Hari Ini Dalam Sejarah: 18 September 1948, PKI Deklarasikan Republik Soviet Indonesia

Terjadi beragam peristiwa bersejarah di berbagai penjuru dunia pada 18 September, salah satunya adalah deklarasi Republik Soviet Indonesia.

 Pertemuan PKI di Batavia (sekarang Jakarta), 1925. (Wikimedia.org)

SOLOPOS.COM - Pertemuan PKI di Batavia (sekarang Jakarta), 1925. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Partai Komunis Indonesia (PKI) dan organisasi bernama Front Demokrasi Rakyat (FDR) mendeklarasikan pendirian Republik Soviet Indonesia di Madiun, Jawa Timur (Jatim) pada 18 September 1948.

PKI yang mendeklarasikan Republik Soviet Indonesia merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 18 September.

PromosiTien Soeharto Kelahiran Karanganyar, Pencetus Larangan ASN Poligami

Selain deklarasi Republik Soviet Indonesia, masih banyak peristiwa bersejarah pada 18 September yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 18 September yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1454

Pasukan Teutonik berhasil mengalahkan pasukan Polandia dalam Pertempuran Chojnice di dekat Chojnice, Polandia. Dalam pertempuran itu, sekitar 3.000 tentara Polandia tewas dan sedikitnya 300 tentara Polandia ditangkap. Kemenangan itu menjadi salah satu yang terbesar di masa Perang Tiga Belas Tahun.

1810

Cile meraih kemerdekaan penuh dari Spanyol. Meski demikian, Cile baru mendeklarasikan kemerdekaannya pada 12 Februari 1818. Sebelum merdeka, Cile telah dikuasai Spanyol sejak 1540.

1906

Topan besar yang menyebabkan gelombang tinggi air laut mendera wilayah Hong Kong. Bencana alam tersebut diperkirakan telah menyebabkan 4.000 hingga 10.000 jiwa melayang.

1939

William Joyce atau yang dikenal sebagai Lord Haw-Haw memulai propagandanya di Inggris dan Amerika Serikat (AS) mengenai gerakan pro-Nazi melalui siaran radio bertajuk Germany Calling. Joyce melakukan propaganda itu hingga 30 April 1945. Joyce sebenarnya adalah pria kelahiran AS yang tumbuh di Inggris. Joyce lantas ditangkap tentara Inggris dan dihukum gantung pada 3 Januari 1946 atas tuduhan pengkhianatan.

1943

Sekitar 2.000 orang Yahudi dieksekusi mati oleh tentara Jerman di penampungan di Sobibor, Polandia. Orang-orang Yahudi yang berasal dari Minsk, Belarusia itu dibunuh secara massal menggunakan gas beracun.

1944

Kapal kargo milik Jepang, Junyo Maru, tenggelam di perairan dekat Sumatra setelah ditoperdo kapal perang milik Inggris, HMS Tradewind. Kapal Jonyu Maru diketahui membawa tentara Sekutu yang tertangkap dan pekerja paksa dari Jawa yang akan dipekerjakan di Sumatra. Sebanyak 1.377 orang Belanda, 64 orang Inggris dan Australia, delapan orang Amerika Serikat (AS), bersama 4.200 pekerja paksa dari Jawa tewas dalam peristiwa tersebut.

1948

Partai Komunis Indonesia (PKI) dan organisasi bernama Front Demokrasi Rakyat (FDR) mendeklarasikan pendirian Republik Soviet Indonesia di Madiun, Jawa Timur (Jatim). Selang dua hari kemudian, militer Indonesia segera melakukan penumpasan anggota PKI/FDR di Madiun yang dianggap telah melakukan pemberontakan. Tokoh komunis bernama Musso yang melarikan diri ke wilayah sebelah barat Ponorogo, berhasil ditembak mati tentara Indonesia pada 31 Oktober. Deklarasi PKI/FDR yang memicu penumpasan oleh tentara Indonesia itu dikenang dengan nama Peristiwa Madiun.

1958

John William Aldridge lahir di Liverpool, Inggris. Namanya kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela klub besar di Inggris, Liverpool. Selama berseragam Liverpool selama dua musim, sejak 1987 hingga 1989, John berhasil mengemas 50 gol dari 83 penampilannya di Liga Inggris. Pria yang kini dikenal sebagai legenda Liverpool itu juga berhasil meraih satu gelar juara Liga Inggris, satu gelar juara Piala FA, dan dua gelar juara Charity Shield bersama Liverpool.

1970

Johnny Allen Hendrix atau yang lebih dikenal sebagai Jimi Hendrix ditemukan tak bernyawa di Hotel Samarkand, London, Inggris. Dokter menyatakan Hendrix yang baru berusia 27 tahun itu meninggal karena tersedak. Meski demikian, banyak pihak yang menduga Hendrix dibunuh manajernya. Hingga kini, Hendrix dikenal sebagai salah satu gitaris paling berpengaruh di dunia musik.

1976

Ronaldo Luis Nazario de Lima lahir di Rio de Janeiro, Brasil. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela beberapa klub besar di Eropa, yakni Barcelona, Inter Milan, Real Madrid, dan AC Milan. Saat Brasil menjuarai Piala Dunia 2002, Ronaldo merupakan pencetak gol terbanyak di ajang ajang tersebut dengan delapan gol.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pemilihan Presiden 2024, Elektabilitas Lebih Penting daripada Platform

+ PLUS Pemilihan Presiden 2024, Elektabilitas Lebih Penting daripada Platform

Platform atau program kerja kandidat presiden tampak tidak begitu penting menuju pemilihan presiden 2024. Prioritas menuju pemilihan presiden 2024 adalah elektabilitas kandidat setinggi-tingginya.

Berita Terkini

Pemilihan Presiden 2024, Elektabilitas Lebih Penting daripada Platform

Platform atau program kerja kandidat presiden tampak tidak begitu penting menuju pemilihan presiden 2024. Prioritas menuju pemilihan presiden 2024 adalah elektabilitas kandidat setinggi-tingginya.

PTUN Tolak Gugatan Eks Kapolsek Kebayoran Baru Terhadap Kapolri

Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta menolak gugatan bekas Kapolsek Kebayoran Baru Benny Alamsyah yang terjerat kasus narkoba. 

Komik Sejarah, Sunan Bayat, Perang Kemerdekaan, dan Kendaraan Listrik

Komik bisa menjadi media pembelajaran sejarah yang menarik. Teks-teks sejarah yang serius dan berat bisa diringankan dan berdaya tarik dengan dialihkan menjadi komik.

Gerhana Bulan Darah dan Mitos yang Mengiringinya di Pelosok Dunia

Fenomena gerhana bulan total secara astronomis terjadi ketika bulan, bumi, dan matahari berada pada satu garis lurus. Namun, di banyak negara, fenomena ini dikaitkan dengan mitos-mitos tertentu yang jauh dari logika.

Sejarah Hari Ini: 16 Mei 2010 China Raih Piala Thomas Kedelapan

Berbagai macam peristiwa bersejarah terjadi di berbagai penjuru dunia pada 16 Mei.

PAN Galang Koalisi dengan Golkar dan PPP, Ada Agenda Terselubung?

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi  mengatakan tidak ada agenda politik tersembunyi atau terselubung.

Hoaks Wapres Salat Jenazah Pakai Sujud dan Rukuk, Polisi Diminta Ini

Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi meminta polisi menindak dengan tegas siapa pun yang sengaja menyebarkan berita palsu yang mengandung unsur provokasi, fitnah, adu domba, dan ujaran kebencian

Wapres Ma'ruf Amin Jadi Korban Hoaks, Salat Jenazah Pakai Rukuk & Sujud

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menjadi korban video hoaks sehingga memicu tudingan tidak becus dalam salat jenazah.

Supaya Pelajaran Sejarah Menarik, Komikkan Saja!

Komik bisa menjadi media pembelajaran sejarah yang menarik. Teks-teks sejarah yang serius dan berat bisa ”diringankan” dan berdaya tarik dengan dialihkan menjadi komik.

Hasil MotoGP Prancis: Bagnaia Tersungkur, Bastianini Juara

Enea Bastianini berhasil menjadi juara di balapan seri ketujuh MotoGP 2022 di Prancis.

Wapres Ma'ruf Amin-Menag Yaqut Jadi Korban Hoaks, Ini Komentar Wamenag

Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin, dan Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas, menjadi korban hoaks di media sosial.

Wisatawan Meninggal Tersambar Petir saat Camping di Puncak Bogor

Wisatawan asal Bekasi, Ajeng Wahyuni, 18, meninggal dunia diduga tersambar petir saat berkemah di salah satu tempat camping di Cisarua, Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor pada Sabtu (14/5/2022).

Insentif Fiskal untuk Mewujudkan Ambisi Penggunaan Kendaraan Listrik

Pemerintah telah menetapkan peta jalan (roadmap) pengembangan industri kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB). Insentif fiskal menjadi salah satu pendorong mewujudkan ambisi produksi dan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

Sejarah Kecil Kekerasan Militer Belanda pada Era Perang Kemerdekaan

Sejarah kecil tentang kekerasan selama masa perang kemerdekaan 1945-1949 menunjukkan jajaran Kementerian Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan Republik Indonesia juga menjadi korban kekerasan oleh militer Belanda.

Yayasan Gema Salam: Jangan Mengeksploitasi Eks Napi Teroris

Yayasan Gema Salam sebagai lembaga yang mewadahi dan melakukan pembinaan para mantan narapidana teroris sangat menyayangkan kejadian itu.