Hari Ini Dalam Sejarah: 18 Maret 633, Perang Riddah Berakhir
Semenanjung Arab, lokasi Perang Riddah. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Perang ber-sejarah, yakni Perang Riddah, di Semenanjung Arab berakhir pada 18 Maret 633. Perang itu melibatkan pasukan pimpinan Abu Bakar dan pasukan pemberontak berakhir.

Berakhirnya Perang Riddah merupakan salah satu peristiwa ber-sejarah pada 18 Maret.

Selain berakhirnya Perang Riddah, masih banyak peristiwa bersejarah pada 18 Maret yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 18 Maret, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

633

Perang Riddah antara pasukan pimpinan Abu Bakar dan pasukan pemberontak di Semenanjung Arab berakhir. Perang Riddah terjadi karena sebagian kalangan tak mau dipimpin Abu Bakar sepeninggal Nabi Muhammad.

1229

Kaisar Romawi Frederick II mendeklarasikan diri sebagai Raja Yerusalem setelah Perang Salib VI. Ia berhasil menguasai Yerusalem yang sebelumnya dikuasai Kesultanan Ayyubiyah melalui jalan diplomasi dengan Raja Kesultanan Ayyubiyah, Al-Kamil.

1241

Tentara Mongol menyerang Kota Krakow di Polandia. Penyerangan ini adalah kali pertama pasukan Mongol menginvasi Polandia. Dalam penyerangan tersebut pasukan Polandia juga berusaha membendung serangan tentara Mongol. Pertempuran itu dikenal dengan sebutan Pertempuran Chmielnik.

1925

Tornado menyapu tiga negara bagian di Amerika Serikat (AS), yakni Missouri, Illinois, dan Indiana. Bencana itu menewaskan 695 orang dari tiga negara bagian tersebut. Peristiwa tragis itu kini dikenang dengan sebutan Tri-State Tornado.

1940

Pemimpin Jerman Adolf Hitler melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Italia Benito Mussolini di Brenner Pass, Italia. Dari pertemuan tersebut, Hitler dan Mussolini bersepakat berperang melawan Inggris dan Prancis.

1948

Konsulat Uni Soviet yang bertugas untuk Yugoslavia menarik diri meninggalkan Yugoslavia. Peristiwa itu adalah salah satu tanda awal perselisihan antara Presiden Yugoslavia Josip Broz Tito dan Pemimpin Uni Soviet Josef Stalin.

1969

Pasukan Amerika Serikat (AS) menyerang kamp basis komunis di Sihanouk Trail, Kamboja menggunakan pesawat pengebom Boeing B-52 Stratofortress. Pihak AS menduga pasukan komunis di Kamboja akan menyusup ke Vietnam.

1979

Adam Noah Levine lahir di Los Angeles, California, Amerika Serikat (AS) dari pasangan Patsy Noah dan Fred Levine. Ia dikenal luas sebagai penulis dan vokalis grup band Maroon 5 sejak 1994 hingga sekarang.

2013

Sejumlah bahan peledak dan senjata api lainnya ditemukan di asrama mahasiswa Universitas Florida Tengah. Pihak berwajib setempat lantas mengevakuasi ratusan mahasiswa untuk keluar dari lingkungan kampus.

2014

Keadaan darurat di Thailand dinyatakan resmi berakhir. Pemerintah dan pihak keamanan setempat menyatakan aksi protes anti-pemerintah di negara tersebut telah mereda. Sebelumnya, unjuk rasa anti-pemerintah berlangsung selama dua bulan di Thailand.

Sumber: Wikipedia.org, Thepeoplehistory.com, Brainyhistory.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho