Tutup Iklan
Hari Ini Dalam Sejarah: 1885, Patung Liberty Tiba di New York
Patung Liberty. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Patung Liberty tiba di Kota New York, New York, Amerika Serikat (AS) pada 17 Juni 1885. Patung itu setelah menggunakan kapal melintasi Samudera Atlantik selama berhari-hari dari Prancis.

Patung Liberty yang tiba di New York merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 17 Juni.

Selain Patung Liberty yang tiba di New York, masih banyak peristiwa bersejarah pada 17 Juni yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 17 Juni, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1839

Raja Hawaii, Kamehameha III, mengeluarkan kebijakan yang membebaskan orang Katolik beribadah di kawasan yang ia kuasai. Hasilnya, orang-orang Katolik mulai mendirikan gereja di Hawaii.

1864

Gubernur Jenderal Hindia-Belanda Ludolph Anne Jan Wilt Sloet van de Beele meresmikan pembangunan jalur kereta api pertama di Pulau Jawa. Pembangunan alur kereta api pertama di Pulau Jawa tersebut dimulai dari Kota Semarang.

1885

Patung Liberty tiba di Kota New York, New York, Amerika Serikat (AS) setelah diangkut menggunakan kapal melintasi Samudera Atlantik selama berhari-hari dari Prancis. Patung Liberty adalah sebuah hadiah 100 tahun kemerdekaan AS dari pemerintah Prancis. Patung tersebut dirancang oleh Gustave Eiffel—desainer Menara Eiffel—dan dipahat oleh Frederic Auguste Bartholdi.

1940

Setelah Prancis menyerah kepada Jerman, ribuan tentara Prancis kabur ke Inggris. Hal itu dilakukan tentara Prancis demi bergabung dengan pasukan militer Inggris untuk mengusir Jeman dari Prancis.

1940

Kapal penumpang lintas samudera milik Inggris, RMS Lancastria, tenggelam di Saint-Natizaire, Prancis akbiat diserang Angkatan Udara Jerman. Peristiwa itu menewaskan 3.000 orang sehingga menjadi musibah maritim terbesar yang dialami kapal-kapal milik Inggris.

1944

Republik Islandia resmi dibentuk setelah meraih kemerdekaan penuh dari Kerajaan Denmark. Sebelumnya, wilayah Islandia dikuasai Kerajaan Denmark sejak 1382.

1950

Operasi transplantasi ginjal untuk kali pertama berhasil dilakukan di sebuah rumah sakit di Chicago, Amerika Serikat (AS). Operasi itu dipimpin Richard H. Lawler dan berlangsung selama 45 menit.

1967

Untuk kali pertama, Tiongkok berhasil melakukan uji coba bom hidrogen di wilayah Lop Nur sebelah tenggara Xinjiang. Sebelumnya, Tiongkok telah gagal dalam lima kali uji coba bom hidogen.

1974

Pemerintah Australia melaporkan bahwa Prancis meledakkan bom nuklir di Samudera Pasifik. Pemerintah Australia mengecam uji coba bom nuklir yang dilakukan Prancis itu karena khawatir wilayah Australia akan mengalami dampak radioaktif. Meski demikian, pemerintah Prancis tak menggubris protes dari Australia tersebut.

1990

Jordan Brian Henderson lahir di Sunderland, Tyne and Wear, Inggris. Kini, ia menjadi pemain sepak bola yang membela klub besar di Inggris, Liverpool. Henderson dinobatkan sebagai kapten Liverpool pada 2015 silam menyusul pensiunnya sang legenda, Seteven Gerrard.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho