk kali pertama menggelar sebuah pertemuan. Jerman terpecah menjadi dua bagian pada 1949 menyusul kekalahan yang dialami pada Perang Dunia II.

Kolo Habib Toure. (Liverpoolfc.com)
Kolo Habib Toure. (Liverpoolfc.com)

1981

Kolo Habib Toure atau lebih dikenal dengan panggilan Kolo Toure lahir di Bouake, Pantai Gading. Ia kini dikenal sebagai pemain sepak bola yang pernah merumput di tiga klub sepak bola besar di Inggris, yakni Arsenal, Manchester City, dan Liverpool. Sebelum pensiun pada 2017, Kolo Toure sempat bermain untuk klub sepak bola di Skotlandia, Celtic F.C, sejak 2016.

2003

Presiden Amerika Serikat George W Bush mengumumkan telah mengirim pasukan militernya ke Irak untuk menjalankan Operation Iraqi Freedom atau Operasi Kebebasan Irak. Bush beralasan mengirim pasukannya demi membebaskan Irak dari cengkeraman Saddam Hussein. Selain itu, Bush juga beralasan invasi militer AS ke Irak itu bertujuan untuk mencari senjata pemusnah massal yang dikembangkan Irak.

2012

Seorang pria bernama Mohammed Merah menembaki sejumlah orang di sekolah Yahudi di Toulouse, Prancis. Merah mengaku melakukan serangan terebut untuk membalas kekejaman yang ia anggap telah dilakukan tentara Yahudi Israel kepada anak-anak Palestina. Seorang guru dan tiga orang siswa tewas dalam serangan tersebut.

2014

Sebuah bom yang dikubur semasa Perang Dunia I di Kota Ypers, Belgia meledak dan menewaskan dua orang. Kota Ypers memang menjadi lokasi dari banyak pertempuran besar semasa Perang Dunia I, maka tak heran jika banyak senjata ataupun bahan peladak yang terkubur di sejumlah area di kota tersebut.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho