Hari Ini Dalam Sejarah: 15 September 1945, Sekutu Lucuti Jepang di Jakarta
Charles van der Plas, wakil Belanda untuk Sekutu saat tiba di Jakarta, 15 September 1945.(Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pasukan Sekutu mendarat di Jakarta untuk melucuti tentara Jepang pada 15 September 1945.

Tibanya Sekutu untuk melucuti pasukan Jepang di Jakarta merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 15 September.

Selain Sekutu yang melucuti pasukan Jepang di Jakarta, masih banyak peristiwa bersejarah pada 15 September yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 15 September yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

668

Kaisar Bizantium, Konstans II, tewas dibunuh di kamar mandi istananya di Sirakusa, Sisilian, Italia. Ia dikabarkan dibunuh penasihat pribadinya menggunakann sebuah ember. Konstans II lantas digantikan putranya, Konstantinus IV.

994

Pasukan Kekhalifahan Fatimiyah berhasil mengalahkan pasukan Kekaisaran Bizantium dalam Pertempuran Orontes di dekat Sungai Orontes, Suriah. Pertempuran itu dipicu perebutan wilayah Aleppo antara Kekhalifahan Fatimiyah dan Kekaisaran Bizantium. Dengan kemenangan itu, Kekhalifahan Fatimiyah berhasil menguasai wilayah Aleppo.

1762

Pasukan Prancis dikalahkan pasukan Inggris dalam Pertempuran Signal Hill di wilayah Saint John, Nefoundland. Salah satu pertempuran di masa Perang Tujuh Tahun itu dipicu ambisi Inggris yang berusaha merebut wilayah Saint John dari Prancis.

1916

Untuk kali pertama sepanjang sejarah, tank digunakan dalam pertempuran. Pasukan Prancis dan pasukan Inggris merupakan pengguna tank pertama kala bertempur melawan pasukan Jerman dalam Pertempuran Somme di Somme, Picardi, Prancis.

1918

Pasukan Sekutu berhasil menjebol benteng pertahanan Bulgaria di Dobro Pole atau kini Republik Makedonia. Peristiwa itu lantas memicu Pertempuran Dobro Pole antara Sekutu dan Sentral selama tiga hari. Pertempuran tersebut berakhir dengan kemenangan Sentral yang terdiri atas pasukan Bulgaria dan pasukan Jerman.

1935

Melalui Undang-undang Nuremberg, pemerintahan Nazi Jerman menghapus kewarganegaraan bagi orang Yahudi yang tinggal di Jerman. Selain itu, orang Yahudi di Jerman juga dilarang menikah dengan orang non-Yahudi. Undang-undang itu merupakan langkah awal pemerintahan Nazi Jerman menindas orang-orang Yahudi.

1935

Pemerintahan Nazi Jerman menetapkan bendera baru yang menggunakan simbol Swastika. Swastika sebenarnya merupakan salah satu simbol yang paling disucikan dalam tradisi Hindu.

1944

Pertempuran Peleliu antara pasukan Amerika Serikat (AS) dan pasukan Jepang meletus di Peleliu, Kepulauan Palau. Pasukan AS berhasil menang dalam pertempuran tersebut sekaligus berhasil menguasai wilayah Peleliu yang sebelumnya dikuasai Jepang.

1945

Pasukan Sekutu mendarat di Jakarta untuk melucuti tentara Jepang. Hal itu dilakukan demi mengusir Jepang dari wilayah Indonesia. Beberapa hari sebelumnya, Jepang memang telah menyerah kepada Sekutu dalam Perang Dunia II.

1950

Pasukan AS mendarat di Incheon, Korea Selatan (Korsel) demi membantu pasukan Korsel melawan pasukan Korea Utara (Korut) dalam Pertempuran Incheon. Selang empat hari, pasukan Korsel yang mendapatkan bantuan dari AS, Kanada, Inggris, Prancis, dan tentara PBB berhasil mengalahkan pasukan Korut.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom