Kondisi Kota Dresden, Jerman setelah dibombardir Inggris, 1945. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 13 Februari 1945, Inggris melancarkan serangan udara besar-besaran ke Kota Dresden, Jerman. Inggris menjatuhkan lebih dari 2.000 ton bom daya ledak tinggi.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-44 sesuai sistem Kelender Gregorian, 13 Februari.

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 13 Februari yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah, 13 Februari:

1635
Sekolah swasta pertama di Amerika Serikat (AS), Boston Latin School, didirikan di Boston, Massachusetts. Kini, Boston Latin School memiliki lebih dari 2.000 siswa.

Charles atau Carl XI. (Wikimedia.org)
Charles atau Carl XI. (Wikimedia.org)

1660
Charles atau Carl XI naik takhta sebagai raja Swedia saat usianya masih menginjak lima tahun. Ia menggantikan ayahnya, Carl X Gustav, yang meninggal karena didera demam. Setelah Carl XI resmi menjadi raja, Swedia mulai melakukan perjanjian perdamaian dengan negara-negara yang terlibat dalam Perang Utara II.

1692
Sekitar 78 anggota Klan Macdonalds di Glen Coe, Skotlandia dieksekusi mati karena tak mau tunduk kepada raja baru , William Orange atau William III dari Inggris.

1920
Swiss resmi menjadi anggota Liga Bangsa-Bangsa dan resmi menjadi negara netral setelah permohonannya disetujui semua negara yang tergabung dalam Liga Bangsa-Bangsa. Netralitas Swiss ini berarti ia tak berpihak kepada negara manapun dalam perang dan tak akan memerangi negara lain. Hingga sekarang, Swiss masih menjadi negara netral.

1945
Inggris melancarkan serangan udara besar-besaran ke Kota Dresden Jerman dengan menjatuhkan lebih dari 2.000 ton bom daya ledak tinggi. Selain menghancurkan Kota Dresden, serangan itu menewaskan lebih dari 35.000 warga sipil.

1967
The Beatles merilis dua lagu baru sekaligus dalam sehari, yakni Penny Lane karya Paul Mc Cartney dan Strawberry Fields Forever karya John Lennon. Penny Lane diambil dari nama sebuah jalan tempat Paul dan John sering bertemu.

1983
Sebuah kebakaran melanda gedung bioskop di Turin, Italia dan menewaskan 37 penonton. Penyebab kebakaran itu hingga kini masih menjadi misteri. Pintu darurat yang seharusnya dapat digunakan para penonton untuk melarikan diri justru terkunci saat kebakaran terjadi.

1991
Dua bom berskala besar dijatuhkan di penampungan Amiriyah, Baghdad, Irak dalam Perang Teluk I. Pasukan koalisi PBB menyatakan bahwa bungker yang diserang tersebut telah digunakan sebagai pos komunikasi militer, meski nyatanya lebih dari 400 warga sipil Irak tewas dalam serangan tersebut.

2001
Gempa bumi 6,6 skala richter mendera salah satu negara di Amerika Tengah, El-Salvador. Meski tak disusul dengan tsunami, gempa bumi itu menewaskan 402 orang.

Orang Indian Umatilla pada 1909. (Wikimedia.org)
Orang Indian Umatilla pada 1909. (Wikimedia.org)

2011
Suku Indian Umatilla kembali diizinkan berburu di luar Taman Nasional Yellowstone, Amerika Serikat (AS). Perizinan itu juga menandai pulihnya tradisi yang sudah dilarang sejak 1855.

Sumber: Wikipedia.org, Thepeoplehistory.com, Brainyhistory.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten