SOLOPOS.COM - Pasukan AS dalam Pertempuran Iwo Jima. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 19 Februari 1945, Sekitar 30.000 tentara Amerika Serikat (AS) mendarat di pulau Iwo Jima, Jepang. Tibanya pasukan AS itu kemudian memicu pertempuran yang kini dikenang dengan nama Pertempuran Iwo Jima.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-50 sesuai sistem Kelender Gregorian, 19 Februari.

Promosi BRI Jadi Perusahaan Pertama Penuhi Standar Prisma Versi Kemenkumham

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 19 Februari yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 19 Februari:

1594
Sigismund III Vasa dinobatkan sebagai Raja Swedia, menggantikan ayahnya Johan III. Padahal sebelumnya, Sigismund III Vasa sudah mewarisi takhta Persemakmuran Polandia–Lituania dari ibunya Catherine Jagiellon pada 1587.

1674
Inggris dan Belanda menandatangani Perjanjian Westminster di Westminster, Inggris. Perjanjian itu ditandatangani untuk mengakhiri Perang Inggris-Belanda Ketiga yang berlangsung sejak 1672. Dari perjanjian itu pula, koloni Belanda di Nieuw Amsterdam diserahkan kepada Inggris yang kemudian namanya diganti menjadi New York.

Williams Point di Pulau Livingston, tanah yang ditemukan William Smith pada 19 Februari 1819. (Wikipedia.org)
Williams Point di Pulau Livingston, tanah yang ditemukan William Smith pada 19 Februari 1819. (Wikipedia.org)

1819
Penjelajah Inggris William Smith menemukan di sebelah utara Semenanjung Antartika. Kepulauan yang kemudian dinamai Kepulauan Shetland Utara utara itu kemudian diklaim sebagai milik Kerajaan Inggris di bawah pimpinan Raja George III.

1915
Serangan angkatan laut pertama di Selat Dardanella pada masa Perang Dunia I dimulai. Pasukan Inggris dan Prancis membombardir artileri Kesultanan Ottoman di sepanjang pantai Gallipoli.

1942
Hampir 250 pesawat tempur Jepang menyerang kota Darwin di Australia. Serangan Jepang terhadap salah satu negara anggota Sekutu di masa Perang Dunia II itu mengakibatkan tewasnya 243 orang yang kebanyakan merupakan warga sipil.

1942
Presiden Amerika Serikat (AS) Franklin D. Roosevelt menandatangani Perintah Presiden Nomor 9066 yang mengizinkan militer AS merelokasi warga keturunan Jepang ke beberapa penampungan interniran. Hal itu dilakukan menyusul memanasnya hubungan AS dan Jepang setelah Serangan Pearl Harbour pada 1941.

1945
Sekitar 30.000 tentara Amerika Serikat (AS) mendarat di pulau Iwo Jima, Jepang. Tibanya pasukan AS itu kemudian memicu pertempuran yang kini dikenang dengan nama Pertempuran Iwo Jima. Salah satu pertempuran di masa Perang Dunia II itu berlangsung selama lebih dari sebulan dan berakhir dengan kemenangan AS.

1959
Melalui Perjanjian Zurich dan Perjanjian London, Inggris secara resmi memberikan kemerdekaan kepada Siprus. Namun demikian, kemerdekaan Siprus itu baru diumumkan pada 16 Agustus 1960.

1978
Pasukan Mesir menyerbu Bandara Interansional Larnaca di Sipurs dengan alasan mencegah terjadinya pembajakan pesawat Egypt Air. Penyerbuan Bandara tanpa izin pemerintah Siprus itu garda nasional dan polisi Siprus menembak mati 15 prajurit Mesir dan menghancurkan pesawat angkut Hercules C-130 milik Angkatan Udara Mesir dalam pertempuran terbuka.

Stasiun Luar Angkasa Mir. (Wikipedia.org)
Stasiun Luar Angkasa Mir. (Wikipedia.org)

1986
Uni Soviet meluncurkan stasiun luar angkasa bernama Mir. Stasiun luar angkasa tersebut kemudian dignakan oleh astronot dari beberapa negara selain Uni Soviet. Stasiun Luar Angkasa Mir berhenti beroperasi dan diturunkan kembali ke Bumi pada 23 Maret 2001 karena masalah pendanaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya