SOLOPOS.COM - Infantri Prusia saat Pertempuran Spicheren dalam Perang Prancis Prusia. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Prancis mendeklarasikan perang terhadap Rusia dan memicu pecahnya Perang Prancis-Prusia pada 19 Juli 1870.

Meletusnya Perang Prancis-Prusia merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 16 Juli.

Promosi Viral Dibanggakan Presiden Jokowi di Acara BRI, Ini Kisah UMKM Mama Muda

Selain Perang Prancis-Prusia, masih banyak peristiwa bersejarah pada 16 Juli yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 16 Juli, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

711

Pertempuran Guadalete yang melibatkan pasukan Kekhalifahan Umayyah pimpinan Tariq bin Ziyad dan pasukan Kerajaan Visigothic yang dipimpin Raja Roderic meletus di dekat Sungai Guadalete, Semenanjung Iberia. Sekitar 7.000 hingga 12.000 tentara Kekhalifahan Umayyah berhasil mengalahkan pasukan Kerajaan Visigothic yang berjumlah sekitar 20.000 hingga 50.000 orang.

Ekspedisi Mudik 2024

939

Pasukan Kekhalifahan Kordoba pimpinan Abdurrahman III dikalahkan pasukan Kerajaan Kerajaan Leon yang dipimpin Raja Ramiro III dalam Pertempuran Simancas, di Simancas, Spanyol. Pertempuran itu dipicu perebutan wilayah Douro antara dua kerajaan tersebut.

998

Pertempuran Apamea meletus di dekat Apamea, Suriah. Pertempuran itu melibatkan pasukan Kekhalifahan Fatimiyah dan pasukan Kekaisaran Bizantium. Pasukan Keekhalifahan Umayyah berhasil memenangi pertempuran tersebut. Pertempuran Apamea adalah salah satu pertempuran yang terjadi pada masa Perang Arab-Bizantium yang berlangsung sejak 634 hingga 1050-an.

1870

Prancis mendeklarasikan perang terhadap Prusia. Deklarasi itu menjadi awal Perang Prancis-Prusia yang berlangsung hingga 1871. Perang tersebut akhirnya berhasil dimenangi pihak Prusia.

1916

Pasukan Australia dan Inggris menyerang pasukan Jerman di Fromelles, Prancis dan memicu meletusnya Pertempuran Formelles. Pertempuran itu adalah rencana pasukan Australia dan Inggris untuk mengalihkan perhatian pasukan Jerman yang telah menduduki Kota Somme, Prancis. Sayangnya, usaha pasukan Australia dan Inggris itu sia-sia karena kalah dalam Pertempuran Formelles dan gagal merebut Kota Somme dari Jerman.

1940

Armada Angkatan Laut Italia dan Inggris bentrok dalam Pertempuran Tanjung Spada di sebelah barat Pulau Kreta. Dalam pertempuran itu, Inggris berhasil mengalahkan Italia. Salah satu kapal penjelajah milik Italia, Bartolomeo Colleoni, tenggelam dan menyebabkan 121 orang tewas. Sedangkan dari kubu Inggris tak ada satu pun kapal yang tenggelam.

1943

Untuk kali pertama, pasukan Sekutu mengebom Kota Roma di Italia. Pengeboman Kota Roma adalah serangan yang kontroversial karena di dalam Kota Roma ada Vatikan yang notabene adalah negara netral dan dianggap sebagai pusat umat Katolik.

1947

Brian Harold May lahir di Hampton, London, Inggris. Kini, ia dikenal sebagai gitaris yang tergabung dalam grup band legendaris, Queen. Meskipun sudah berusia 70 tahun, May masih kerap tampil di atas panggung bersama Queen.

1972

Pertempuran Mirbat terjadi di Kota Mirbat, Oman. Pertempuran itu melibatkan pasukan Kesultanan Oman dan pasukan pemberontak yang ingin menggulingkan pemerintahan Kesultanan Oman. Pertempuran yang hanya berlangsung sehari itu berhasil dimenangi pasukan Kesultanan Oman.

1991

Petinju Mike Tyson dituduh telah melakukan pemerkosaan terhadap seorang kontestan Miss Black America, Desiree Washington, di sebuah kamar hotel di Indianapolis, Indiana, Amerika Serikat (AS). Setelah menjalani persidangan hingga Februari 1992, Tyson dijatuhi hukuman enam tahun kurungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya