Hari Ini Dalam Sejarah: 16 September 1945, Inggris Menguasai Hong Kong
Pasukan Inggris menduduki kembali Hong Kong di bawah Laksamana Muda Cecil Harcourt, 30 Agustus 1945. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 16 September 1945, Inggris menguasai Hong Kong setelah berhasil merebutnya dari Jepang.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-259—hari ke-260 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 16 September.

Selain Inggris yang menguasai Hong Kong, masih banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 16 September.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, selain Inggris yang menguasai Hong Kong, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 16 September:

1810

Meksiko mendeklarasikan kemerdekaannya dari Spanyol yang sudah menguasainya selama 300 tahun. Deklarasi itu memicu Perang Kemerdekaan Meksiko yang berlangsung selama lebih dari satu tahun.

1920

Serangan bom mendera kawasan Wall Street, New York, Amerika Serikat (AS). Serangan tersebut menewaskan 38 orang dan membuat sedikitnya 400 orang lainnya terluka. Kasus pengeboman itu tak pernah terungkap, namun banyak pihak yang mengaitkannya dengan kelompok radikal di AS.

1940

Italia berhasil menguasai Sidi Barrani di Mesir. Kekuasaan itu diraih setelah Italia bertempur melawan pasukan Inggris dan Mesir selama sepekan.

1945

Jepang menyerahkan kekuasaannya di Hong Kong kepada Inggris. Penyerahan kekuasaan itu diterima langsung Laksamana Angkatan Laut Inggris Sir Cecil Harcourt. Hong Kong lantas menjadi wilayah kekuasaan Inggris hingga 1997.

1947

Topan Kathleen menyapu wilayah Saitama dan Tokyo, Jepang. Akibat bencana tersebut, sedikitnya 1.930 orang kehilangan nyawa mereka.

1956

David Seth Kotkin lahir di Metuchen, New Jersey, Amerika Serikat (AS). Kini, ia dikenal sebagai ilusionis dengan nama panggung David Copperfield. David terjun ke dunia sulap sejak 1974. Ia menjadi salah satu pesulap paling terkenal karena beberapa triknya yang mengagumkan.

1975

Papua Nugini meraih kemerdekaan penuh dari Australia. Kini, Papua Nugini merupakan anggota negara persemakmuran Inggris.

1978

Gempa bumi berkekuatan 7,4 skala Richter mengguncang Tabas, Iran. Bencana alam tersebut menewaskan sedikitnya 15.000 orang.

1990

Jalur kereta api yang menghubungkan Tiongkok dan Kazakhstan selesai dibangun. Jalur kereta api tersebut merupakan salah satu jalur darat Eurasia yang terpenting dan memiliki manfaat besar.

2014

Pasukan Islamic State Iraq and Syria (ISIS) atau Negara Islam Irak dan Suriah mulai mengepung wilayah Kobani Canton demi merebutnya dari kekuasaan Pasukan Pembebasan Suriah dan bala bantuannya. Pengepungan itu berlangsung selama enam bulan dua hari. Meski mengepungnya selama berbulan-bulan, pasukan ISIS gagal menguasai wilayah Kobani Canton.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya


Kolom