SOLOPOS.COM - Lukisan karya Henryk Siemiradzki yang menggambarkan proses pembakaran penganut Kristen di Roma oleh Kaisar Romawi, Nero. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 18 Juli 64, kebakaran besar melanda Kota Roma. Kaisar Romawi, Nero, dianggap membakar Kota Roma untuk memusnahkan pemeluk Kristen.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-199—hari ke-200 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 18 Juli.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain Nero yang membakar Kota Roma, masih banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 18 Juli.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, selain Nero membakar Kota Roma, pada 18 Juli yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 18 Juli:

390 SM

Bangsa Galia yang menginvasi Kota Roma berhasil mengalahkan tentara Kekaisaran Romawi dalam Pertempuran Allia. Kekalahan tentara Kekaisaran Romawi itu membuat Bangsa Galia secara leluasa menjarah harta benda milik warga dan bangsawan Romawi.

64

Kebakaran besar melanda Kota Roma. Bangunan rumah penduduk yang kebanyakan terbuat dari kayu membuat kobaran api dengan cepat meluas. Kaisar Romawi, Nero, dianggap sebagai dalang di balik kebakaran tersebut. Nero dianggap membakar Kota Roma untuk memusnahkan pemeluk Kristen.

1195

Pasukan Kekhalifahan Muwahhidun pimpinan Abu Yusuf Ya’qub Al-Mansur mengalahkan pasukan Kerajaan Kastilia yang dipimpin Pedro Fernandez de Castro dalam Pertempuran Alarcos di Alarcos atau kini Ciudad Real, Spanyol. Dalam pertempuran itu, sekitar 250.000 tentara Kerajaan Kastilia tewas.

1806

Gudang yang menyimpan bubuk mesiu milik Inggris di Brigu, Malta meledak. Dari ledakan 18 ton bubuk mesiu itu, 200 orang yang terdiri atas tentara Inggris dan warga sipil tewas.

1918

Nelson Rolihlahla Mandela lahir di Mvezo, Afrika Selatan (Afsel). Ia lantas dikenal luas sebagai revolusioner sekaligus menjadi orang berkulit hitam pertama yang menjadi presiden di Afsel. Nelson Mandela meninggal dunia di Johannesburg, Afsel pada 2013 lalu pada usia 95 tahun.

1925

Untuk kali pertama, buku karangan Adolf Hitler diluncurkan. Buku yang ditulis dan diluncurkan saat Hitler belum menjadi pemimpin Jerman itu memiliki judul Mein Kampf yang berarti Perjuanganku.

1936

Perang Saudara Spanyol antara pasukan pemberontak yang disebut dengan kaum Nasionalis dengan pasukan Republik Spanyol dimulai. Melalui perang itu, kaum Nasionalis berhasil menggulingkan pemerintahan Republik Spanyol setelah berperang selama hampir tiga tahun.

1944

Hideki Tojo mengundurkan diri dari jabatannya sebagai perdana menteri Jepang. Ia melepaskan jabatan yang sudah ia pangku sejak 1941 itu karena merasa gagal membawa Jepang berjaya dalam kancah Perang Dunia II.

1967

Mark Sinclair lahir di Alameda County, California, Amerika Serikat (AS). Kini, ia dikenal sebagai aktor, sutradara, serta produser film dengan nama beken Vin Diesel. Perannya yang terkenal adalah saat dirinya menjadi Dominic Toretto pada seri film Fast and Furious. Dalam film Fast and Furious, Vin Diesel bukan hanya menjadi aktor, namun juga menjadi produser film tersebut.

1968

Intel Corporation didirikan di Mountain View, California, Amerika Serikat (AS) oleh Gordon Moore dan Robert Noyce. Kini, Intel dikenal sebagai salah satu perusahaan produsen mikroprosesor terbesar di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya