Hari Ini Dalam Sejarah: 14 Februari 269, Santo Valentine Meninggal Dunia
Lukisan karya David Teniers III, 1600-an, bertajuk St Valentine Kneeling in Supplication menggambarkan Santo Valentine berlutut untuk menerima rosario dari Bunda Maria. (Wikimeedia.org)

Solopos.com, SOLO — Seorang uskup dan martir Katolik, Santo Valentine, meninggal dunia di Roma, 14 Februari 269. Tanggal 14 Februari kemudian dikaitkan dengan tradisi cinta kasih pada abad pertengahan.
Peristiwa itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 14 Februari. Selain itu, masih banyak peristiwa bersejarah pada 14 Februari yang terangkum dalam Sejarah Hari Ini, 14 Februari, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:
269
Seorang uskup dan martir Katolik, Santo Valentine, meninggal dunia di Roma. Pada abad pertengahan, 14 Februari kemudian dikaitkan dengan tradisi cinta kasih. Hingga kini, sebagian orang memperingati 14 Februari sebagai Valentine's Day alias harinya Santo Valentine yang dianggap juga sebagai Hari Kasih Sayang.
1929
Gangster terbesar di Chicago, Amerika Serikat (AS), Al Capone, membantai tujuh gangster saingannya. Dalam pembantaian itu, salah satu pemimpin gangster di Chicago, Geroge Bugs Moran, terbunuh. Al Capone adalah geng yang menyuplai sejumlah minuman keras ilegal dan barang ilegal lainnya. Geng ini dipimpin Alphonse Gabriel Capone. Kini peristiwa itu disebut dengan Pembantaian Hari Valentine.
Gardu pertahanan senapan mesin Inggris di Pasir Panjang, Singapura. (Wikimedia.org)
Gardu pertahanan senapan mesin Inggris di Pasir Panjang, Singapura. (Wikimedia.org)
1942
Pertempuran antara pasukan Jepang dan pasukan Inggris meletus di Pasir Panjang, Singapura. Pertempuran itu berhasil dimenangi Jepang yang kemudian merebut kekuasaan di Pasir Panjang dari Inggris. Peristiwa itu kini dikenang dengan sebutan Pertempuran Pasir Panjang.
1942
Inggris yang kalah dari Jepang dalam Pertempuran Pasir Panjang di Singapura kemudian berniat mengevakuasi tentaranya ke Batavia menggunakan kapal HMS Li Wo. Namun saat proses evakuasi tentara menuju kapal sedang berlangsung, HMS Li Wo tenggelam setelah diserang kapal perang milik Jepang.
1943
Pasukan Uni Soviet berhasil membebaskan wilayah Rostov, Rusia yang dikuasai pasukan Jerman. Sebelumnya, Jerman telah menguasai wilayah tersebut sejak Desember 1941.
1945
Pasukan Pembela Tanah Air (Peta) yang dipimpin Soeprijadi melakukan pemberontakan terhadap Jepang di Blitar. Namun demikian, pasukan Jepang dengan mudah meredam pemberontakan dan berhasil menangkap beberapa prajurit Peta yang ikut melakukan pemberontakan. Diperkirakan ada enam sampai delapan prajurit pemberontak yang dieksekusi mati oleh Jepang. Soeprijadi disebut-sebut mampu selamat dan melarikan diri dari kejaran tentara Jepang.
1950
Tentara Republik Tiongkok menyerbu Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok di Tianquan, Sichuan. Salah satu serangan Tentara Republik Tiongkok di masa Perang Saudara Tiongkok itu dianggap gagal lantaran Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok mampu memenangi pertempuran meski terlebih dahulu diserang.
1956
Indonesia menyatakan keluar dari Uni Belanda-Indonesia yang kemudian membuat uni tersebut bubar dengan sendirinya. Uni Belanda-Indonesia adalah hubungan konfederasi antara Belanda dan Indonesia yang berdiri pada 27 Desember 1949.
1966
Mata uang dolar Australia resmi diperkenalkan sebagai alat pembayaran sah di Australia menggantikan pound Australia. Kini, dolar Australia juga digunakan sebagai alat pembayaran resmi di Pulau Natal, Kepulauan Cocos, Pulau Heard, Kepulauan McDonald, Pulau Norfolk, Kiribati, Nauru dan Tuvalu.
Alexander Solzhenitsyn pada 1998. (Wikimedia.org)
Alexander Solzhenitsyn pada 1998. (Wikimedia.org)
1974
Penulis asal Rusia, Alexander Solzhenitsyn, dideportasi dari Uni Soviet. Solzhenitsyn dideportasi dari Uni Soviet setelah didakwa sebagai pengkhianat karena telah menerima Penghargaan Nobel Kesusastraan di Stockholm, Swedia.
2005
Youtube resmi diluncurkan sebagai laman berbagi video. Sekitar dua tahun kemudian, Youtube resmi menjadi anak perusahaan Google setelah dibeli dengan nilai US$1,65 miliar. Kini, Youtube merupakan situs berbagi video terbesar di dunia dan menjadi salah satu sumber utama video yang disebarkan di Internet.

Sumber: Wikipedia.org, Thepeoplehistory.com, Brainyhistory.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho