Kepulauan Paracel. (Reuters)

Solopos.com, SOLO — China berhasil merebut Kepulauan Paracel dari Vietnam, 19 Januari 1974. Keberhasilan itu diraih setelah China mengalahkan pasukan Vietnam dalam pertempuran selama dua hari.

Peristiwa itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 19 Januari. Berikut rangkuman Hari Ini Dalam Sejarah, 19 Januari, yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

379
Kaisar Romawi, Gratianus, mengangkat Theodosius I sebagai kaisar di Romawi Timur. Setelah memimpin Kekaisaran Romawi Timur sampai 392, Theodosius I berhasil menjadi penguasa di seluruh wilayah Kekaisaran Romawi, termasuk Romawi Barat.

649
Pasukan Kucha menyerah kepada pasukan Dinasti Tang pimpinan Ashina She'er yang telah mengepung Kucha selama 40 hari. Penaklukan Kucha itu menegaskan kekuatan Dinasti Tang yang telah memiliki kontrol atas Basin Tarim Utara di Xinjiang, China.

Jose de San Martin. (Wikimedia.org)
Jose de San Martin. (Wikimedia.org)

1817
Sebanyak 5.423 pejuang dari Argentina yang dipimpin Jenderal Jose de San Martin melintasi Pegunungan Andes untuk mencapai Cile dan Peru demi membebaskannya dari cengkeraman Spanyol. Upaya itu tercapai beberapa tahun kemudian dan Jose de San Martin ditetapkan sebagai pemimpin Peru pada 1821.

1871
Dalam Perang Prancis-Prusia, Pasukan Prusia berhasil mengalahkan pasukan Prancis di Saint Quentin dan Saint-Cloud, Prancis. Peristiwa itu merupakan salah satu kekalahan terbesar yang dialami Prancis sepanjang Perang Prancis-Prusia.

1915
Pasukan Angkatan Udara Jerman membombardir Kota Great Yarmouth dan Kota King's Lyn di Inggris dan menewaskan 20 warga sipil. Peristiwa itu merupakan serangan udara pertama yang menyasar warga sipil selama Perang Dunia I.

1917
Gudang amunisi di West Ham, London, Inggris yang menyimpan bahan peledak untuk Perang Dunia I meledak. Peristiwa itu menewaskan 73 orang dan melukai lebih dari 400 orang.

1942
Pasukan Jepang mulai menyerbu Myanmar demi merebutnya dari Inggris yang telah menguasainya sejak 1886. Jepang kemudian berkuasa di Myanmar hingga 1945 sebelum akhirnya direbut kembali oleh Inggris. Myanmar baru merdeka dari Inggris pada 4 Januari 1948.

1945
Pasukan Uni Soviet berhasil membebaskan wilayah Gettho Lodz di Polandia dari pendudukan Jerman. Selama dikuasai Jerman, 204.000 orang Yahudi pernah tinggal di wialyah tersebut, namun hanya 877 orang yang ditemukan hidup dan bersembunyi saat pasukan Uni Soviet tiba.

1974
China berhasil menguasai Kepulauan Paracel setelah mengalahkan pasukan Vietnam dalam pertempuran selama dua hari. Meski demikian, Vietnam masih mengklaim wilayah Kepulauan Paracel hingga kini. Bukan hanya Vietnam, wilayah kepulauan di Laut Cina Selatan itu juga diklaim oleh Taiwan.

Jenson Alexander Lyons Button. (Reuters)
Jenson Alexander Lyons Button. (Reuters)

1980
Jenson Alexander Lyons Button lahir di Frome, Somerset, Inggris. Namanya kemudian dikenal luas sebagai salah satu pembalap di Formula 1 sejak 2000. Sepanjang kariernya, Button berhasil meraih sekali gelar juara dunia pada 2009 silam bersama tim Brawn GP. Button menyatakan pensiun dari Formula 1 pada 2017 lalu meski masih terikat kontrak dengan tim Mc Laren hingga 2018.

Sumber: Wikipedia.org, Thepeoplehistory.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten