SOLOPOS.COM - Lukisan yang menggambarkan Frederick II (kiri) bertemu Al-Kamil (kanan). (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Perang Salib VI berakhir, 18 Februari 1229. Hal itu ditandai dengan perjanjian gencatan senjata antara Kaisar Romawi, Fredrik II, dengan pemimpin Dinasti Ayyubiyyah, Al Kamil.

Peristiwa itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 18 Februari. Berikut rangkuman Hari Ini Dalam Sejarah, 18 Februari, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1229
Kaisar Romawi, Fredrik II, menandatangani perjanjian gencatan senjata dengan pemimpin Dinasti Ayyubiyyah, Al Kamil, untuk rentang waktu 10 tahun. Perjanjian itu mengakhiri Perang Salib VI sekaligus menegaskan Yerusalem, Nazaret, dan Betlehem menjadi kekuasaan Kekaisaran Romawi tanpa harus berperang.

Ekspedisi Mudik 2024

1930
Astronom asal Amerika Serikat (AS) Clyde William Tombaugh menemukan planet baru dalam sistem Tata Surya melalui observatoriumnya di Arizona, AS. Planet itu lantas diberi nama Pluto yang diambil dari nama dewa Yunani.

1932
Pemerintah Jepang mendirikan negara boneka bernama Manchuko di sebelah timur laut Republik Rakyat Tiongkok. Wilayah ini secara umum dikenal sebagai Manchuria. Pada 1945, wilayah Manchuria direbut tentara Uni Soviet dan kemudian diserahkan kembali kepada Tiongkok pada tahun berikutnya.

1943
Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam gerakan anti-Nazi di Jerman yang disebut White Rose ditangkap otoritas Jerman. Lima hari kemudian, para mahasiswa itu dijatuhi hukuman mati dengan cara kepala mereka dipenggal.

Joseph Goebbels. (Wikipedia.org)
Joseph Goebbels. (Wikipedia.org)

1943
Menteri Propaganda Jerman Joseph Goebbels menyampaikan pidato yang dikenal sebagai Pidato Sportpalast. Pidato tersebut disampaikan demi memotivasi rakyat di tengah kemunduran Jerman dalam Perang Dunia II.

1954
John Joseph Travolta lahir di Englewood, New Jersey, Amerika Serikat (AS). Namanya kemudian dikenal luas sebagai aktor yang sudah membintangi sejumlah judul film layar lebar. Selama kariernya di dunia hiburan, John tercatat sudah membintangi lebih dari 30 judul film layar lebar dan serial televisi.

1964
Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengecam Inggris, Prancis, dan Yugoslavia karena masih memiliki hubungan diplomatik dengan Kuba. AS meminta ketiga negara itu menghentikan aktivitas perdagangan ke Kuba dan menarik semua bantuan pertahanan yang diberikan. Kecaman itu merupakan salah satu upaya AS untuk mengacaukan Kuba yang berada di bawah pimpinan Fidel Castro, orang yang kerap menggaungkan kampanye anti AS.

1965
Gambia secara remsi meraih kemerdekaan dari Inggris. Sebelumnya, wilayah Gambia dikuasai Inggris sejak 1889.

Park Shin-hye. (Instagram-@ssinz7)
Park Shin-hye. (Instagram-@ssinz7)

1990
Park Shin-hye lahir di Gwangju, Korea Selatan. Kini, ia dikenal luas sebagai aktris, penyanyi, sekaligus model. Serial televisi pertama yang dibintangi Park Shin-hye adalah Stairway to Heaven pada 2003. Namanya kemudian semakin tenar dan menjadi bintang utama dalam beberapa serial drama seperti You’re Beautiful, Heartstrings, Flower Boys Next Door, The Heirs, Pinocchio, dan Doctors.

2012
Untuk kali pertama setelah 1979, lapal perang milik Angkatan Laut Iran melintas di terusan Suez untuk menuju Laut Mediterania. Sebelumnya, kapal perang Iran hanya melintas sekali di terusan Suez pada 1979 saat terjadi revolusi di negara tersebut. Namun untuk yang kali kedua ini, Iran hanya ingin menunjukkan kekuatan militernya ke sejumlah negara di sekitar Laut Mediterania.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya