SOLOPOS.COM - Perdana Menteri Yunani, Georgios Papandreou, bersama masyarakat Yunani di Acropolis setelah pembebasan dari Jerman. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pasukan Inggris berhasil membebaskan Kota Athena di Yunani dari cengkeraman Jerman pada 14 Oktober 1944.

Terbebasnya Athena dari Jerman merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 14 Oktober.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain hilangnya kekuasaan Jerman di Athena, masih banyak peristiwa bersejarah pada 14 Oktober yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 14 Oktober, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1066

Pasukan Normandia pimpinan William I berhasil mengalahkan pasukan Inggris yang dipimpin Raja Harold Godwinson dalam Pertempuran Hastings di dekat Hastings, Sussex Timur, Inggris. Dalam pertempuran tersebut, Raja Inggris Harold Godwinson tewas. Sekitar dua bulan kemudian, William I mengklaim dirinya sebagai raja Inggris.

Ekspedisi Mudik 2024

1322

Pasukan Skotlandia mengalahkan pasukan Inggris dalam salah satu pertempuran di masa Perang Kemerdekaan Skotlandia, yakni Pertempuran Byland Moor di Scawton Moor, Yorkshire, Inggris. Meskipun kalah, Inggris belum bersedia memberikan kemerdekaan penuh kepada Skotlandia dan menyebabkan perang terus berlanjut hingga 1328 setelah Inggris akhirnya mengakui kemerdekaan Skotlandia.

1758

Salah satu pertempuran antara pasukan Prusia dan pasukan Austria di masa Perang Tujuh Tahun meletus di Hochkirch, Saxony, Jerman. Dalam pertempuran itu, pasukan Prusia pimpinan Frederick dikalahkan pasukan Austria di bawah pimpinan Leopold Josef Graf Daun. Pasukan Austria juga berhasil merebut wilayah Hochkirch dari Prusia. Kekalahan itu merupakan salah satu yang terbesar yang pernah dialami pasukan Prusia di masa Perang Tujuh Tahun.

1805

Pasukan Prancis pimpinan Michel Ney berhasil mengalahkan pasukan Kekaisaran Romawi Suci yang dipimpin Johann Riesch dalam pertempuran di wilayah Elchingen yang kini sudah menjadi bagian Jerman. Dalam pertempuran tersebut, pasukan Kekaisaran Romawi Suci harus kehilangan sekitar 6.000 tentaranya sedangkan pasukan Prancis hanya kehilangan 854 tentaranya.

1890

Dwight David Eisenhower lahir di Denison, Texas, Amerika Serikat (AS). Ia lantas dikenal luas sebagai presiden ke-34 AS. Sebelum menjadi presiden, Eisenhower sempat menjabat sebagai panglima tertinggi Sekutu di Eropa dengan pangkat jenderal di masa Perang Dunia II.

1915

Kerajaan Bulgaria mendeklarasikan perang terhadap Serbia sehingga menjadikannya sebagai anggota Blok Sentral dalam Perang Dunia I. Kerajaan Bulgaria secara resmi menarik diri dari Perang Dunia I pada 30 September 1918 melalui perjanjian gencatan senjata antara Bulgaria dan Sekutu yang ditandatangani di Thessaloniki, Yunani.

1943

Orang-orang Yahudi yang ditahan di penampungan di Sobibor, Polandia memberontak dan membunuh 11 perwira pasukan Jerman. Sekitar 300 dari 600 tahanan berhasil kabur ke hutan sedangkan yang lainnya tertangkap. Sejarawan Belanda, Jules Schelvis, memperkirakan ada 158 tahanan yang tewas dalam pemberontakan tersebut. Penampungan di Sobibor merupakan penampungan orang-orang Yahudi yang ditangkap pasukan Jerman dan difungsikan sejak 16 Mei 1942. Sekitar 200.000 hingga 250.000 orang diperkirakan tewas dibantai selama penampungan tersebut difungsikan Jerman.

1944

Pasukan Inggris berhasil membebaskan Kota Athena di Yunani dari cengkeraman Jerman. Hal itu membuka kesempatan bagi pemerintahan Yunani untuk kembali berpusat di Atena.

1944

Panglima tertinggi militer Jerman, Erwin Rommel, ditangkap dua jenderal dari markas pemimpin Jerman Adolf Hitler, yakni Wilhelm Burgdorf dan Ernst Maisel. Rommel lantas dijatuhi hukuman mati setelah dituduh terlibat dalam upaya pembunuhan Hitler. Ia lantas memilih untuk bunuh diri ketimbang dieksekusi mati.

1952

Pasukan PBB melancarkan serangan ke wilayah Chorwon, Korea Utara melawan pasukan Tiongkok. Serangan di masa Perang Korea itu lantas menyebabkan pecahnya Pertempuran Bukit Segitiga yang berlangsung hingga 25 November di tahun yang sama. Pertempuran tersebut merupakan pertempuran paling berdarah yang terjadi pada 1952.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya