Hari Ini Dalam Sejarah: 17 September 1811, Inggris Menguasai Jawa
Diagram Meester Cornelis, Batavia yang sekarang menjadi Jatinegara, Jakarta. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Inggris menguasai Pulau Jawa setelah mengalahkan pasukan Belanda pada 17 September 1811.

Inggris yang menguasai Jawa merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 17 September.

Selain Inggris menguasai Jawa, masih banyak peristiwa bersejarah pada 17 September yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 17 September, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1811

Pasukan Inggris berhasil mengalahkan pasukan Belanda di beberapa wilayah di Pulau Jawa. Pasukan Inggris yang menyerbu Jawa selama kurang lebih sebulan berhasil membuat Belanda bertekuk lutut. Atas kekalahan itu, Belanda menyerahkan kekuasaannya di Pulau Jawa kepada Inggris.

1894

Pertempuran antara pasukan Tiongkok dan pasukan Jepang di dekat Sungai Yalu, Tiongkok meletus. Pertempuran itu berakhir dengan kemenangan telak bagi kubu Jepang. Pertempuran Sungai Yalu merupakan salah satu pertempuran terbesar dalam Perang Tiongkok-Jepang I.

1939

Uni Soviet mulai menginvasi Polandia untuk bersaing dengan Jerman yang lebih dahulu menginvasinya. Invasi Jerman dan Uni Soviet ke Polandia berlangsung hingga 6 Oktober pada tahun yang sama. Jerman dan Uni Soviet lantas menguasai beberapa wilayah Polandia hingga akhir Perang Dunia II.

1940

Menyusul kekalahan dari Inggris dalam Pertempuran Britania, pemimpin Jerman Adolf Hitler memerintahkan pasukannya melaksanakan Operasi Singa Laut. Dalam operasi tersebut, Angkatan Udara Jerman diperintahkan membombardir markas-markas militer di Inggris menggunakan pesawat tempur. Sayangnya, upaya Jerman itu berhasil diredam Angkatan Udara Inggris.

1944

Pasukan Sekutu menyerang pasukan Jerman dan pasukan Italia yang menduduki San Marino. Penyerbuan Sekutu itu memicu Pertempuran San Marino yang berlangsung selama tiga hari. Pertempuran tersebut dimenangi pasukan Sekutu yang berhasil mengusir pasukan Jerman dan pasukan Itala dari San Marino.

1944

Pasukan Uni Soviet melancarkan serangan terhadap pasukan Jerman dan Pasukan Pejuang Kemerdekaan di Estonia di Estonia. Setelah melakukan penyerangan selama sembilan hari, pasukan Uni Soviet berhasil menguasai Estonia.

1945

Palang Merah Indonesia (PMI) didirikan dan Mohammad Hatta menjadi ketuanya. Hingga kini, hari PMI diperingati pada 17 September setiap tahunnya.

1965

Pertempuran Chawinda antara pasukan Pakistan dan Pasukan India meletus di Chawinda, Punjab, Pakistan. Pertempuran itu berlangsung selama dua hari dan berakhir dengan kemenangan pasukan Pakistan. Pertempurajn Chawinda merupakan pertempuran tank terbesar kedua sepenjang sejarah setelah Pertempuran Kursk di masa Perang Dunia II.

1977

Simone Pasquale Perrotta lahir di Ashton-under-Lyne, Inggris. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang membela klub besar di Italia, AS Roma, dari 2004 hingga 2013. Selama berseragam AS Roma, Perrotta yang memiliki poisisi sebagai gelandang tengah sudah bermain sebanyak 246 kali dan mencetak 36 gol di kompetisi Liga Italia. Meski lahir di Inggris, Perrotta memiliki kewarganegaraan Italia. Perrotta pensiun dari dunia sepak bla pada 2013 silam.

2016

Dua serangan bom mendera wilayah Seaside Park, New Jersey dan Manhattan, New York di Amerika Serikat. Bom yang meledak pada waktu berbeda itu tak menelan korban jiwa, namun melukai 31 orang. Pelaku penyerangan tersebut, Ahmad Khan Rahimi merupakan anggota kelompok Taliban, ditangkap dua hari kemudian di Linden, New Jersey, AS.Bermacam-macam peristiwa bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 17 September, salah satunya adalah saat Inggris menguasai Jawa.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom