SOLOPOS.COM - Tank milik Inggris dalam Pertempuran Villers-Bocage. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pertempuran Villers-Bocage yang melibatkan pasukan Inggris dan Jerman meletus di Villers-Bocage, Prancis pada 13 Juni 1944.

Pertempuran Villers-Bocage menjadi salah satu peristiwa bersejarah pada 13 Juni.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain Pertempuran Villers-Bocage, masih banyak peristiwa bersejarah pada 13 Juni yang terangkum pada Hari Ini Dalam Sejarah, 13 Juni, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

313

Kaisar Romawi Konstantinus dan Valerius menandatangani Keputusan Milan di Kota Milan. Dari perjanjian itu, kaisar menjamin kebebasan beragama bagi rakyat Romawi.

1917

Serangan udara paling mematikan semasa Perang Dunia I dilancarkan pasukan Jerman ke London, Inggris. Akibat serangan itu, 162 orang tewas dan 432 lainnya mengalami luka berat.

1944

Pertempuran Villers-Bocage yang melibatkan pasukan Inggris dan Jerman meletus di Villers-Bocage, Prancis. Kedua pasukan menggunakan tank sebagai senjata utama dalam pertempuran tersebut. Inggris kehilangan 23 hingga 27 tank, sedangkan Jerman hanya kehilangan delapan hingga 15 tank.

1944

Jerman melucurkan senjata terbarunya, V1 Flying Bomb, untuk menyerang Inggris. Dari 11 bom yang diluncurkan, hanya empat yang tepat sasaran.

1967

Uni Soviet meminta Dewan Keamanan PBB segera menemukan solusi untuk menghentikan konflik yang melibatkan Israel dan negara-negara Arab. Pihak Uni Soviet mengecam Israel yang masih menempatkan pasukannya di beberapa negara Arab setelah Perang Enam Hari selesai. Uni Soviet juga meminta Israel untuk segera menarik pasukannya kembali.

1983

Pesawat luar angkasa Pioneer 10 menjadi objek pertama buatan manusia yang sanggup meninggalkan tata surya setelah dilincurkan sejak 2 Maret 1972. Pioneer 10 meninggalkan tata surya setelah melintasi orbit Neptunus.

1986

William Sami Etienne Grigahcine lahir di Paris, Prancis. Ia lantas dikenal luas sebagai produser musik serta DJ dengan nama panggung DJ Snake. Namanya semakin mendunia setelah karya-nya digunakan sebagai original soundtrack pada film Fast and Furious 7.

1986

Keisuke Honda lahir Settsu, Osaka, Jepang. Kini, ia dikenal sebagai pemain sepak bola yang pernah membela klub besar di Italia, yakni AC Milan sejak 2014 sampai 2017. Pada 2020 ini, Honda begabung dengan klub Brasil, Botafogo.

2000

Presiden Korea Selatan (Korsel) Kim Dae-jung berkunjung ke ibu kota Korea Utara (Korut), Pyongyang. Kunjungan presiden Korsel ke Korut itu dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) antar-Korea. Pemimpin Korut Kim Jong-il juga hadir dalam konferensi yang kali pertama digelar kedua negara itu.

2009

Mahmoud Ahmadinejad kembali terpilih sebagai presiden Iran untuk kali kedua. Banyak yang menduga kemenangan Ahmadinejad dibumbui dengan kecurangan. Bentrokan pun pecah di beberapa wilayah di Iran setelah pengumuman hasil pemilihan presiden. Ahmadinejad terpilih kembali sebagai presiden Iran dengan meraih suara 62.6%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya