SOLOPOS.COM - Soekarno. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Presiden Soekarno hampir dibunuh pada 14 Mei 1962. Namun, Soekarno lolos dari upaya percobaan pembunuhan yang dilakukan anggota organisasi DI/TII.

Peristiwa itu menjadi salah satu peristiwa bersejarah pada 14 Mei.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain Soekarno yang hampir dibunuh, masih banyak peristiwa bersejarah pada 14 Mei yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 14 Mei, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

Mohandas Karamchand Gandhi. (Biography.com)
Mohandas Karamchand Gandhi. (Biography.com)

1931

Pemimpin gerakan nasionalis di India, Mahatma Gandhi, menyatakan bersedia untuk bertolak ke London, Inggris, demi melakukan sebuah perundingan. Gandhi akan membahas kemerdekaan India bersama dengan Inggris dan meminta Inggris untuk segera angkat kaki dari India.

1931

Tentara Swedia menembaki para pekerja yang berunjuk rasa di Kota Adalen sehingga menewaskan lima orang tak bersenjata. Peristiwa itu kini dikenang dengan nama Penembakan Adalen.

1939

Seorang gadis di Kota Lima, Peru, bernama Lina Marcela Medina de Jurado diklaim sebagai ibu termuda di dunia. Lina melahirkan seorang bayi saat usianya baru lima tahun.

1940

Pertempuran Belanda berakhir setelah pasukan Belanda menyerah kepada tentara Jerman yang melakukan pengepungan selama beberapa hari. Belanda lantas mendirikan pemerintahan darurat di London, Inggris.

1943

Kapal selam milik Jepang berhasil menenggalamkan kapal milik Inggris, AHS Centaur, di perairan dekat Queensland, Australia. Peristiwa itu terjadi dalam konflik perebutan wilayah Australia antara pihak Jepang dan Sekutu.

1948

Israel mendeklarasikan kemerdekaannya setelah invasi Inggris di kawasan Palestina berakhir. Perjuangan untuk mendapatkan kemerdekaan itu diklaim telah dilakukan bangsa Israel selama kurang lebih 2.000 tahun.

1955

Pakta Warsawa secara resmi ditandatangani delapan negara, yakni Uni Soviet, Albania, Bulgaria, Ceko, Jerman Timur, Hungaria, Polandia, dan Rumania. Pakta Warsawa dibentuk untuk menandingi Pakta Pertahanan Atlantik Utara menyusul Perang Dingin yang makin memanas.

1962

Presiden Pertama Indonesia Soekarno lolos dari upaya percobaan pembunuhan yang dilakukan anggota organisasi DI/TII. Peristiwa itu berlangsung di Istana Negara saat Soekarno melaksanakan Salat Iduladha. Wakil Ketua DPR Zainul Arifin justru menjadi orang yang terluka terkena peluru yang sebenarnya ditujukan kepada Soekarno.

Mark Zuckerberg ikut dalam upaya riset obat virus corona. (Reuters)
Mark Zuckerberg ikut dalam upaya riset obat virus corona. (Reuters)

1984

Mark Elliot Zuckerberg lahir di White Plains, New York, Amerika Serikat (AS). Kini, ia dikenal luas sebagai pendiri media sosial Facebook dan masuk dalam daftar orang terkaya di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya