Hari Ini Dalam Sejarah: 16 Oktober 1905, Sarekat Dagang Islam Didirikan
Potret bersama rapat Sarekat Islam di Kaliwungu. Hadir para anggota dari Kaliwungu, Peterongan, dan Mlaten, serta anggota Asosiasi Staf Kereta Api dan Trem (VSTP)Semarang. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 16 Oktober 1905, Sarekat Dagang Islam (SDI) didirikan Oktober 1905 oleh Haji Samanhudi dan beberapa orang lainnya.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang layak dikenang pada hari ke-289—hari ke-290 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 16 Oktober.

Selain pendirian Sarekat Dagang Islam, masih banyak peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 16 Oktober.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah, selain pendirian Sarekat Dagang Islam, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 16 Oktober:

955

Pasukan Kerajaan Jerman berhasil mengalahkan pasukan Bangsa Slavia yang dibantu pasukan Konfederasi Obotrite dan pasukan Konfederasi Veleti dalam pertempuran di Mecklenburg-Vorpommern, Jerman. Pertempuran itu meletus setelah Bangsa Slavia berusaha memberontak terhadap pemerintahan Kerajaan Jerman.

1793

Pertempuran antara pasukan Prancis dan pasukan Habsburg Austria yang dibantu pasukan Belanda di Wattignies-la-Victoire, dekat Maubeuge, Prancis berakhir. Salah satu pertempuran di masa Perang Revolusi Prancis yang berlangsung selama dua hari itu berhasil dimenangi pasukan Prancis.

1813

Negara-negara anggota Koalisi Keenam menyerbu pasukan Prancis yang menguasai wilayah Leipzig, Saxony. Serangan itu memicu pertempuran yang berlangsung selama empat hari. Pasukan Koalisi Keenam berhasil memenangi pertempuran tersebut. Sedangkan Prancis yang kalah harus rela kehilangan kekuasaannya di wilayah Rhine.

1836

Pasukan Voortrekkers—kelompok peternak di Afrika bagian selatan—berhasil mengalahkan pasukan Suku Matabele di dekat wilayah yang kini dikenal sebagai Heilbron, Free State, Afrika Selatan. Pertempuran itu merupakan balasan Voortrekkers terhadap Suku Mataele yang dituduh telah membunuh beberapa orang Voortrekkers.

1905

Sarekat Dagang Islam (SDI) didirikan Oktober 1905 oleh Haji Samanhudi dan beberapa orang lainnya. Pada awalnya, organisasi tersebut merupakan wadah bagi pedagang-pedagang Islam yang menentang kebijakan-kebijakan ekonomi yang diterapkan Pemerintah Kolonial Belanda. Namun seiring waktu, organisasi itu mulai merambah ke masalah politik untuk menentang kolonialisme dan imperialisme Belanda.

1923

The Walt Disney Company didirikan di Hollywood, California, Amerika Serikat (AS) oleh Walt Disney dan Roy Disney. Kini, perusahaan tersebut menjadi perusahaan terbesar di dunia dalam bidang hiburan dan media.

1940

Permukiman orang-orang Yahudi di Warsawa, Polandia mulai dibangun. Permukiman tersebut difungskan hingga Mei 1943. Sekitar 300.000 orang Yahudi tewas di permukiman tersebut setelah mengalami kelaparan dan dibantai pasukan Jerman.

1943

Sebanyak 1.259 orang Yahudi yang terdiri atas 363 pria, 689 wanita dan 207 anak-anak di Roma, Italia digerebek pasukan Jerman. Sekitar 1.023 di antara mereka dideportasi ke penampungan di Auschwitz, Polandia. Dari jumlah tersebut, diperkirakan hanya 15 pria dan satu wanita yang berhasil bertahan hidup dari pembantaian.

1964

Untuk kali pertama, Tiongkok berhasil melakukan uji coba bom nuklir di Lop Nur, Tiongkok. Daya ledak bom tersebut diklaim setara dengan bom atom yang dijatuhkan pasukan Amerika Serikat (AS) di Nagasaki, Jepang pada 1945. Sebelumnya, Tiongkok telah 45 kali menguji coba bom nuklir, namun semuanya dianggap gagal.

1985

Casey Stoner lahir di Kurri Kurri, New South Wales, Australia. Ia lantas dikenal luas sebagai pembalap yang pernah menjuarai ajang Moto GP pada 2007 dan 2011. Stoner juga dikenal sebagai pembalap pertama yang berhasil mengantar tim Ducati sebagai juara Moto GP pada 2007.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom